Pembangunan Sistem Informasi Toko Telur Berbasis Web

Authors

  • Steven Kristian Lokardo Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Stephanie Pamela Adithama Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Eduard Rusdianto Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v4i1.7442

Keywords:

Telur, Website, Laravel

Abstract

Telur merupakan salah satu bahan makanan pokok yang dibutuhkan dan banyak dipakai oleh masyarakat. Banyak pedagang telur yang dapat dijumpai tempat perbelanjaan maupun di pinggir jalan. Salah satu toko telur yang dapat dijumpai adalah toko Telur Jayawijaya yang berlokasi di jalan Jayawijaya kota Solo. Kegiatan jual beli di toko tersebut masih dilakukan secara konvensional yaitu bertatap muka. Pengelolaan data dan transaksi masih belum dicatat. Hal tersebut akan berpotensi untuk menimbulkan kerugian. Pada penelitian ini, akan dibangun sebuah sistem informasi berbasis website menggunakan framework laravel dengan basis data MySQL untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sistem informasi ini dapat mencatat untuk pengelolaan data, penanganan transaksi, serta laporan. Sistem informasi ini juga memiliki fitur untuk memesan telur secara online sehingga memudahkan dalam pembelian telur. Sistem informasi ini telah berhasil dibangun dan dapat mengelola data pada toko, membantu dalam proses transaksi pembelian dan penjualan, melihat laporan, serta memudahkan pembeli dalam pembelian telur.
Kata Kunci: Telur, Website, Laravel

References

I. wayan R. Widarta, “Teknologi Telur,” Univ. Udayanan, 2017.

I. Egg, “Global Egg Production Continues to Grow.” https://www.internationalegg.com/resource/global-egg-production-continues-to-grow/ (accessed Nov. 17, 2021).

Kasmi and A. N. Candra, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu,” J. Aktual, vol. 15, no. 2, p. 109, 2017, doi: 10.47232/aktual.v15i2.27.

C. Dautama, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN TELUR BERBASIS WEB PADA TOKO NOVI,” ANZDOC, pp. 12–26, 2020.

M. Nasruddin, A. Triyanto, and Sugianti, “PERANCANGAN E-COMMERCE PADA TOKO TELUR DAN AYAM PETELUR UD BERKAH SIMAN PONOROGO,” KOMPUTEK, vol. 3, 2019.

M. N. Arifin, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMASARAN TELUR PUYUH PAK PRAPTO BERBASIS WEB,” STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2016.

R. G. Putra, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN TELUR AYAM DAN AYAM PETELUR PADA PT. TRIJAYA CIAMIS BERBASIS WEBSITE,” UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG, 2017.

I. F. Djuhu, D. M. K. Rifai, and S. Suhada, “Web Portal Pemasaran Telur Ayam,” Diffus. J. Syst. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 66–71, 2020.

E. Wulandari, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TELOR ASIN DI DESA SRIMULYO,” Konf. Mhs. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, [Online]. Available: https://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/kmsi/article/view/358/0.

N. S. Prasojo and R. Purnama, “Sistem Informasi Distribusi Telur Ud. Supeno Telur Ayam Berbasis Web,” Narotama Univ. Electron. J., no. 51, pp. 26–31, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/narodroid/article/download/863/557.

Downloads

Published

2023-05-31