Clustering untuk Efektivitas Promosi Produk Melalui Media Sosial pada UMKM Kota Yogyakarta Menggunakan Fuzzy C-Means

Authors

  • Yosia Galih Yudhistira Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Albertus Joko Santoso Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Pranowo Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i2.6788

Keywords:

UMKM, Clustering, Promosi, Korelasi Berganda Doulittle, Fuzzy C-Means

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tingkat korelasi antara promosi produk dengan penjualan dan pendapatan UMKM serta untuk melihat tingkat efektivitas promosi produk yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi berganda doulittle serta metode clustering mengimplementasikan algoritma fuzzy c-means. Melalui perhitungan korelasi, akan ditemukan tingkat korelasi yang berhasil diraih antara promosi dengan pendapatan UMKM. Kemudian, penelitian ini ingin menguji algoritma fuzzy c-means dalam clustering UMKM serta menghitung tingkat efektivitas promosi yang berhasil diraih oleh setiap cluster. Dataset terdiri atas 100 data dengan 7 macam variabel. Hasil penelitian mendapatkan tingkat korelasi antar variabel sebesar 68.093, pusat cluster berupa matriks Vkj, terbentuknya 2 buah cluster, serta tingkat efektivitas pada setiap cluster dengan 90.11% untuk cluster 2 dan 56.55% untuk cluster 1. Setelah menentukan tingkat efektivitas pada setiap cluster maka dapat menentukan cluster mana yang lebih efektif dalam melakukan promosi produk melalui media sosial.
Kata Kunci: UMKM, Clustering, Promosi, Korelasi Berganda Doulittle, Fuzzy C-Means

References

H. Limanseto, “UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia,” Jakarta, 5 Mei 2021, 2021. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia.

Tim Perumusan Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah, Laporan Perekonomian DIY. 2021.

S. KEMP, “DIGITAL 2021: INDONESIA,” 11 FEBRUARY 2021, 2021. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia.

G. Gumilar, “Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung,” J. Ilmu Polit. dan Komun., vol. V, no. 2, pp. 77–84, 2015.

J. P. Jiawei Han, Micheline Kamber, Data mining: Data mining concepts and techniques. 2014.

D. L. Rahakbauw, V. Y. I. Ilwaru, and M. H. Hahury, “Implementasi Fuzzy C-Means Clustering Dalam Implementation Of Fuzzy C-Means Clustering In,” J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 11, pp. 1–12, 2017.

Muhardi, “PENENTUAN PENERIMA BEASISWA DENGAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS,” pp. 87–96, 2019.

R. J. Sarjanako, “Penerapan Fuzzy C-Means Clustering Untuk Mengoptimalkan Penentuan Media Promosi,” Teknois J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 6, no. 1, pp. 29–37, 2019, doi: 10.36350/jbs.v6i1.45.

M. Huda and A. Prasetyo, “Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Pada Umkm Di Kabupaten Kebumen,” J. Ekon. dan Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 14–24, 2020.

L. J. S. R.P.A Sormin, F.Y. Rumlawang, “Aplikasi Metode Fuzzy C-Means Untuk Pengklasteran Kelayakan Rumah Di Desa Wayame, Ambon,” J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 9, pp. 135–146, 2015.

S. Budiwanto, Metode Statistika untuk Analisis Data Bidang Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2014.

L. F. Zhu, J. S. Wang, and H. Y. Wang, “A Novel Clustering Validity Function of FCM Clustering Algorithm,” IEEE Access, vol. 7, pp. 152289–152315, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2946599.

M. T. A. C. Widiyanto, “Perrbandingan Validitas Fuzzy Clustering pada Fuzzy C - Means Dan Particle Swarms Optimazation (PSO) pada Pengelompokan Kelas,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 4, no. 1, p. 22, 2019, doi: 10.14421/jiska.2019.41-03.

Kusumadewi dan Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, 2nd ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

S. M. Fournawati and W. I. Mutiarani, “Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Pada Produk Hijab Dan Outfit Chic Square,” Dialekt. KOMUNIKA J. Kaji. Komun. dan Pembang. Drh., vol. 7, no. 1, pp. 29–39, 2020, doi: 10.33592/dk.v7i1.580.

S. N. Febriyanti and R. P. Tutiasri, “Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial,” J. Ilmu Komun., vol. 1, no. 1, pp. 216–224, 2018, doi: 10.33005/jkom.v1i1.5.

Downloads

Published

2022-11-01