Pembangunan Sistem Informasi Komunitas Wanita Katolik Berbasis Web

Authors

  • Yosafat Angga Gilang Pratama Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Stephanie Pamela Adithama Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Suryanti Ch. Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v4i2.8058

Keywords:

Sistem Informasi, Komunitas, Website, Wanita Katolik

Abstract

Komunitas Wanita Katolik (WK) adalah komunitas kemasyarakatan sekaligus keagamaan yang berperan dalam mengembangkan diri dan kreativitas perempuan katolik di bidang kerohanian. Komunitas WK memiliki tiga kegiatan, yaitu kegiatan iuran, arisan, dan simpan pinjam. Dengan begitu banyaknya anggota, kepengurusan menjadi lebih sulit untuk melakukan pencatatan kegiatan. Selain itu, pencatatan dan pengelolaannya masih secara manual sehingga memiliki banyak risiko dan kerugian, seperti waktu yang lama untuk mengelola data dan kemungkinan data tidak tersimpan dengan baik. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dibuatlah sistem informasi komunitas berbasis website dengan menggunakan framework Laravel dan Bootstrap. Sistem yang dibangun akan membantu pengelolaan data anggota dan pengurus, iuran, arisan, penggunaan dana, simpan pinjam, dan menyajikan laporan data. Sistem informasi komunitas WK ini telah berhasil dibangun dan membantu memudahkan pengurus dan anggota untuk melakukan pengelolaan anggota, pengelolaan kegiatan dalam komunitas, dan pelaporan. Berdasarkan hasil pengujian, secara keseluruhan pengguna merasa puas ketika menggunakan sistem informasi komunitas WK.

References

Y. Nurvinta, “Hubungan Antara Interaksi Sosial dengan Konsep Diri pada Peserta Didik Kelas VII MTS,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 6, no. 10, pp. 1-7, 2017.

R. Y. Sekar dan N. Kamarubiani, “Komunitas Belajar Sebagai Sarana Belajar dan Pengembangan Diri,” Indonesian Journal Of Adult and Community Education, vol. 2, no. 1, pp. 10-15, 2020.

D. Rasanjaya, “Peran Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Paroki Santo Yohanes dalam Pemberdayaan Usaha Mandiri Perempuan Kecamatan Linggang Bugung Kabupaten Kutai Barat,” eJournal Ilmu Pemerintahan, vol. 7, no. 4, pp. 1525-1538, 2019.

R. Erwin dan S. , “Sistem Informasi Komunitas Minang dengan Metode Waterfall Berbasis Web,” Jurnal Ilmu Komputer, vol. 14, no. 1, pp. 32-38, 2018.

F. Ramadhan dan F. Latifah, “Perancangan Komunitas Pecinta Kucing dengan Metode Waterfall Berbasis Web,” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, vol. 2, no. 4, pp. 39-45, 2018.

R. Maulana, Y. Firmansyah dan H. , “Sistem Informasi Pelayanan Donatur pada Komunitas 1000 Guru Kalimantan Barat Berbasis Web,” Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, vol. 11, no. 2, pp. 24-30, 2019.

J. Santoso, A. Nugroho dan I. W. K. Utama, “Perancangan Sistem Informasi Komunitas Anggota Paguyuban (SIKAP) Berbasis Web pada Paguyuban Ngeksigondo,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 228-234, 2021.

K. A. Sahertian, H. D. Setiabudi dan L. W. Santoso, “Pembuatan Website untukKomunitas PPKM,” JURNAL INFRA, vol. 5, no. 1, pp. 266-270, 2017.

Agusriadi, “Rancang Bangun Portal Informasi Komunitas Motor Klasik Berbasis Web,” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makasar, 2018.

Y. L. Permana, “Perancangan Sistem Komunikasi Komunitas Kurir Berbasis Web,” Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri, Jakarta, 2017.

Downloads

Published

2023-11-01