Sistem Informasi Administrasi Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus: SMK Negeri 16 Jakarta)

Authors

  • Nadiah Diah Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i2.4199

Abstract

SMK Negeri 16 Jakarta merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang terletak di Jakarta Pusat. Selama ini sistem yang berjalan untuk kegiatan administrasi di SMK Negeri 16 Jakarta belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi, sehingga hal tersebut menimbulkan banyak berita. Di masa pandemi ini, kegiatan belajar mengajar dilakukan dalam jaringan sehingga membuat pengelolaan kegiatan administrasi sekolah semakin terbatas dan terhambat. Beberapa hal yang mendasari permasalahan dalam penelitian ini terletak pada proses pengelolaan siswa yang berpengalaman, berpengalaman guru, pembuatan jadwal pelajaran, pembagian kelas siswa, serta pemantauan siswa berprestasi dan bermasalah. Perancangan dan pembangunan sistem tersebut bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa untuk mengolah dan mendapatkan informasi seputar kegiatan administrasi SMK Negeri 16 Jakarta. Dalam pengembangannya, metode yang digunakan adalah metodeSoftware Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall . Sedangkan, sistem pengujian dalam penelitian menggunakan teknik Black Box Testing dengan kuesioner kepada 30 responden. Adapun, pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu User Inteface (UI), User Experience (UX), Fungsionalitas, dan Skalabilitas. Hasil dari kuesioner tersebut dapat membuktikan bahwa User Experience (UX) tergolong sangat baik dengan proporsi 70%. Selain itu, Fungsionalitas dan Skalabilitas tergolong baik dengan proporsi 53%.

References

Budiman, Haris. “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, Mei. 2017., in press.

Pengelola web Kemdikbud. “Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19”, 7 Agustus, 2020. [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19. [Diakses pada 21 September, 2020].

Pressman, R.S. Software Engineering: a practitioner’s approach. McGraw- Hill: New York, 2010.

Tri Sandhika Jaya. “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung)”, Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol.03, no.02, Januari. 2018., in press.

Rahmawati, Nurul Alifah., dan Arif Cahyo Bachtiar. “Analisis dan Perancangan Desain Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Kebutuhan Sistem”, Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 14, no. 1, Juni. 2018., in press.

Susanti, Melan. “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pasar Minggu Jakarta”, Jurnal Informatika, vol.3, no.1, April. 2016., in press.

Nugraha, Agus Ramdhani dan Gati Pramukasari. “Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya”, Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA), vol. 4, no. 2. 2017., in press.

Dewi, Irra Chrisyanti. Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2011.

Daryanto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Rosda Karya, 1997.

Yuzistin, Dea., Dindon Fiqri Aji, dan Petrus Dwi Ananto Pamungkas. “Sistem Informasi Administrasi Siswa Berbasis Website Pada SMA Islam Putradarma Bekasi”, BINA INSANI ICT JOURNAL, vol.3, no.1, Juni. 2016., in press.

Pangaribuan, I dan F Subakti. “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Teknologi Industri Pembangunan Cimahi”, Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), vol. 9, no.02, September. 2019., in press.

Fitriani, Eka, dkk. “Implementasi Model Waterfall Pada Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pertanian Karawang”, Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, vol.15, no.2, September. 2018., unpublished.

Masturoh, Siti., Diah Wijayanti dan Arfhan Prasetyo. “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada SMK ITENAS Karawang”, Jurnal Informatika, vol. 6, no.1, April. 2019., in press.

Nurelasari, Ela. “Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Web”, Komputika: Jurnal Sistem Komputer, vol. 9, no.1, April. 2020., in press.

Rahman, Taufik dan Ananda Bagus Pramastya. “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Website Pada SMK Bina Medika Jakarta”, Journal Scientific and Applied Informatics (JSAI), vol. 2, no.3, November. 2019., in press.

Downloads

Published

22-04-2021