Clustering Evaluasi Dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta Menggunakan Metode K-Means

Authors

  • Sandi Hendrawan Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Findra Kartika Sari Dewi Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Pranowo Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v4i1.7436

Keywords:

Clustering, K-Means, Dosen

Abstract

Dosen merupakan profesi yang memiliki peranan penting dalam mencerdaskan dan membimbing kehidupan bangsa, sehingga kinerja dosen perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan sesuai fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, pentingnya peran mahasiswa dalam memberikan penilaian kinerja dosen yang objektif dan transparan untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan universitas. Penelitian ini melakukan clustering data dari evaluasi dosen yang sudah diisi oleh mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta yang kemudian dilakukan proses clustering menggunakan salah satu metode data mining, yaitu K-Means. Clustering K-Means yang digunakan untuk mengelompokan dosen ke dalam empat cluster, yaitu kinerja dosen yang sangat baik dengan jumlah anggota sebanyak tujuh anggota, baik dengan jumlah anggota sebanyak 18 anggota, cukup baik dengan jumlah anggota sebanyak sembilan anggota, dan kurang baik dengan jumlah anggota satu anggota. Hasil penelitian clustering K-Means ini, diharapkan bagi Universitas untuk dapat membantu dalam pembuatan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kualitas kinerja dosen dan dosen dapat meningkatkan kualtias kinerja dan pembelajaran yang lebih baik.
Kata Kunci: Clustering, K-Means, Dosen

References

L. P. Sinambela, “Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi,” Popul. J. Sos. dan Hum., vol. 2, no. 2, p. 579, 2017, doi: 10.47313/pjsh.v2i2.347.

F. Nurhayati, S. Wibowo, and I. Febriyanti, “Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Porkes, vol. 5, no. 1, pp. 79–93, 2022.

Kusnan, “Kebijakan Peningkatan Mutu Dosen,” Pendidik. Islam Iqra`, vol. 11, no. 2, pp. 53–68, 2017.

I. Magdalena, H. N. Fauzi, and R. Putri, “Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya,” J. Pendidik. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 244–257, 2020.

UAJY, “Sekilas UAJY,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta. https://uajy.ac.id/id-id/berita/sekilas-uajy (accessed Aug. 20, 2022).

H. Jiawei and K. Micheline, Data mining: Data mining concepts and techniques. 2014.

A. Z. Musthafawi, U. D. Rosiani, and ..., “Analisis Respon Emosi Marah Wanita Jawa Dengan Algoritma K-Means Clustering,” Semin. Nas. …, pp. 33–38, 2017.

C. Purnamaningsih, R. Saptono, and A. Aziz, “Pemanfaatan Metode K-Means Clustering dalam Penentuan Penjurusan Siswa SMA,” J. Teknol. Inf. ITSmart, vol. 3, no. 1, p. 27, 2016, doi: 10.20961/its.v3i1.644.

N. Dwitri, J. A. Tampubolon, S. Prayoga, F. I. R.H Zer, and D. Hartama, “Penerapan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Tingkat Penyebaran Pandemi Covid-19 Di Indonesia,” J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 128–132, 2020, doi: 10.36294/jurti.v4i1.1266.

C. A. Sugianto, A. H. Rahayu, and A. Gusman, “Algoritma K-Means untuk

Pengelompokkan Penyakit Pasien pada Puskesmas Cigugur Tengah,” J. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 39–44, 2020, doi: 10.47292/joint.v2i2.30.

Downloads

Published

2023-05-31