Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca pada Aplikasi Komik Digital dengan Metode UTAUT (Studi Kasus: Webtoon)

Authors

  • Annisa Tri Ning Tyas Universitas Sriwijaya
  • Nabila Rizky Oktadini Universitas Sriwijaya
  • Allsela Meiriza Universitas Sriwijaya
  • Ari Wedhasmara

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v4i2.10113

Keywords:

Minat Baca, Komik Digital, Webtoon, UTAUT, SmartPLS

Abstract

Tahun 2024 merupakan era digital dimana perkembangan teknologi yang terjadi di dunia semakin pesat, termasuk di Indonesia dimana masyarakat semakin memanfaatkan teknologi dalam berbagai aktivitas termasuk membaca. Salah satu industri baca yang mengalami perubahan digital tersebut adalah komik, yang melahirkan istilah baru seperti "komik digital”. Salah satu aplikasi yang menawarkan berbagai jenis komik digital adalah LINE Webtoon, layanan komik digital asal Korea Selatan dan diluncurkan oleh LINE Corporation. Penelitian ini menggunakan metode UTAUT dalam menganalisis apakah minat baca aplikasi komik digital Webtoon di kalangan remaja Indonesia berusia 18-30 tahun dipengaruhi oleh performance expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating condition. Hasil analisis menggunakan tools SmartPLS, menyatakan bahwa performance expectancy, effort expectancy, dan social influence berpengaruh terhadap minat baca. Sedangkan facilitating conditions tidak menunjukkan pengaruh signifikan.

Downloads

Published

30-12-2024