Pembangunan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Restoran Berbasis Android

Authors

  • Stanley Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Findra Kartika Sari Dewi Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Patricia Ardanari Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i2.6789

Keywords:

Android, aplikasi, smartphone, restoran, pemesanan.

Abstract

Abstrak. Proses pemesanan yang sudah sangat umum dilakukan oleh restoran-restoran yang ada adalah dengan cara order secara manual yaitu pelayan akan menghampiri meja pengunjung untuk memberikan menu, lalu pelayan tersebut mencatat menu makanan dan minuman yang dipesan oleh pengunjung dan terakhir adalah menyerahkan catatan pesanan tersebut ke bagian dapur untuk diproses. Proses pemesanan ini juga dapat dilakukan secara langsung oleh pelayan dengan memberikan menu makanan dan membiarkan pengunjung untuk menulis pesanannya mereka sendiri dikertas. Sebuah restoran yang menggunakan sistem order secara manual akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga kerja. Salah satu sistem operasi yang sangat banyak digunakan saat ini adalah Android. Peran smartphone yang menggunakan sistem operasi Android disini adalah sebagai client dimana para pengunjung memesan menu makanan melalui smartphone yang telah terhubung dengan pihak restoran. Agar meningkatkan pelayanan dari sebuah restoran salah satunya adalah dengan merancang sebuah apilkasi yang dapat membantu pihak restoran dalam menangani layanan pemesanan makanan dan minuman. Kata Kunci: Android, aplikasi, smartphone, restoran, pemesanan.

References

Febriani R, Lestari Y. D, Adhinugraha D. Y, Damara S. F, Mardiyono, 2015, “Aplikasi Pemesanan Makanan Pada Perangkat Android Melalui Media Sosial”, Prosiding Sentrinov, Vol. 001.

Kosasi S, 2015, “Perancangan Prototipe Sistem Pemesanan Makanan dan Minuman Menggunakan Mobile Device”, Jatisi, Vol. 1, No. 2.

Moritz A. W, Irawan B, Osmond A. B, 2015, “Aplikasi Sistem Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Android (Studi Kasus di Kedai Soe Soe Delivery)” e-Proceeding of Engineering, Vol. 2, No. 2, 3775.

Frediyatma S. Y, 2014, “Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Cloud dengan Platform Android”, MERPATI, VOL. 2, NO. 1.

Tompoh J. F, Sentinuwo S. R, Sinsuw A. E. A, 2016, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran Berbasis Android”, E-journal Teknik Informatika, Vol. 9, No. 1.

Anggraini W, 2016, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Sistem Operasi Android (Studi Kasus Pecel Lele Lela),” Jurnal TEKNOIF, Vol. 4, No. 1.

Utama D, Johar A, Coastera F. F, 2016, “Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Restoran Berbasis Client Server dengan Platform Android dan PHP Menggunakan Metode Centralized DBMS Architecture (Studi Kasus: Cafe Cempakoe Kota Bengkulu)”, Jurnal Rekursif, Vol. 4, No. 3.

Nugraha A. P, Satoto K. I, Martono K. T, 2014, “Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Mobile pada Rumah Makan “Lek Nonong”, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 2, No. 2.

Syani M, Werstantia N, 2018, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Catering Berbasis Mobile Android”, Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa, Vol. 1, No. 2.

Agustina R, Suprianto D, Muslimin I, 2017, “Analisis Perancangan Pemesanan Makanan Menggunakan Smartphone Berbasis Android”, SMATIKA Jurnal, Vol. 7, No. 2.

Widyawati V, Sunarjo, 2018, “Tanggung Jawab PT Go-Jek Indonesia terhadap Kerugian yang Diderita Pengemudi Go-Jek Melalui Fitur Go-Food”, Jurnal Cakrawala Hukum, Vol. 9, No. 1.

Downloads

Published

2022-11-01