https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/issue/feedJurnal Informatika Atma Jogja2025-05-31T00:00:00+07:00Findra Kartika Sari Dewi, S.T., M.M., M.T.Jiaj@uajy.ac.idOpen Journal Systems<table width="100%"> <tbody> <tr> <td width="33%"> <p>Journal title</p> </td> <td width="66%"> <p><strong>Jurnal Informatika Atma Jogja</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="33%"> <p>Abbreviation</p> </td> <td width="66%"> <p><strong>JIAJ</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="33%"> <p>Frequency</p> </td> <td width="66%"> <p><strong>Two issues per year (Mei and November)</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="33%"> <p>DOI</p> </td> <td width="66%"> <p><strong>prefix 10.24002 </strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="33%"> <p>Online ISSN</p> </td> <td width="66%"> <p><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220304371807903">2828-5816</a> </strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="33%"> <p>Editor-in-chief</p> </td> <td width="66%"> <p><strong><a href="https://scholar.google.com/citations?user=Eh536JoAAAAJ&hl=en">Prof. Dr. Ir. Alb. Joko Santoso, M.T.</a></strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="33%"> <p>Publisher</p> </td> <td width="66%"> <p><strong><a href="http://www.uajy.ac.id/">Universitas Atma Jaya Yogyakarta</a></strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p>Jurnal Informatika Atma Jogja (JIAJ) ialah media publikasi hasil penelitian mahasiswa dengan dosen, penelitian tugas akhir, dan karya ilmiah para mahasiswa pada cakupan rumpun ilmu <strong>Informatika dan Komputer</strong>. Topik penelitian meliputi Ilmu Komputasi, Grafik & Visualisasi<em>, </em>Interaksi Manusia & Komputer, Manajemen Informasi, Keamanan Sistem & Informasi, Pengembangan Platform, Komputasi Paralel, dan Teknik Perangkat Lunak. JIAJ terbit 2 (dua) kali setahun, pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. </p>https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/9949Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Yayasan Sentosa Berbasis Web2024-10-02T20:01:03+07:00Alfonsus Setiawan Jacubalfonsussetiawanjacub@gmail.comStephanie Pamela Adithamastephanie.pamela.a@gmail.comFedelis Brian Putra Prakasafedelis.brian@uajy.ac.id<p>Pemangkat Sentosa Foundation, an educational foundation in Pemangkat, West Kalimantan, which oversees Sentosa Kindergarten, Elementary School, Middle School and High School. The Sentosa Pemangkat Foundation still uses a manual system for Admission of New Students (PPDB) which results in difficulties in data management, such as a complicated registration process, disorganized data collection, and frequent data errors. To overcome this problem, a website-based PPDB information system was created using a Laravel backend with the PHP programming language and a React frontend with the Javascript programming language. The system built can manage PPDB data, facilitate online registration, and provide better PPDB services for prospective students. The results of system testing through interviews with school officials show that this system makes things easier and helps the PPDB process. <br /><br />Yayasan Sentosa Pemangkat, sebuah yayasan pendidikan di Pemangkat, Kalimantan Barat, yang menaungi TK, SD, SMP, dan SMA Sentosa. Yayasan Sentosa Pemangkat masih menggunakan sistem manual untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang mengakibatkan kesulitan dalam pengelolaan data, seperti proses pendaftaran yang rumit, pengumpulan data yang tidak terorganisir, dan kesalahan data yang sering terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, dibuatlah sistem informasi PPDB berbasis website menggunakan backend Laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan frontend React dengan bahasa pemrograman Javascript. Sistem yang dibangun dapat melakukan pengelolaan data PPDB, memudahkan pendaftaran online, dan memberikan layanan PPDB yang lebih baik bagi calon siswa. Hasil pengujian sistem melalui wawancara dengan pihak sekolah menunjukkan bahwa sistem ini memberikan kemudahan dan membantu proses PPDB. <br /><br /></p>2025-05-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/10773Pengembangan Sistem Simulasi Perpajakan Untuk Edukasi2025-01-24T09:24:51+07:00Ivan Kristiawan200710588@students.uajy.ac.idFindra Kartika Sari Dewifindra.dewi@uajy.ac.idNuritomonuritomo@uajy.ac.id<p><em>This study aims to develop a tax simulation system as a safe and effective solution for tax learning and training, considering the high risks arising from errors in using original tax systems such as DJP Online. Using an iterative approach and active collaboration with users, this research designs a technology-based system utilizing Node.js, MySQL, and React.js. The result is two separate websites, one for admins and one for users, with key features such as user data management, e-Billing, e-Bupot Unifikasi, and e-Bupot 21/26. The system closely resembles the original tax system, enabling learning in a secure environment. Therefore, this system is expected to be an innovative solution to enhance tax education without legal risks for users.</em></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem simulasi perpajakan sebagai solusi aman dan efektif untuk pembelajaran dan pelatihan perpajakan, mengingat risiko tinggi yang muncul dari kesalahan penggunaan sistem perpajakan asli seperti DJP Online. Dengan pendekatan iteratif dan kolaborasi aktif bersama pengguna, penelitian ini merancang sistem berbasis teknologi Node.js, MySQL, dan React.js. Hasilnya adalah dua website yang berfungsi terpisah, yaitu untuk admin dan pengguna, dengan fitur utama seperti pengelolaan data pengguna, e-Billing, e-Bupot Unifikasi, dan e-Bupot 21/26. Sistem ini menyerupai sistem perpajakan asli sehingga dapat mendukung pembelajaran dalam lingkungan yang aman. Dengan demikian, sistem ini diharapkan menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan edukasi perpajakan tanpa risiko hukum bagi pengguna.</p>2025-05-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/11390Perancangan Website Pariwisata Untuk Meningkatkan Ketertarikan Pengguna Dengan Metode User Centered Design2025-04-15T21:39:31+07:00Thomas Rio Briantana200710798@students.uajy.ac.idHerlinaherlina@uajy.ac.idPatricia Ardanariarda@staff.uajy.ac.id<p><em>The Special Region of Yogyakarta is one of Indonesia’s leading tourist destinations, known for its rich culture, history, and natural beauty. To support tourism promotion in the region, the Discovery Jogja website was developed using the User Centered Design (UCD) method. This method focuses on the users' needs during the design process, resulting in an intuitive, informative, and user-friendly interface. The website development involved stages of needs analysis, prototyping, and user experience based evaluation. The testing results showed that the website received an excellent score for user satisfaction, but improvements are needed in the clarity of information (perspicuity). Therefore, optimizing the layout structure, arrangement, and information presentation is necessary for a more effective and engaging user experience. With its UCD-based approach, Discover Jogja is expected to become an innovative platform in supporting tourism in Yogyakarta.</em></p> <p>Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budaya, sejarah, dan keindahan alamnya. Untuk mendukung promosi wisata di daerah ini, dikembangkan website Discovery Jogja dengan menerapkan metode User-Centered Design (UCD). Metode ini berfokus pada kebutuhan pengguna dalam proses perancangan, sehingga menghasilkan antarmuka yang intuitif, informatif, dan mudah digunakan. Pengembangan website dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, pembuatan prototipe, serta evaluasi berbasis pengalaman pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa website ini memperoleh nilai unggul pada aspek kepuasan pengguna (satisfaction), namun masih memerlukan peningkatan dalam aspek kejelasan informasi (perspicuity). Oleh karena itu, optimalisasi struktur tampilan, tata letak, dan penyajian informasi diperlukan agar website dapat memberikan pengalaman yang lebih efektif dan menarik. Dengan pendekatan berbasis UCD, Discover Jogja diharapkan dapat menjadi platform inovatif dalam mendukung pariwisata Yogyakarta</p> <p> </p>2025-05-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/11449Pembangunan Sistem Informasi Berbasis Web pada Penjualan Usaha Memancing Di Toko Dunia Pancing2025-04-23T05:33:00+07:00Hanwyn Tang200710705@students.uajy.ac.idFindra Kartika Sari Dewifindra.dewi@uajy.ac.idErnawatiernawati@uajy.ac.id<p><em>Dunia Pancing Store is a business that has been serving customers seeking fishing equipment since 2020 in Dumai, Riau. Over time, the business began facing challenges, particularly as out-of-town customers were required to visit the store in person. Additionally, inventory management and sales/purchase transactions were still conducted manually, leading to inefficiencies and potential data loss. This study developed a web-based information system for Dunia Pancing Store, using the Laravel framework for the backend and Vue.js for the frontend. The system offers solutions such as inventory management, management of incoming and outgoing transactions, and online product purchases by customers. The developed information system benefits both the store and its customers by enabling efficient data management and facilitating product purchases through the system or an e-commerce platform. Based on testing results, the system was found to be user-friendly by both store staff and customers.</em></p> <p>Toko Dunia Pancing adalah sebuah usaha yang telah melayani pembeli yang ingin membeli peralatan memancing sejak tahun 2020 di kota Dumai, Riau. Tantangan pemilik usaha mulai muncul karena pembeli yang berada diluar kota diharuskan untuk mengunjugi toko secara langsung. Selain itu, pencatatan stok barang dan transaksi penjualan/pembelian yang dilakukan toko masih secara manual sehingga kurang efisien dan memungkinkan kehilangan data. Penelitian ini membangun sistem informasi toko Dunia Pancing berbasis website. Sistem dibangun menggunakan framework Laravel sebagai backend dan framework Vue.js sebagai frontend. Solusi yang dapat diberikan di dalam sistem adalah pengelolaan barang, pengelolaan transaksi masuk ataupun keluar, dan pembelian barang secara online oleh pelanggan. Sistem informasi toko Dunia Pancing yang dibangun dapat membantu pihak toko ataupun pihak pembeli. Sistem informasi ini dapat mengelola data toko dan melakukan pembelian barang melalui sistem informasi atau e-commerce. Penggunaan sistem dinilai mudah digunakan oleh pihak toko dan pembeli melalui hasil pengujian yang telah dilakukan.</p>2025-05-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/11598Pembangunan Sistem Pengelolaan dan Analisis Keuangan Pribadi Berbasis Mobile2025-05-19T10:27:13+07:00Ignatius Sodhana Tebri Artanto200710680@students.uajy.ac.idThomas Adi Purnomo Sidhithomas.adi.ps@uajy.ac.idPatricia Ardanaripatricia.ardanari@uajy.ac.id<p><em>This research aims to develop a web and mobile-based integrated personal finance management system with a focus on automated financial analysis. The problems identified include the lack of an effective financial record organization system, limited time for routine recording, and various constraints on existing applications such as intrusive advertisements and premium feature restrictions. System development focused on three aspects: implementation of transaction recording, development of automated analysis features, and budget management. The methodology included system architecture design, interface development, and data analysis implementation. The results show that the system was successfully implemented with a good level of usability, effective in managing transaction data, and able to provide informative insights through automated financial analysis that helps improve users' understanding of their personal financial condition.</em></p> <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem pengelolaan keuangan pribadi terintegrasi berbasis web dan mobile dengan fokus pada analisis keuangan otomatis. Permasalahan yang diidentifikasi meliputi kurangnya sistem pengorganisasian pencatatan keuangan yang efektif, keterbatasan waktu untuk pencatatan rutin, serta berbagai kendala pada aplikasi yang telah ada seperti iklan mengganggu dan pembatasan fitur premium. Pengembangan sistem berfokus pada tiga aspek: implementasi pencatatan transaksi, pengembangan fitur analisis otomatis, dan pengelolaan anggaran. Metodologi mencakup perancangan arsitektur sistem, pengembangan antarmuka, dan implementasi analisis data. Hasil menunjukkan sistem berhasil diimplementasikan dengan tingkat kebergunaan yang baik, efektif dalam pengelolaan data transaksi, serta mampu memberikan wawasan informatif melalui analisis keuangan otomatis yang membantu meningkatkan pemahaman pengguna tentang kondisi keuangan pribadi mereka.</p>2025-05-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/8239Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Kuis untuk Pengenalan Budaya Yogyakarta kepada Mahasiswa Perantau2023-11-20T14:54:17+07:00Ryan Christopher190710190@students.uajy.ac.idFindra Kartika Sari Dewifindra.dewi@uajy.ac.id<p><em>The high number of migrant students in Yogyakarta has created a need for an effective solution to introduce them to the local culture, social etiquette, and other essential information in order to prevent culture shock during their stay. One proposed solution is the development of a smartphone-based application designed specifically for students. This application takes the form of an educational game, presented through interactive quizzes that contain informative and instructional content. It offers a variety of topics, including introductions to local culture, Yogyakarta’s social norms, the city's historical background, tourist attractions, and more. This application is expected to serve as an engaging and effective medium for helping students adapt to cultural differences. Moreover, it aims to foster a sense of appreciation, respect, and love for Indonesian culture, particularly the rich cultural heritage of Yogyakarta.</em></p> <p>Tingginya jumlah mahasiswa perantau di Kota Yogyakarta menimbulkan kebutuhan akan solusi yang efektif untuk memperkenalkan budaya lokal, etika sosial, serta informasi penting lainnya guna mencegah terjadinya culture shock selama masa adaptasi. Salah satu solusi yang diusulkan adalah pengembangan aplikasi berbasis perangkat pintar yang dapat diunduh oleh mahasiswa. Aplikasi ini dirancang dalam bentuk permainan edukatif yang dikemas melalui kuis interaktif, berisi materi-materi informatif dan edukatif. Melalui berbagai topik yang ditawarkan, seperti pengenalan budaya lokal, etika pergaulan masyarakat Yogyakarta, sejarah kota, destinasi wisata, dan aspek penting lainnya, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sarana yang menarik dan efektif bagi mahasiswa dalam proses adaptasi budaya. Lebih jauh, aplikasi ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta, penghargaan, dan apresiasi terhadap kebudayaan Indonesia, khususnya budaya yang ada di Kota Yogyakarta.</p>2024-05-01T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/11589Perancangan Antarmuka Aplikasi M-Learning Fiber Leadership Academy2025-05-17T09:42:57+07:00Kenneth Vincentius Theystheys100@gmail.comThomas Adi Purnomo Sidhithomas.adi.ps@uajy.ac.idAloysius Gonzaga Pradnya Sidhawaraaloysius.gonzaga@uajy.ac.id<p><em>Revolusi industri 4.0 mendorong implementasi teknologi dan sumber daya manusia yang tangkas mengoperasikannya. Menanggapi hal tersebut, PT. Telkom Akses dengan aplikasi e-learning “Fiber Leadership Academy” melatih karyawan mereka agar dapat berkembang. Namun, PT. Telkom Akses membutuhkan e-learning yang mudah diakses pada platform mobile. Penulis bekerja sama dengan PT. Telkom Akses untuk merancang aplikasi “Fiber Leadership Academy” versi mobile. Perancangan desain antarmuka menggunakan metode Design Thinking, dengan aplikasi Figma untuk merancang antarmuka, dan Maze untuk menguji antarmuka. Pengujian menerapkan metode Usability Testing dan System Usability Score (SUS). Hasil penelitian berupa rancangan antarmuka yang mudah diakses, efisien, menarik, dan user friendly. Hal ini terlihat dari hasil pengujian terhadap karyawan PT. Telkom Akses yang berperan sebagai responden. </em><em>Diperoleh nilai sebesar 83,3% pada aspek learnability, nilai 76,49% pada aspek efficiency, nilai 81,5 dengan grade “A” pada aspek satisfaction.</em></p>2025-05-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/11538Deteksi Website Phishing Menggunakan Teknik Machine Learning2025-05-08T22:29:02+07:00Lukito200710677@students.uajy.ac.idWilfridus Bambang Triadi Handayawilfridus.handaya@uajy.ac.id<p><em>Phishing merupakan teknik penipuan yang memanfaatkan penyamaran sebagai entitas tepercaya untuk mencuri data sensitif. Metode deteksi berbasis machine learning, seperti XGBoost, Random Forest, dan Decision Tree, efektif dalam mengenali pola website phishing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa XGBoost dengan hyperparameter tuning memberikan akurasi tertinggi, yaitu 96%. Model ini kemudian diimplementasikan dalam web service menggunakan Flask atau FastAPI, sehingga pengguna dapat memeriksa URL secara real-time. Sistem juga dilengkapi mekanisme ekstraksi fitur, termasuk analisis URL, domain age, dan konten halaman, serta pelabelan otomatis untuk memudahkan pelatihan ulang model. Selain itu, integrasi dengan bot Telegram memperluas aksesibilitas, karena pengguna dapat melakukan deteksi phishing kapan saja melalui pesan instan tanpa batasan lokasi atau perangkat.</em></p>2025-05-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025