Pengembangan Prototipe Antarmuka Seluler untuk Memperkuat Identitas Merek Sekolah Desain Fashion
DOI:
https://doi.org/10.24002/konstelasi.v5i1.11400Keywords:
aplikasi mobile, Ekuitas Merek, Pengalaman penggunaAbstract
Perkembangan teknologi digital, terutama aplikasi seluler, telah mengubah strategi bisnis dengan menjadikannya bagian penting dalam pendekatan modern. Aplikasi seluler membantu perusahaan menyesuaikan model bisnis mereka agar lebih responsif terhadap pasar. Dalam persaingan ketat, aplikasi dengan fitur unik dan desain menarik dapat meningkatkan citra merek serta loyalitas konsumen melalui pengalaman pengguna yang bermakna. Aryani Widagdo Creativity Nest adalah institusi pendidikan di Surabaya yang menawarkan kursus menjahit dengan konsep Zero Waste Fashion. Didirikan pada 2015 oleh Aryani Widagdo, institusi ini berkomitmen pada keberlanjutan dengan program pelatihan daring dan luring. Namun, identitas visualnya belum kuat, kurang memanfaatkan elemen seperti logo dan warna, sehingga berisiko mirip dengan pesaing. Perlu perancangan ulang agar lebih mencolok dan mudah dikenali. Data dikumpulkan melalui metode kualitatif, termasuk wawancara dan observasi. Wawancara mendalam membantu memahami perspektif partisipan, sementara observasi memungkinkan pemantauan langsung perilaku dan interaksi sosial. Hasilnya adalah prototipe antarmuka seluler yang menciptakan platform digital yang konsisten dan representatif. Desain ini memperkuat identitas merek, meningkatkan keterlibatan pengguna, serta membangun hubungan emosional antara merek dan konsumen melalui elemen visual seperti logo, warna, dan tipografi.








