Game Edukasi Tebak Warna Untuk Murid TK

Authors

  • Edwin Junus Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Niki Kusuma Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Venansius Fortunatus Arjuna Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • William Tandi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Muhammad Nur Alif Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Clara Hetty Primasari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4148

Abstract

Game saat ini banyak dimainkan oleh semua kalangan, tak terkecuali anak-anak yang masih di bawah umur. Tampilan, gaya bermain, grafis permainan dan resolusi gambar yang menarik dan berkembang dengan cepat ini menjadi magnet yang membuat seseorang tertarik memainkan game. Game memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif yang ada dalam game terhadap anak adalah otak akan lebih aktif dalam berfikir dan anak menjadi lebih terangsang untuk berpikir kreatif. Namun, game juga dapat membawa dampak negatif bagi anak, yaitu anak akan menjadi malas belajar dan sering menggunakan waktu luang mereka untuk bermain game. Jika dampak negatif ini tidak disikapi, akan menjadi pengaruh buruk untuk proses tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pendidikan anak-anak di bawah umur, kami menciptakan suatu game edukasi yang dikhususkan kepada anak-anak di bawah umur yaitu murid TK. Game ini merupakan permainan tebak warna sehingga para murid TK sudah mulai mengenal warna-warna pada usia dini. Game dibuat dengan metode incremental. Hasil keluaran dari kegiatan ini adalah game edukasi yang mengandung nilai akademis dan edukatif.

References

D. D. M. P. Suryana, “Dasar-Dasar Pendidikan TK,” Hakikat Anak Usia Dini, 2007.

A. Yus, “Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak,” in Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak, 2015.

D. Ayuni, T. Marini, M. Fauziddin, and Y. Pahrul, “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.579.

Ahmad Esa, Baharom Mohamad, and Siti Nasrah Mukhtar, “Peranan Multimedia Di Dalam Pembelajaran Kanak-kanak,” Semin. Kebangs. JPPG 2007 Teknol. Dalam Pendidik., 2007.

D. Suryana, “Pengetahuan Tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, Dan Motivasi Guru,” J. Ilmu Pendidik., 2013.

N. D. Rahmawati, A. Buchori, and J. S. Hermawan, “EFEKTIVITAS VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC DAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN LECTORA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA,” JIPMat, 2017, doi: 10.26877/jipmat.v2i2.1979.

A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” Inform, 2016.

R. A. Rahman and D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,” J. Algoritm., 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.13-1.184.

Suryadi, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi,” J. PETIK, 2017.

C. H. Primasari, “APLIKASI EDUKASI PLANET BERBASIS ANDROID,” Compiler, 2017.

Downloads

Published

01-04-2021

Issue

Section

Articles