Penerapan Augmented Reality Pada Aplikasi Pembelajaran Senjata Tradisional Indonesia Berbasis Android.
DOI:
https://doi.org/10.24002/konstelasi.v4i2.10269Keywords:
Augmented Reality, 3D, Marker, Senjata Tradisional, Aplikasi PembelajaranAbstract
Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman suku bangsa, menjadi rumah bagi beragam budaya, bahasa, dan tradisi. Salah satu warisan budaya yang berharga adalah senjata tradisional. Namun, dalam era modern ini, keberadaan serta pemahaman akan senjata tradisional sering terabaikan, terutama di kalangan generasi muda yang lebih tertarik pada teknologi modern. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi edukasi berbasis Augmented Reality (AR) pada platform Android sebagai sarana interaktif untuk memperkenalkan senjata tradisional Indonesia. Data mengenai senjata tradisional dikumpulkan melalui kajian literatur yang mencakup senjata dari setiap provinsi di Indonesia. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi AR dengan marker untuk menghasilkan objek 3D, audio, serta informasi terkait senjata tersebut. Fitur kuis juga disertakan sebagai evaluasi dari proses pembelajaran. Pengujian aplikasi dilakukan secara internal untuk memastikan fungsionalitas teknologi AR, dan hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi dapat beroperasi dengan baik serta berpotensi menjadi alat edukasi yang menarik di masa depan, terutama bagi generasi muda.