Perancangan User Interface dan User Experience dengan Metode System Usability Scale dan Goal Directed Design

Authors

  • Febi Utami Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Dr. Andi Wahju Rahardjo Emanuel Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Yonathan Dri Handarkho Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v4i2.8061

Keywords:

User Interface, User Experience, System Usability Scale, Goal Directed Design, Website Digibook

Abstract

KAMAJAYA Scholarship adalah sebuah program beasiswa penuh untuk mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang dibentuk oleh Lembaga Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta KAMAJAYA). KAMAJAYA Scholarship semakin dinantikan oleh mahasiswa dan dikenal oleh donatur baik individu maupun instansi tertentu. Perkembangannya yang cukup pesat, maka seluruh pengelolaan data beasiswa sudah tidak efektif dan efisien lagi jika dikelola secara manual. Untuk menyelesaikan masalah yang ada, maka penelitian ini akan membangun sistem informasi berbasis web yang menerapkan konsep Progressive Web Application (PWA) menggunakan framework Laravel dan Vue. Sistem ini engakomodasi aktivitas yang ada pada KAMAJAYA Scholarship. Sistem Informasi KAMAJAYA Scholarship ini telah berhasil dibangun dan mampu mengakomodir tugas-tugas dari setiap role yang ada. Secara keseluruhan pengguna juga merasa puas dengan menggunakan sistem ini.Penyebaran virus covid 19 di Indonesia membawa perubahan besar bagi masyarakat. Virus covid 19 berdampak pada kegiatan jual beli. Salah satu perusahaan yang menerapkan kegiatan jual beli melalui website yaitu percetakan Digibook. Penelitian ini melakukan perancangan Ui/Ux pada website Digibook dengan metode Goal Directed Design dan System Usability Scale. Sebelum dilakukan perancangan desain, peneliti melakukan evaluasi awal menggunakan metode System Usability Scale. Perancangan desain Ui/Ux dibuat dengan tahapan Goal Directed Design. Setelah perancangan selesai, dilakukan evaluasi akhir dengan responden yang sama dan metode yang sama dengan metode sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian kepada 30 responden yang berasal dari customer Digibook, didapatkan hasil skor SUS sebelum dilakukan perbaikan Ui/Ux sebesar 55,50. Skor tersebut termasuk dalam grade D atau poor yang berarti membutuhkan perbaikan pada Ui/Ux. Perbaikan yang dilakukan mengacu pada jakob’s law. Setelah dilakukan perbaikan didapati hasil skor SUS sebesar 78,25 yang mana skor tersebut termasuk dalam grade B dan dinyatakan baik.

References

I. Indriya, “Konsep Tafakkur Dalam Alquran Dalam Menyikapi Coronavirus Covid-19,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 3, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i3.15048.

A. Mahamidi, “COVID-19, Work From Home, dan Revolusi Industri 4.0,” 2020. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-parepare/baca-artikel/13058/COVID-19-Work-From-Home-dan-Revolusi-Industri-40.html (accessed Nov. 18, 2022).

Digibook, “Tentang Kami.” https://digibook.id/tentang/ (accessed Nov. 18, 2022).

J. R. Lewis, “Can I Leave This One Out? The Effect of Dropping an Item From the SUS,” J. Usability Stud., vol. 13, no. 1, pp. 38–46, 2017.

O. D. Yohanes, A. Ambarwati, and C. Darujati, “Pengembangan Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Ujian Online Menggunakan Metode Goal-Directed Design,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 6, no. 1, pp. 55–62, 2021.

Y. Maulana, R. Indah, and H. Muslimah, “Evaluasi Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Jawa Timur Park Group Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 4, pp. 3374–3382, 2019.

I. Aprilia, P. Insap, and R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale,” IPTEK-KOM, vol. 17, no. 1, pp. 31–38, 2015.

D. Abdul, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” J. Sci. Technol., vol. 13, no. 2, pp. 130–143, 2020.

A. Achmadi, D. Junaedi, and E. Darwiyanto, “Rekomendasi User Interface Pada Website Dikti Menggunakan Metode Goal Directed Design,” Univeritas Telkom, 2017.

E. Kaban, K. Candra, and A. Hendra, “Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping Pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 10, pp. 3281–3290, 2020.

V. Manik, C. Hetty, Y. Priadi, and A. Bagas, “Investigasi Usability pada Aplikasi Mobile Pembiayaan Mobil di Indonesia,” J. Sains dan Inform., vol. 7, 2021.

Downloads

Published

2023-11-01