Redesain UI/UX Aplikasi M-Tix untuk Proses Pemesanan Bioskop dengan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.24002/konstelasi.v5i1.10588Keywords:
M-Ticket, Pemesanan Tiket Bioskop, Desain Berpikir, Antarmuka Pengguna, Pengujian KebergunaanAbstract
Aplikasi pemesanan tiket bioskop berbasis digital memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membeli tiket tidak hanya secara langsung, tetapi juga secara online melalui aplikasi. Terlepas dari kemudahan yang ditawarkan, banyak pengguna menganggap proses pemesanan terlalu rumit dan tidak efisien. Desain ulang aplikasi pemesanan tiket bioskop M-tickets bertujuan untuk menyederhanakan proses pemesanan yang sebelumnya dianggap rumit dan tidak efisien oleh pengguna. Banyaknya keluhan mengenai kompleksitas antarmuka menunjukkan perlunya perbaikan desain aplikasi agar lebih mudah digunakan. Penelitian ini menerapkan pendekatan design thinking untuk memahami kebutuhan pengguna dan menciptakan solusi yang lebih tepat. Setelah didesain ulang, antarmuka M-tickets yang baru membuat pemesanan tiket menjadi lebih mudah dan nyaman. Pengujian menggunakan metode usability testing dengan Single Ease Question yang menghasilkan rata- rata 5,35, dan System Usability Scale (SUS) yang menghasilkan nilai rata-rata 78,5. Temuan ini menunjukan bahwa desain ulang aplikasi menggunakan metode desain thinking berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dengan tingkat kepuasan yang tinggi.








