Lead Management System Sales Dengan Simple Additive Weighting (SAW)

Authors

  • Arif Wiji Setiyanto Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Agus Sidiq Purnomo Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i2.4240

Abstract

Database menjadi salah satu sarana yang digunakan dalam penyimpanan data, dimana dalam pengembangannya database dapat digunakan untuk mengolah data tersimpan sehingga membantu manusia dalam mempermudah pemprosesan data yang lebih efisien, terstruktur dan akurat. Pada perusahaan bidang perbankan, teknologi merupakan sebuah kunci untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Salah satu divisi penting dalam perusahaan perbankan adalah divisi Sales. Daily activity dan data penjualan produk yang dihimpun dapat digunakan untuk memberikan penilaian terhadap Sales yang memiliki kinerja terbaik. Agar dapat membuat keputusan yang tepat dalam penelitian ini maka menggunakan metode Lead Management System Sales dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Berdasarkan data uji sebanyak 50 data, baik dengan hasil perhitungan sistem dan kondisi yang berjalan diperoleh kesesuaian sebanyak 46 penilaian sales dengan prosentase sebesar 92% dan tidak sesuai sebanyak 5 penilaian sales dengan prosentase 8%.

Author Biographies

Arif Wiji Setiyanto, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Informatika

Agus Sidiq Purnomo, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Informatika

References

A. G. Anto, M. Hindayati dan A. Suyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” Jurnal Nasional, pp. 193-200, 2015.

R. B. Pambudiningtyas, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Pada Koperasi Harapan Menggunakan Metode SAW,” Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia, Kediri, 2016.

E. Ismanto dan N. Effendi, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” SATIN – Sains dan Teknologi Informasi, pp. 1-10, 2017.

M. D. H. Ruzain, “Implementasi Metode SAW (Simple Additive Weighting) Pada Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemilihan SMA Swasta Di Bandar Lampung Berbasis Web,” Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung, Lampung, 2017.

A. Maria dan A. S. Purnomo, “Sistem Pendukung Keputusan Pengajuan Kredit Menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus Bank BPD DIY),” dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasi Komputer (SINTAK), Semarang, 2019.

A. F. Rozi dan A. S. Purnomo, “Rekomendasi Pemilihan Asisten Laboratorium Menggunakan Metode Fuzzy Madm (Studi Kasus: Program Studi Sistem Informasi FTI UMB Yogyakarta),” dalam SENDI_U, Semarang, 2019.

D. L. Siti Aisyah, S. Aisyah dan D. Lestari, “Aplikasi Pendukung Keputusan Analisa Penilaian Guru Berprestasi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” JUSIKOM PRIMA (Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima), pp. 30-34, 2020.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko dan R. Wardoyo, Fuzzy Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2003.

P. Kotler, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prentice Hall, 1997.

E. Turban, Decision Support System and Intelligent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas), Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Downloads

Published

22-04-2021