Pengaruh Penerapan E-filing dan Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: Kepuasan Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Sarah Ayu Deva Muhammadiyah Surakarta University (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
  • Triyono Triyono Muhammadiyah Surakarta University (Universitas Muhammadiyah Surakarta)

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4295

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan e-filing dan pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi melalui kepuasan wajib pajak sebagai variabel intervening di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode incidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 156 responden. Teknik pada analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analyze). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-filing dan pelayanan pajak berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak. Penerapan e-filing berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Pelayanan pajak dan kepuasan wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Kepuasan wajib pajak tidak mengintervening pengaruh penerapan e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan kepuasan wajib pajak mampu mengintervening pengaruh pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta.

 

References

Nurlis, Islamiah Kamil, vol. 6, no. 2, Jabodetabek & Bandung, 2015, “The Effect of Taxpayer Awareness, Knowledge, Tax Authorities Services on the Tax Complience”.

P. Fauziati, A. F. Minovia, dan R. Y. Muslim, vol. 2, no. 1, Padang, 2016, “The Impact of Tax Compliance Case Study in Kota Padang, Indonesia”.

Sihar, Tambun, dan Yeny Kopong, vol. 13, no. 1, 2017, “The Effect of E-Filing on the of Compliance Individual Taxpayer, Moderated by Taxation Socialization”.

Rosdiana, Sijabat, vol. 23, no. 3, “Analysis of e-Government Services: A Study of the Adoption of Electronic Tax Filing in Indonesia”.

Nyoman Simpen, Muhammad Nur Abdi, Mochammad Fahlevi, Rinto Noviantoro dan Muhtar, vol. 125, no. 22001, 2019, “The Effect of Socialization, Sanction, and E-Filing on Annual SPT Reporting”.

Sri, Putri Tita Mutia, vol. 2, no. 1, 2014, “Pengaruh Sanksi Perpajakan,Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiscus, Dan Tingkat Pemahaman Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di KPP Pratama Padang”.

Sutrisno Hadi, Yogyakarta: Andi Offset, 2004. Analisis Regresi.

Sari, Nurhidayah, 2015, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Pemoderasi Pada KPP Pratama Klaten”, Skripsi, Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Susmita, Putu Rara dan Ni Luh Supatmi, no. 14.2.1239-1269, 2016, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filling Pada Kepatuhan Wajib Pajak”, E-Journal Akuntansi, Universitas Udayana.

Saha P., Nath A. K, & Salehi-Sangari E., 2012, “Evaluation Of Government E-Tax Websites: An Information Quality And System Quality Approuch”.

Dwi Agustianto, Semarang, 2012, “Analisis Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Aplikasi TPB. Studi Empiris Di Kabupaten Pati. Skripsi Akuntansi.

Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-47/PJ/2008. Tentang Tata Cara Penyampaian SPT Secara Elektronik (E-Filling) Melalui Penyedia Jasa Aplikasi (ASP).

Wulandari, Agustiningsih, vol. 5, no. 2, 2016, “Pengaruh Penerapan E-Filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Yogyakarta”, Jurnal Akuntansi.

Siti, Masruroh dan Zulaikha, vol. 2, no. 4, 2013, “Pengaruh Kemanfaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kabupaten Tegal”, Jurnal.

Erawati Teguh S.E., M.Si. dan Rita Ratnasari, vol. 6, no. 1, 2018, “Pengaruh Penerapan E-Filing Terahadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Menyampaikan SPT Tahunan Dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Akuntansi.

Desrini Ningsih, Fany Rahma Sari, & Heryenzus, vol. 4, no. 1, 2019, “Pengaruh Fasilitas E-filing dan E-SPT terhadap Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Melaporkan SPT (Studi Kasus pada KPP Pratama Kota Batam)”, Jurnal Akuntansi Barelang.

Kilapong G Ester, Grace B Nangoi, & Stainly W Alexander, vol. 12, no. 2, 2017, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Pengetahuan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang Kota Manado”, Jurnal Riset Akuntansi.

Rudolof A Tulenan, Jullie J Sondakh, & Sherly Pinatik, vol. 12, no. 2, 2017, “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bitung”, Jurnal Riset Akuntansi.

Jorge Samuel Wahyu & Hendra F Santoso, vol. 18, no. 2, 2018, “Pengaruh Penerapan E-filing, Tingkat Pemahaman Pajak, dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis.

Intan Nurul Muslimah, vol. 1, no. 1, “Pengaruh Presepsi Kemudahan dan Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Variabel Intervening Kepuasan Wajib Pajak”, Riset Mahasiswa Akuntansi.

Fatimah Hidayahni, Tenriwaru & Fadlia Nasaruddin, vol. 4, no. 1, 2019, “The Effect of The Implementation of Information Technology (E-system) on Taxpayer Compliance with The Use of Technology as Moderation Variables in KPP Pratama Makassar Utara”, e-jurnal Josar.

Downloads

Published

01-04-2021

Issue

Section

Articles