Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Eksperimen Virtual Menggunakan Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karangangar Tahun Ajaran 2020/2021

Authors

  • Nawar Martanti Universitas Sebelas Maret
  • Elma Rakhmah Malika Universitas Sebelas Maret
  • Ayu Setyaningsih Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran fisika berbasis eksperimen virtual menggunakan simulasi phet terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi hukum hooke. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan desain penelitiannya posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Karanganyar tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, dengan menggunakan dua kelas yaitu XI MIPA 5 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 6 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penilaian yang digunakan untuk memperoleh hasil berupa tes essay yang terdiri dari 3 soal. Hasil dari analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil pelajar kognitif pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi Hukum Hooke kelas XI SMAN 2 Karanganyar tahun ajaran 2020/2021. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode belajar secara eksperimen visual menggunakan simulasi PhET lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol yang diberi perlakuan metode belajar secara ceramah.

References

Hadija, M. Anas, and L. Tahang, “Penerapan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Fisika Peserta Didik pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang Kelas VIII Negeri 2 Bungku Selatan,” Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 1, pp. 19–27, 2020.

M. Muthmainnah, J. Rokhmat, and J. ’Ardhuha, “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 3, no. 1, pp. 40–47, 2017, doi: 10.29303/jpft.v3i1.322.

E. Dewa, Maria Ursula Jawa Mukin, and Oktavina Pandango, “Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika,” JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 351–359, 2020, doi: 10.36765/jartika.v3i2.288.

A. Saregar, “Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation dan LKM melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol. 5, no. 1, pp. 53–60, 2016, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105.

E. Sumargo and L. Yuanita, “Penerapan Media Laboratorium Virual (PhET) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung,” Unesa Journal of Chemistry Education, vol. 3, no. 1, pp. 119–133, 2014.

P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, pp. 57–64, 2016, doi: doi: doi.org/10.21.009/1.02109.

J. M. Sumarauw, M. Ibrahim, and T. Prastowo, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET dalam Pembelajaran IPA,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 34, no. 1, pp. 25–36, 2017, doi: 10.15294/jpp.v34i1.10909.

I. Yulia, C. Connie, and E. Risdianto, “Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu,” Jurnal Kumparan Fisika, vol. 1, no. 3, pp. 64–70, 2018, doi: 10.33369/jkf.1.3.64-70.

R. Saputra, S. Susilawati, and N. N. S. P. Verawati, “Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika,” Jurnal Pijar Mipa, vol. 15, no. 2, p. 110, 2020, doi: 10.29303/jpm.v15i2.1459.

S. Zahara, Y. Yusrizal, and A. Rahwanto, “Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 3, no. 1, pp. 251–258, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Y. M. Lusiana, Yushardi, and Sudarti, “Pembelajaran Materi Elastisitas dan Hukum Hooke dengan Model Pembelajaran Guided Discovery di SMA Negeri 1 Jenggawah,” Jurnal Pembelajaran Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 65–71, 2017.

M. Khoirina, C. Cari, and Sukarmin, “Analysis Spring’s Constantant Value By Combining The Concept of Hooke’s Law and Archimedes Law,” Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 2, pp. 55–58, 2018.

H. Hatimah, “Laporan Praktikum Fisika Dasar I Pengukuran Praktikum Fisika Dasar Sub: Laporan Praktikum Dasar I Pengukuran Konstanta Pegas dengan Metode Pegas Dinamik,” Universitas Udayana, Bali, 2013.

D. M. Irawan, G. Iswantoro, H. F. Muhammad, and H. Sri, “Pengaruh Nilai Konstanta terhadap Pertambahan Panjang Pegas pada Rangkaian Tunggal, Seri dan Paralel,” Jurnal Teknik Mesin MERC (Mechanical Engineering Research Collection), vol. 1, no. 5, 2018, [Online]. Available: http://jom.untidar.ac.id/index.php/merc/article/view/125.

L. A. Kharida and A. Rusilowati, “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan,” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 5, no. 2, pp. 83–89, 2009, doi: 10.15294/jpfi.v5i2.1015.

P. Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

Downloads

Published

01-04-2021

Issue

Section

Articles