Pengaruh Faktor Usability terhadap Kepuasan Pengguna pada Website UNIPA

Authors

  • Gerfasius Take Piran Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i2.5396

Keywords:

website, pendidikan, kepuasan pengguna

Abstract

Website adalah administrasi data untuk semua klien yang dapat diperoleh tanpa batas. Pemanfaatan website juga umumnya dimanfaatkan dalam ranah pendidikan. Penggunaan webste di bidang pendidikan salah satunya diterapkan di Universitas Nusa Nipa sebagai wadah palayanan informasi kepada mahasiwa dan dosen. Untuk menghasilkan hasil kualitas website yang baik, perlu dikembangkan lebih banyak informasi dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Studi ini menemukan bahwa kualitas kegunaan, informasi, dan interaksi layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna website.

References

A. N. H. Zaied, M. M. Hassan, and I. S. Mohamed, “Applying Website Usability Testing Techniques to Promote E-services,” Adv. Comput. Sci. an Int. Journal, Vol 4, Iss 5, Pp 54-60 VO - 4, vol. 4, no. 5, p. 54, 2015, [Online]. Available: http://han.buw.uw.edu.pl/han/Ebsco/search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=edsdoj&AN=edsdoj.106b46a0e6954c01bc1de3ca7d024af2&lang=pl&site=eds-live&scope=site.

S. R. Arifin, “Pengukuran kualitas layanan website universitas tadulako menggunakan metode WebQual,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 125–136, 2018, doi: 10.26594/register.v4i2.1277.

A. Mustopa, S. Agustiani, S. K. Wildah, and M. Maysaroh, “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Perspekt., vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2020, doi: 10.31294/jp.v18i1.7413.

Syaifullah and D. O. Soemantri, “Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2016, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v2i1.1689.

Furkonudin et al, “Evaluasi Kualitas Layanan Website,” Semin. Nas. Inov. dan Apl. Teknol. di Ind. 2018, vol. 5, no. 2, pp. 174–179, 2018.

A. Kasih and V. I. Delianti, “Analisis Usability Nagari Mobile Banking Menggunakan Metode Usability Testing dengan Use Questionnaire,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 124, 2020, doi: 10.24036/voteteknika.v8i1.107966.

S. Monalisa et al., “Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan Metode Webqual (Studi Kasus : UIN Suska Riau),” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 13, no. 2, pp. 181–189, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/1604.

D. J. Comeaux, “Usability Testing of a Web-Scale Discovery System at an Academic Library,” Coll. Undergrad. Libr., vol. 19, no. 2–4, pp. 189–206, 2012, doi: 10.1080/10691316.2012.695671.

W. Abas, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Negeri Yogyakarta (Uny),” Manajemen, pp. 1–6, 2013.

A. M. Lund, “Measuring usability with the USE questionnaire,” Usability interface, vol. 8, no. 2, pp. 3–6, 2001.

M. Halimah, Solfarina, and I. Langitasari, “Jurnal Profesi Keguruan,” J. Profesi Kegur., vol. 5, no. 1, pp. 15–22, 2019.

D. Hariyanto, M. B. Triyono, and T. Köhler, “Usability evaluation of personalized adaptive e-learning system using USE questionnaire,” Knowl. Manag. E-Learning, vol. 12, no. 1, pp. 85–105, 2020, doi: 10.34105/j.kmel.2020.12.005.

J. F. Hair, M. C. Howard, and C. Nitzl, “Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis,” J. Bus. Res., vol. 109, no. August 2019, pp. 101–110, 2020, doi: 10.1016/j.jbusres.2019.11.069.

C. H. Baird and G. Parasnis, “From social media to social customer relationship management,” Strateg. Leadersh., vol. 39, no. 5, pp. 30–37, 2011, doi: 10.1108/10878571111161507.

Muhardi, S. I. Gunawan, Y. Irawan, and Y. Devis, “Design of Web Based LMS (Learning Management System) in SMAN 1 Kampar Kiri Hilir,” J. Appl. Eng. Technol. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 70–76, 2020, [Online]. Available: https://journal.yrpipku.com/index.php/jaets/article/view/60.

Downloads

Published

23-06-2022