Pengelompokan Gangguan Kesehatan Mental Mahasiswa yang sedang Menempuh Skripsi dengan Metode Fuzzy Mamdani
DOI:
https://doi.org/10.24002/jiaj.v4i1.7445Keywords:
Gangguan Mental, Skripsi, Fuzzy MamdaniAbstract
Gangguan mental disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk skripsi yang menjadi salah satunya bagi mahasiswa rentan. Pengelompokan gangguan mental untuk mempermudah psikolog dalam menangani penderita berkesesuaian dengan gejala dan penyakitnya. Pengelompokan menggunakan fuzzy logic yang menirukan cara kerja otak manusia. Penerapan fuzzy logic Mamdani dirancang berdasarkan konsultasi dengan pakar di bidang psikologi. Sepuluh gejala awal masing-masing memiliki parameter (Ringan, Sedang, dan Berat) adalah variabel input. Variabel output merupakan enam gangguan kesehatan mental, skizofrenia paranoid, fobia, depresi, kecemasan, Obsessive Compulsive Disorder (OCD), dan anti sosial. Hasil dari MATLAB merupakan hasil konsisten karena menghasilkan keluaran nilai yang berkesesuaian dengan nilai dari variabel parameter output. Proses fuzzy metode Mamdani menggunakan 65 aturan IF-THEN dengan operator AND sebagai penghubung. Hasil pengelompokan bahwa sebanyak 14 orang skizofrenia paranoid, 12 orang fobia, 28 orang depresi, 16 orang kecemasan, 23 orang OCD, 5 orang anti sosial, dan 10 orang tidak terdeteksi.
Kata Kunci: Gangguan Mental, Skripsi, Fuzzy Mamdani.
References
A. W. Putri, B. Wibhawa, and A. S. Gutama, “Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia (Pengetahuan, Dan Keterbukaan Masyarakat Terhadap Gangguan Kesehatan Mental),” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 252–258, 2015, doi: 10.24198/jppm.v2i2.13535.
G. W. Stuart, “Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart 2”.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, “Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf,” Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. p. 674, 2018. [Online]. Available: http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf
J.-E. (Wie) Yusuf, M. Saitgalina, and D. W. Chapman, “Work-life balance and well-being of graduate students,” J. Public Aff. Educ., vol. 26, no. 4, pp. 458–483, Oct. 2020, doi: 10.1080/15236803.2020.1771990.
A. Ahmadi, “Psikologi sosial,” 2019.
S. Bova, P. Codara, D. Maccari, and V. Marra, “A logical analysis of Mamdani-type fuzzy inference, I theoretical bases,” in International Conference on Fuzzy Systems, 2010, pp. 1–8.
N. I. Kurniati, H. Mubarok, and A. Reinaldi, “Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa tingkat Depresi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto(Studi Kasus : Universitas Siliwangi),” J. Online Inform., vol. 2, no. 1, p. 49, 2017, doi: 10.15575/join.v2i1.87.
P. P. P. Sugihartono, N. Hidayat, and T. Tibyani, “Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Deteksi Dini Tingkat Depresi Mahasiswa Yang Sedang Menempuh Skripsi (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 10, pp. 3432–3438, 2020.
J. K. Siahaan, “Analisa Tingkat Trauma Kecelakaan dengan Menerapkan Metode Fuzzy Mamdani,” vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2020.
M. Silvana, R. Akbar, Derisma, M. Audina, and Firdaus, “Development of Classification Features of Mental Disorder Characteristics Using the Fuzzy Logic Mamdani Method,” 2018 Int. Conf. Inf. Technol. Syst. Innov. ICITSI 2018 - Proc., pp. 410–414, 2018, doi: 10.1109/ICITSI.2018.8696043.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of this journal is assigned to Jurnal Informatika Atma Jogja as the journal publisher by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to author. Every printed and electronic publications are open access for educational purposes, research, and library. The editorial board is not responsible for copyright violation to the other than them aims mentioned before. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with a written permission from Jurnal Informatika Atma Jogja .