Analisis Faktor Kesuksesan Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok Menggunakan Model Delone dan Mclean

Authors

  • Bella Aresta Kadang Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Alb. Joko Santoso Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Herlina Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v4i2.8051

Abstract

Saat ini masyarakat telah dimudahkan oleh teknologi dalam melakukan transaksi jual beli. Para pelaku usaha saat ini dapat bertransaksi menggunakan e[1]commerce. Salah satu platform e-comerce yang ada di Indonesia adalah fitur TikTok Shop pada aplikasi TikTok. Pada tahun 2022, GMV (Gross Merchandise Value) TikTok Shop mencapai Rp. 68 triliun di Asia Tenggara. Tentunya ada banyak faktor yang menjadi alasan dibalik kesuksesan dari TikTok Shop sehingga penelitian ini akan menganalisis apa saja faktor kesuksesan dari TikTok Shop menggunakan model Delone dan McLean. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yaitu mahasiswa perguruan tinggi Yogyakarta. Didapatkan sebanyak 400 sampel dan data dari sampel akan diolah menggunakan SmartPLS 4. Melalui penelitian ini, dapat diketahui bahwa besarnya penggunaan pada aplikasi TikTok Shop dipengaruhi oleh kualitas informasi serta kualitas layanan. Besarnya kepuasan pengguna dipengaruhi oleh kualitas sistem, kualitas informasi, dan penggunaan. Terakhir, manfaat bersih yang dirasakan oleh pengguna dapat dipengaruhi oleh besarnya penggunaan.

References

R. Oktora, A. Syakilah, A. L. Kusumatrisna, E. Fernando, A. N. Hasyyati, V. C. Wulandari, & T. Sutarsih, (2022). Statistik E-Commerce 2022.

B. Winarso, “Apa Itu TikTok?,” Jun. 08, 2021. https://dailysocial.id/post/apa-itu-tik-tok (accessed Oct. 10, 2022).

L. Ceci, “Number of TikTok users worldwide from 2020 to 2025,” Sep. 05, 2022. https://www.statista.com/statistics/1327116/number-of-global-tiktok-users/#:~:text=TikTok%3A%20number%20of%20global%20users%202020%2D2025&text=In%2020212C%20TikTok%20had%20approximately,amassing%20over%20318%20million%20downloads. (accessed Oct. 11, 2022).

A. P. Kinanti, “TikTok Luncurkan TikTok Shop, Apa Sih Itu ?,” 2021. https://campusdigital.id/artikel/tiktok-luncurkan-tiktok-shop-apa-sih-itu-?ref=farisfanani (accessed Oct. 11, 2022).

R. Kasdim, W. Puspitasari, and L. Septiningrum, “Evaluasi Kesuksesan Implementasi E-Recruitment Dalam Proses Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Delone Dan Mclean Di Pt Kereta Api Indonesia (PERSERO),” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 7, Dec. 2022.

L. H. Trihandayani, I. Aknuranda, and Y. T. Mursityo, “Penerapan Model Kesuksesan Delone dan Mclean pada Website Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, Dec. 2018.

S. Hidayatullah, U. Khouroh, I. Windhyastiti, R. G. Patalo, and A. Waris, “Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 6, Apr. 2020.

I. Ramos, L. N. Yuliati, and M. Simanjuntak, “The Success Of Online Passport Queue Registration Applications Using Delone And Mclean Models,” Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, vol. 8, Jan. 2022.

A. Mubarok, N. T. Aprilia, S. Susanti, B. Sukajie, and C. M. Noor, “Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Google-Forms Sebagai Media Survey Online Menggunakan Delone & Mclean,” JURNAL INFORMATIKA, vol. 7, Sep. 2020.

L. O. Babatope, R. Boateng, S. L. Boateng, and T. Anning-Dorson, Eds., Digital Innovations, Business and Society in Africa: New Frontiers and a Shared Strategic Vision. Springer International Publishing, 2022.

S. Halder and S. Saha, The Routledge Handbook of Education Technology. Taylor & Francis, 2022.

Y. Akgul, Ed., Structural Equation Modeling Approaches to E-Service Adoption. IGI Gloal, 2019.

F. G. Maiztegui, Design and Evaluation of an E-Learning Artefact for the Implementation of SAP S/4HANA®. Springer Gabler, 2023.

Y. Akgul, Ed., Structural Equation Modeling Approaches to E-Service Adoption. IGI Global, 2019.

R. Wahid, H. Karjaluoto, K. Taiminen, and D. I. Asiati, “Becoming TikTok Famous: Strategies for Global Brands to Engage Consumers in an Emerging Market,” Journal of International Marketing, vol. 31, no. 1, Mar. 2023.

Y. Zhu, “Research on the ByteDance’s Approach to Develop TikTok,” Atlantis Press, Dec. 2022.

R. Rachmadayanti, F. Andini, V. V. Susilo, and W. S. Syahroni, “Dampak Algoritma Tiktok Terhadap Konsumsi Musik,” Prosiding Seri Seminar Nasional, Dec. 2021.

R. A. Sulistianti and N. Sugiarta, “Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok),” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), vol. 1, Jan. 2022.

A. Mardiastuti, “Mengenal Rumus Slovin, Kapan Digunakan dan Contoh Soal,” Detik, Aug. 25, 2022. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6253944/mengenal-rumus-slovin-kapan-digunakan-dan-contoh-soal#:~:text=Rumus%20Slovin%20merupakan%20metode%20praktis,batas%20toleransi%20kesalahan%20yang%20ditetapkan. (accessed Mar. 31, 2023).

Tim BPS Kota Yogyakarta. “Kota Yogyakarta dalam Angka,” Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta, Feb. 25, 2022. https://jogjakota.bps.go.id/publication/2022/02/25/8771c64c1a932bd8dc54877c/kota-yogyakarta-dalam-angka-2022.html (accessed Apr. 04, 2023).

Downloads

Published

2023-11-01