Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Gabriela Prima Gratia Atma Jaya University of Yogyakarta
  • Elisabet Larasati Kartika Merah Atma Jaya University of Yogyakarta
  • Meilisa Dewi Triyanti Atma Jaya University of Yogyakarta
  • Tarisius Paringa Atma Jaya University of Yogyakarta
  • Clara Hetty Primasari Atma Jaya University of Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5272

Keywords:

Racun Tik-Tok, Konsumerisme, Tik-Tok, Pandemi, COVID-19

Abstract

Pandemi COVID-19 yang menjadi wabah sejak Desember 2019, telah mengubah tatanan kehidupan dunia. Kegiatan sosial yang biasanya dilakukan secara langsung terpaksa harus dilakukan secara online, termasuk bekerja, belajar dan berbelanja. Hal ini menyebabkan penggunaan sosial media meningkat, salah satunya adalah aplikasi Tik-Tok. Pada aplikasi Tik-Tok ini terdapat suatu tren yang diminati oleh pengguna sosial media yaitu Racun Tik-Tok. Racun Tik-Tok adalah sebuah tren yang menampilkan konten - konten yang berisi informasi mengenai suatu produk, seperti unboxing atau review menarik sehingga menarik minat para penontonnya untuk ikut berbelanja online. Hal ini tentunya dapat berdampak kepada tingkat konsumerisme pengguna sosial media. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh tren Racun Tik-Tok dan kaitannya dengan perilaku konsumtif pada generasi milenial, khususnya pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dari penelitian ini diketahui bagaimana perilaku mahasiswa, dampak yang diperoleh, tanggapan dan alasan mahasiswa terhadap racun tiktok yang mempengaruhi tingkat konsumerisme mereka.

References

D. P. R. Adawiyah, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang,” Jurnal Komunikasi, vol. 14, no. 2, pp. 135–148, Oct. 2020, doi: 10.21107/ilkom.v14i2.7504.

Y. Pusparisa, “Negara Pengguna TikTok Terbesar, Indonesia Bukan yang Pertama | Databoks,” 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/07/06/negara-pengguna-tiktok-terbesar-indonesia-bukan-yang-pertama (accessed Dec. 10, 2021).

C. B. Dewa and L. A. Safitri, “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie),” Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, vol. 12, no. 1, pp. 65–71, Mar. 2021, doi: 10.31294/khi.v12i1.10132.

P. K. Annur, “Pengaruh Content Marketing di Media Sosial Tiktok terhadap Minat Beli Generasi Millennial,” 2020. https://www.coursehero.com/file/97774105/Pengaruh-Content-Marketing-di-Media-Sosial-Tiktok-terhadap-Minat-Beli-Generasi-Millennialdocx/ (accessed Dec. 11, 2021).

A. G. Maulana, A. M. Muliawati, D. S. Salsabillah, and R. Firmansyah, “Fenomena Influencer Marketing Dalam Pembentukan Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Fenomenologi Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang),” Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), vol. 1, no. 8, Oct. 2021, Accessed: Dec. 10, 2021. [Online]. Available: http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/1390

T. Wibowo, “Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam,” 2021. [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech

A. Citra Amalia and G. Sagita Putri, “Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya,” JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 20, no. 2, pp. 51–59, Nov. 2019, doi: 10.33319/SOS.V20I2.42.

J. Ekonomi, B. Dan Sosial, E. Desi Lestari, and C. Gunawan, “Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli,” Februari 2021 EMBISS, vol. 1, no. 2, p. 75, 2021, [Online]. Available: https://embiss.com/index.php/embiss

P. Perilaku, S. Remaja, K. Menjadi, M. Program, and S. S. Fakultas, “ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA TERHADAP BELANJA ONLINE (Studi Kasus Belanja Mahasiswa Menggunakan Media Sosial di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala),” 2018. [Online]. Available: www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Helaluddin, “Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif,” 2018.

A. Hidayat, “Penelitian Kualitatif (Metode): Penjelasan Lengkap.” https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html (accessed Dec. 11, 2021).

A. Heryana, “Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif,” 2018, Accessed: Dec. 12, 2021. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/329351816

A. G. Mursyad, D. Karmiyati, and D. S. Hidayati, “Pengaruh Kesepian terhadap Kecenderungan Internet Gaming Disorder pada Pemain Battle Royale Game,” 2019. [Online]. Available: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia

A. Q. Thohiroh, “PERILAKU KONSUMTIF MELALUI ONLINE SHOPPING,” 2015.

N. Wijaya, L. Savitri, and S. Utami, “Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z,” 2021.

R. Cahyaningtyas and T. Indra Wijaksana, “THE INFLUENCE OF PRODUCT REVIEWS AND MARKETING CONTENT ON TIKTOK ON SCARLETT WHITENING BY FELICYA ANGELISTA PURCHASING DECISIONS,” 2021. [Online]. Available: www.mediaindonesia.com

A. Farki, “PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT PEMBELIAN PADA ONLINE MARKETPLACE DI INDONESIA,” 2016.

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles