Perancangan User Interface dan User Experience pada Aplikasi Mobile E-Lintas dengan Menggunakan Metode User-Centered Design
DOI:
https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i2.6787Keywords:
User Interface, User Experience, E-Lintas, User-Centered Design, System Usability ScaleAbstract
Abstrak. Teknologi adalah bagian kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan. Berbagai bidang kehidupan manusia sudah menerapkan teknologi untuk membantu mobilisasi sehari-hari. Pengembang memandang hal ini sebagai tantangan untuk merancang aplikasi yang memenuhi kebutuhan pengguna. Pengguna dari desain aplikasi ini adalah masyarakat umum DIY. Penelitian ini adalah melakukan perancangan User Interface dan User Experience aplikasi E-Lintas yang diinginkan oleh Dinas Perhubungan DIY untuk digunakan oleh masyarakat DIY dengan menggunakan metode User-Centered Design. Merancang aplikasi dengan metode ini membutuhkan pengujian dengan rumus SUS (System Usability Scale). Pengujian ini untuk mengetahui seberapa besar nilai usabilitas dan penerimaan dari pengguna. Hasil pengujian mendapatkan nilai SUS sebesar 66. Nilai ini menunjukkan bahwa aplikasi E-Lintas memiliki tingkat Acceptability Range pada kategori Marginal High, tingkat Grade Scale pada kategori D, dan tingkat Adjective Rating pada kategori OK. Hal ini berarti desain aplikasi E-Lintas dapat diterima dengan cukup baik oleh pengguna dan perlu dilakukan pengembangan agar penggunaan lebih optimal.
Kata Kunci: User Interface, User Experience, E-Lintas, User-Centered Design, System Usability Scale
References
H. Himawan, Interface User Excperience, 1st ed. Yogyakarta: Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, 2020. [Online]. Available: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26163
I. Tesler, “The Main Steps of The User Interface Design,” 2020. https://intetics.com/blog/the-main-steps-of-the-user-interface-design/
J. Carlos, O. Nicolás, and M. Aurisicchio, “A scenario of user experience,” no. February, 2017, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/286612499
T. Lam, “6 Steps in A Common UX Design Process,” 2016. https://blog.prototypr.io/a-common-product-ux-design-process-55af4ab5665e
M. Teknologi, “Pengertian Keunggulan & Manfaat Mobile Apps,” 2020. https://majapahit.id/blog/2021/03/17/apa-itu-mobile-apps/
Z. Hasibuan A, “METODOLOGI PENELITIAN PADA BIDANG ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI,” Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 1–194, 2007.
B. F. Laoren, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE MAINTENANCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN,” Yogyakarta, 2021.
Fauzi. Muhammad Trisna, Firmansyah. Rahmat and S. fajar S. Gumilang, “Perancangan User Interface Dan User Experience Mobile Application Sibengkel Untuk Memenuhi Kebutuhan Pengguna Dengan Metode User-Centered User Interface and User Design Sibengkel Mobile Application Experience for Meet User Requirements Using User-Centered,” vol. 7, no. 2, pp. 7574–7580, 2020.
A. B. Ahsan, S. Fahmi, and K. Latifah, “Perancangan Desain User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi E-Maintenance Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode User Centered Design Di Upttik Universitas Pgri Semarang,” Science And Engineering National Seminar, vol. 5, no. Sens 5, pp. 265–274, 2020.
A. B. Cavanaugh, ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN PADA WEBSITE DLU FERRY. Surabaya, 2021. [Online]. Available: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5911/1/16410100142-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
L. Albani and G. Lombardi (FIMI), “User Centered Design for EASYREACH,” no. November 2010, pp. 1–45, 2010.
L. Maioli, “Fixing Bad UX Designs: Master proven approaches, tools, and techniques to make your user experience great again,” Birmingham, UK: Packt Publishing, 2018, pp. 1–252. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=culODwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
N. Wahyuni, “Uji Validitas dan Reliabilitas,” Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/download/2100/1544
J. Brooke, “SUS - A Retrospective,” Journal of Usability Studies, vol. 49, no. 3, pp. 171–173, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of this journal is assigned to Jurnal Informatika Atma Jogja as the journal publisher by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to author. Every printed and electronic publications are open access for educational purposes, research, and library. The editorial board is not responsible for copyright violation to the other than them aims mentioned before. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with a written permission from Jurnal Informatika Atma Jogja .