Pembangunan Aplikasi Q&A Sebagai Jembatan Komunikasi Pembicara Seminar Dengan Peserta Seminar

Authors

  • Frumentius Daneswara Nandiwardana Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Yonathan Dri Handarkho Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Vinindita Citrayasa Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v4i1.7439

Keywords:

Q&A, website,seminar, tanya-jawab

Abstract

Sesi question and answer (Q&A) adalah kesempatan ketika seorang narasumber atau pembicara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh reporter, audience, atau dalam konteks ini, peserta seminar. Acara seminar, workshop, dan talkshow umumnya diakhiri dengan sesi Q&A. Wabah Covid-19 menyebabkan acara-acara tersebut yang sebelumnya tatap muka menjadi daring dan hybrid (daring dan luring). Masalah dari sebuah sesi Q&A biasanya adalah penyelenggara acara kesulitan menyortir pertanyaan peserta terlebih jika dilaksanakan dalam skala besar. Adapun masalah lain, seperti moderator kewalahan menyortir pertanyaan peserta yang ikut secara hybrid, penyelenggara acara kesulitan berkomunikasi dengan moderator, dan privasi peserta yang kurang terjaga ketika bertanya. Untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut, aplikasi berbasis website ini dibangun. Aplikasi yang dibangun akan membantu menyortir pertanyaan, memudahkan komunikasi penyelenggara acara dengan moderator, serta menjaga privasi peserta yang bertanya. Aplikasi Q&A ini telah berhasil dibangun dan dapat memudahkan pengguna dengan fitur-fitur yang sudah dibangun sehingga memperlancar komunikasi pembicara acara seminar dengan peserta acara.
Kata Kunci: Q&A, website,seminar, tanya-jawab

References

A. H. Arribathi, S. Saryani, and H. Haris, “Perancangan Aplikasi Smart Seminar Dan Workshop Berbasis Website,” J. Cerita, vol. 5, no. 2, pp. 156–164, 2019, doi: 10.33050/cerita.v5i2.409.

N. Durahman and Z. M. Noer, “Aplikasi Seminar Online (Webinar) Untuk Pembinaan Wirausaha Baru,” J. Manaj. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 111–120, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumika/.

“Q and A Definition & Meaning - Merriam-Webster.” https://www.merriam-webster.com/dictionary/Q and A (accessed Feb. 02, 2022).

“About us | Slido - Audience Interaction Made Easy.” https://www.sli.do/about (accessed May 23, 2022).

A. Josi, “Implementasi Framwork Boostrap Pada Website Stmik Prabumulih.” Jurnal Mantik Penusa, vol. 20, no. 1, p. 2, 2016, [Online]. Available: http://eprints.binadarma.ac.id/3305/.

R. Cahyana, E. Satria, and N. Hoirun Nisa, “Pengembangan Aplikasi Qna Sebagai Jembatan Komunikasi Pengelola Wisata Industri Dengan Masyarakat,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 88–95, 2019, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.88.

M. R. et al. M. Nugroho, A. Damayanti, “Pengembangan Aplikasi QnA Untuk Pendaftaran Mahasiswa Baru Stmik Akakom,” J. Information System Management., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2021.

H. Susanto, M. Faisal Nur, M. Ihsanudienullah, D. Q. Utama, and S. Al Faraby, “Sistem Taksonomi KBLI Automatis Berbasis QnA KBLI Automatic Taxonomy System Based On QnA,” e-Proceeding of Engineering,. vol. 7, no. 2, pp. 8476–8482, Aug 2020, [Online]. Available: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5882/5257.

A. Bachtiar, “Pengembangan Aplikasi Web Q&A untuk Prosedur KP , TA dan KKN Jurusan Teknik Informatika UII dengan Menggunakan Google Dialogflow,” Univ. Islam Indonesia., p. 44, 2018.

A. Iswandi, “Implementasi Chatbot Pada Order Management System Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus HDKreasi),” Univ. Islam Indonesia, p. 105, 2018, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5460.

Downloads

Published

2023-05-31