Pembuatan Media Interaktif Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat Mengenai Protokol Kesehatan COVID-19 Untuk Desa Campursari Wonosobo

Authors

  • Puspita Mahanani Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Stefent Tauran Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Lukas William Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Frenzen Chanesha Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Vincentius Claudio Darmasaputra wibowo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Clara Hetty Primasari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4149

Keywords:

COVID-19, media interaktif, protokol kesehatan COVID-19, kebersihan, kasus COVID-19

Abstract

Peningkatan pasien penderita coronavirus disease 2019 (COVID-19) di dunia terus mengalami peningkatan setiap harinya, tidak terkecuali Indonesia. Data statistik worldometers menunjukkan peningkatan jumlah penderita COVID-19 meningkat dari hari ke hari sehingga menjadi sekitar 60,000,000 kasus sampai akhir November 2020, sedangkan pada Indonesia sendiri telah mencapai 522,581 pada 27 November 2020. Di tengah maraknya kasus COVID-19 ini, ternyata tidak banyak masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah untuk menurunkan tingkat kasus COVID-19 di Indonesia. Minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan menjalankan social-distancing inilah yang menjadikan konsep pengabdian masyarakat ini disusun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditargetkan pada sebuah desa yang ada di Wonosobo, yakni Desa Campursari RT 02 RW 08 Jaraksari, Wonosobo, Jawa Tengah. Pengabdian ini dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan. Oleh karena itu, kami membuat aplikasi mengenai protokol kesehatan COVID-19 yang berisikan berbagai hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan selama pandemi berlangsung. Tujuan dari pembuatan aplikasi media interaktif ini adalah memberikan edukasi serta informasi agar dapat selalu waspada akan wabah COVID-19 yang sedang melanda. Dengan pembangunan aplikasi interafktif ini dapat memberikan informasi seputar COVID-19 kepada masyarakat akan pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan sehingga dapat memperlambat bertambahnya angka kasus COVID-19 di Indonesia.

References

H. Kitrosser et al., “Bencana Virus Corona Melalui Sosialisasi Pada Anak Usia Dini,” J. Pengabdi. UNDIKMA, vol. 5, no. 1, pp. 64–83, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.555.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

M. M. C. Otálora, “Yuliana,” Parq. los afectos. Jóvenes que cuentan, vol. 2, no. February, pp. 124–137, 2020, doi: 10.2307/j.ctvzxxb18.12.

A. Zakiudin, “Perilaku Kebersihan Diri (Personal Hygiene) Santri di Pondok Pesantren Wilayah Kabupaten Brebes,” J. Promosi Kesehat. Indones., vol. 11, no. 2, pp. 64–83, 2016.

S. Sulaeman and S. Supriadi, “Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Diseases–19 (Covid-19),” J. Pengabdi. UNDIKMA, vol. 1, no. 1, pp. 12–17, 2020, doi: 10.33394/jpu.v1i1.2548.

A. R. Setiawan, “Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19),” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 28–37, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.80.

L. Anhusadar and I. Islamiyah, “Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 463, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.555.

L. D. Pratama, W. Lestari, and A. Bahauddin, “Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?,” At- Ta’lim J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 39–50, 2019, doi: 10.36835/attalim.v5i1.64.

H. Kitrosser, “Symposium presidential influence over administrative action scientific integrity: The perils and promise of white house administration,” Fordham Law Rev., vol. 79, no. 6, pp. 2395–2424, 2011.

Kadek Suhardita, “Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa,” Ed. Khusus, no. 1, pp. 127–138, 2011, [Online]. Available: http://jurnal.upi.edu/abmas/view/641/efektivitas-penggunaan-teknik-permainan-dalam-bimbingan-kelompok-untuk-meningkatkan-percaya-diri-siswa(penelitian-quasi-eksperimen-pada-sekolah-menengah-atas-laboratorium-(percontohan)-upi-bandung-tahun-ajaran-2010.

https://covid19.who.int

https://covid19.go.id/peta-sebaran

https://corona.wonosobokab.go.id

Downloads

Published

01-04-2021

Issue

Section

Articles