Seleksi Penerima Kartu Menuju Sejahtera (KMS) Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan Metode SAW

Malik Ilmi Sri Koryoga, Imam Suharjo

Abstract


Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Sosial melakukan upaya pengentasan kemiskinan bagi warga kurang mampu dengan memberikan Kartu Menuju Sejahtera (KMS). KMS adalah identitas bahwa keluarga dan anggota keluarga yang tercantum didalamnya merupakan keluarga dan penduduk sasaran jaminan perlindungan sosial. Penelitian ini menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) untuk menyelesaikan masalah dengan lebih dari 1 kriteria, dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai proses seleksi pengambilan keputusan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Sosial Kota Yogyakarta. Hasil akhir program menunjukan bahwa program ini mampu memproses data yang berhubungan dengan pendataan warga kurang mampu penerima KMS serta menghasilkan informasi berupa hasil seleksi sesuai dengan kriteria masing-masing dengan cepat, mudah, dan efisien. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, sistem memiliki prosentase keakuratan sebesar 91,13%. Sehingga bisa dikatakan bahwa sistem baik digunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan.


Full Text:

PDF

References


Kemensos, “Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial,” 2009. [Online]. Available: http://puslit.kemsos.go.id/detail-peraturan/1/undang-undang-republik-indonesia-nomor-11-tahun-2009-tentang-kesejahteraan-sosial#sthash.Kq7X8yvK.dpbs. [Diakses 2020].

C. N. Priatni, “Sistem Untuk Menentukan Pilihan Pada Program Studi Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan Simple Additive Weighthing (SAW) (Studi Kasus : Poltekes Permata Indonesia Yogyakarta),” Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta, 2017.

A. Nurzahputra, A. R. Pranata dan A. Puwinarko, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Line-up Pemain Sepak Bola Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making dan K-Means Clustering,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 5, no. 3, pp. 106-109, 2017.

H. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Beasiswa Berprestasi Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) Dengan Metode SAW,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015, vol. 2, no. 2, pp. 91-96, 2015.

D. Sudana, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Visa-Kitas Lansia Menggunakan Metode Fuzzy MADM (Studi Kasus: PT. Mulia Prima Permai),” Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta, 2017.

M. R. N. Septian, “Sistem Penilaian Pegawai Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Weighted Product (WP) (Studi Kasus Kelurahan Condong Catur),” Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta, 2017.

Poningsih, et al., Sistem Pendukung Keputusan: Penerapan dan 10 Contoh Studi Kasus, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.




DOI: https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i2.4244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.