Perancangan Antarmuka Website Wisata Kabupaten Kepulauan Mentawai Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Sandrina Maria Terenangan Jl. Babarsari DIY
  • Herlina
  • Yonathan Dri Handarko

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v5i1.9149

Keywords:

interface, travel, design thinking, in-depth interview and usability testing, antarmuka, wisata, design thinking, in-depth interview dan usability testing

Abstract

One important sector in a regional economy is tourism because it can create new jobs, increase people's income and support local development. The Mentawai Islands district has extraordinary tourism potential. However, currently tourism promotion and information in this district is still limited and inadequate. The rapid development of information and communication technology provides great opportunities to expand the reach of tourism promotion and information through tourist websites. So that users can easily access the tourist information presented, a practical and user friendly website interface is needed according to user needs. The method used to design the interface for this tourist website is the design thinking method. Testing uses in-depth interview and usability testing methods. The interface testing results for each task obtained a mean value above 5.5. From the results of this testing, the interface design for the Mentawai Islands Regency tourism website was declared to have been passed or passed and was deemed to be practical and user friendly according to user needs.

 

Salah satu sektor penting dalam perekonomian suatu daerah adalah pariwisata karena dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pemasukan masyarakat, dan mendukung pembangunan lokal. Kabupaten kepulauan mentawai memiliki potensi wisata yang luar biasa. Namun, saat ini promosi dan  informasi wisata di Kabupaten ini masih terbatas dan belum memadai. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat memberi peluang besar dalam memperluas jangkauan promosi dan informasi pariwisata melalui website wisata. Agar pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi wisata yang disajikan, dibutuhkan antarmuka website yang praktis dan user friendly sesuai dengan kebutuhan pengguna. Metode yang digunakan untuk perancangan antarmuka website wisata ini yaitu metode design thinking. Testing menggunakan metode in-depth interview dan usability testing. Hasil testing antarmuka dari setiap task mendapatkan nilai mean diatas 5,5. Dari hasil testing tersebut maka rancangan antarmuka website wisata Kabupaten Kepulauan Mentawai dinyatakan sudah passed atau lolos dan dinilai sudah praktis, dan user friendly sesuai dengan kebutuhan pengguna.

References

W. Yudananto, S. S. Remi, and D. B. Muljarijadi, “Peranan Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Daerah Di Indonesia (Analisis Interregional Input-Output)” Jurnal Bandung: Universitas Padjajaran, 2(4), 2012.

R. Aulia, P. Parini, Y. Apridonal, “Persebaran Tourism Spot di Kabupaten Kepulauan Mentawai Berbasis Webmap,” Journal of Science and Social Research, 4(1), 55-60, 2021.

R. Hidayat, “Peran Penting Website dalam Strategi Digital Marketing”, 2021, https://www.kitapunya.net/peran-website-dalam-strategi-digital-marketing/ (accessed May 29, 2023).

A. Swarnadwitya, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya”, 2020, https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/ (accessed May 30, 2023).

M. R. Kadafi, A. Moussadecq, M. R. Justin, “Perancangan E-Tourism sebagai Upaya Promosi Desa Jati Indah Lampung Selatan”. IKONIK: Jurnal Seni dan Desain, 4(1), 48-55, 2022.

A. Valentino, “Perancangan Desain Website sebagai Media Informasi Wisata dan Budaya”. IKONIK: Jurnal Seni dan Desain, 5(1), 15-19, 2023.

F. Nashih & A. N. Panindias, “Desain Antar Muka Aplikasi Wisata dan Transportasi Sebagai Media Promosi Pariwisata di Surakarta,” CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication, vol. 2, no. 1, pp. 67–85, Jun. 2021, doi: 10.33153/citrawira.v2i1.3670.

S. Lourensia, K. Setiawan, & A. D. Krestiawan, “Desain UI/UX untuk Situs Web Raja Ampat Dive Resort”, Rupaka 2(2), 2020.

N. P. N. Ramadhani, R. K. Dewi, & F. Al Huda, “Perancangan User Experience Aplikasi Promosi Wisata Lahor di Masa Pandemi menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(6), 2557-2566, 2022.

B. J. Ourelia, L. Yahya, G. Wilson, Y. S. Dewa, Y. V. Hagunawan, & M. R. Pribadi, “Perancangan UX dan UI aplikasi KulurKilir dengan pendekatan Metode design thinking”, In MDP Student Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 398-405), 2022.

A. Fajar, D. Setyawan, I. Refraugati, M. Dafa, and I. S. Widiati, “Perancangan Prototype Aplikasi Review Wisata Berbasis Mobile,” Jurnal IT CIDA, vol. 8, no. 1, 2022.

R. M. Agusta, D. F. Hardiwijaya, F. R. Nursolihah & A. Aisah, “Pengembangan Website Pariwisata Budaya Sebagai Platform Wisata Digital di Masa Pandemi,” INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education), 2(1), 29-34, 2021.

B. T. Wicaksono, H. M. Az-Zahra, & D. Pramono, “Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Pada Piknik Nusantara Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(9), 4508-4515, 2022.

A. F. Azzahra, “Redesain Website Desa Wisata Branjang Menggunakan Metode Design Thingking”, Eastasouth Journal of Positive Community Services, 1(02), 45-54, 2023.

Downloads

Published

2024-05-01