Kesiapsiagaan Sekolah Dalam Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi Studi Kasus di SMP Negeri 2 Cangkringan dan SMP Sunan Kalijogo Cangkringan Kabupaten Sleman

Authors

  • Ficky Adi Kurniawan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  • Johan Danu Prasetya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  • Yohana Noradika Maharani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapsiagaan serta mengetahui perbedaan dua Sekolah Menengah Pertama yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III yaitu SMP Negeri 2 Cangkringan yang sudah masuk kedalam Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan SMP Sunan Kalijogo Cangkringan yang belum masuk kedalam Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dalam menghadapi erupsi Gunung Merapi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subjek berjumlah 14 orang yang terdiri dari 12 informan kunci dari pihak sekolah SMP Negeri 2 Cangkringan dan SMP Sunan Kalijogo Cangkringan yaitu kepala sekolah, guru yang mengintegrasikan materi kebencanaan dalam mata pelajaran, pembina ekstrakurikuler pramuka/PMR dan perwakilan siswa kelas VII, VIII dan IX. Sedangkan informan pendukung dilakukan kepada pihak BPBD dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 5 parameter yang digunakan dalam menilai kesiapsiagaan yakni pengetahuan dan sikap, kebijakan, rencana tanggap darurat, sistem peringatan dini dan mobilisasi sumber daya. Diketahui informan di SMP Negeri 2 Cangkringan mampu untuk menjawab mayoritas pertanyaan yang diajukan peneliti dan dari hasil observasi diketahui presentase berada pada kriteria sangat siap dengan skor 89,74 sedangkan informan SMP Sunan Kalijogo Cangkringan ada yang tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan yang diajukan peneliti dan hasil observasi menunjukkan kriteria hampir siap dengan skor 58,97. Hal ini karena SMP Negeri 2 Cangkringan sudah menjadi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan memiliki rencana kontijensi serta sarana prasarana yang mendukung kegiatan pengurangan risiko bencana di sekolah sedangkan SMP Sunan Kalijogo Cangkringan belum masuk kedalam Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) padahal sekolah sudah berdiri sejak tahun 1965.

References

DAFTAR PUSTAKA

Asian Disaster Reduction Center. 2011. Sekolah Siaga Bencana. Jakarta: Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia.

BNPB. 2011. Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Erupsi Gunung Merapi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah Tahun 2011-2013. Jakarta: BNPB.

BPBD Kabupaten Sleman. 2019. Peta Persebaran Fasilitas Pendidikan KRB III Gunung Merapi Kabupaten Sleman. https://bpbd.slemankab.go.id/ (di akses 20 Februari 2021).

Ibrahim, Gunawan dan Subardjo. 2005. Pengetahuan Seismologi. Jakarta : Badan Meteorologi dan Geofisika.

Koswara, Asep. Avianto Amri, Faisal Khalid. 2019. Pendidikan Tangguh Bencana “Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Indonesia”. Sekertariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana, Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

LIPI. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jakarta: Deputi Pengetahuan Kebumian LIPI.

Murwanto, Helmy, Darwin A. Siregar, dan Ananta Purwoarminta. 2013. Jejak Erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi, Vol. 4 No. 2

Notoadmodjo, S. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Bencana.

Septikasari, Zela dan Yulia Ayriza. 2018. Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Sosial, Vol 24 No 1. Halaman 47-59.

SMP Negeri 2 Cangkringan. 2013. Dokumen Rencana Kontijensi Erupsi Gunung Merapi SMP Negeri 2 Cangkringan Kabupaten Sleman. Yogyakarta: BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta.

Subandriyo. 2012. Sejarah Erupsi Gunung Merapi dan Dampaknya Terhadap Kawasan Borobudur. Yogyakarta: BPPTK.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Voight, B., Constantine, E.K., Siswowidjoyo, S., dan Torleya, R. 2000. Historical Eruptions of Merapi Volcano, Central Java, Indonesia, 1768-1998. Journal of Volcanology and Geothermal Research. Vol. 100, 69–138.

Downloads

Published

01-04-2021

Issue

Section

Articles