Penerapan Metode Binary Search dan Hamming Distance untuk E-library SMAN 2 Katingan Hilir

Authors

  • Theresia Kusdini Wulandari Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5623

Keywords:

perpustakaan digital, e-library, Waterfall, Binary Search, Hamming Distance

Abstract

Perpustakaan digital (digital library) atau di sebut juga sebagai perpustakaan eletronic library (e-library) diperkenalkan dengan kelebihannya menyediakan koleksi dalam bentuk elektronik yang mampu diakses oleh pengguna tanpa batas tempat dan waktu.  E-library yang telah dibuat pada studi kasus SMAN 2 Katingan Hilir ini menerapkan metodologi waterfall model Sommerville, dengan beberapa tahapan yaitu Requirments Analysis and Definition, System and Software design, Implementation and Unit Testing, Integration and System Testing, Operation and Maintenance. Beberapa manfaat penggunaan e-library ini yaitu pencatatan daftar buku lebih rapi, saat ingin mencari ketersediaan buku lebih cepat, kemudian proses transaksi peminjaman dan pengembalian buku menjadi lebih terkomputerisasi karena melibatkan aplikasi e-library dan perangkat komputer yang digunakan. Pada fitur pencarian buku menerapkan algoritma binary search dan hamming distance dengan tujuan memaksimalkan sistem pencarian.Hasil pengujian dengan accuracy 78% dan recall 78% tertinggi diperoleh pada skenario pengujian algoritma hamming distance, dan algoritma binary search diperolah accuracy 72% dan recall 72%, dengan hasil yang sama antara dua algoritma precission 100%. Dengan adanya e-library ini besar harapan untuk meningkatkan minat membaca siswa serta meningkatkan akreditasi bagi sekolah. 

References

Suwarno, Wiji. 2010. Pengetahuan Dasar kepustakaan. Bogor : Ghalia Indonesia

Anhar. 2015. Perancangan Aplikasi Pengambilan Keputusan Penentuan Paket Tujuan Wisata Menggunakan Metode Topsis, Informatika dan Teknologi Ilmiah (INTI) Vol V.

Oktaviyani, E. D., Christina, S., & Ronaldo, D. (2019, December). Keywords Search Correction Using Damerau Levenshtein Distance Algorithm. In Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta (Vol. 5, pp. 167-176).

Munir, Rinaldi. 2011. Algoritma dan Pemrograman. Bandung : Informatika.

Munir, Rinaldi. 2011. Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C Edisi Revisi). Bandung: Informatika Bandung.

Wardhana, Wedha Satya, dan Wirayuda, Tjokorda Agung Budi, dan Shaufiah. 2011. Pengoreksian Ejaan Kata Menggunakan Metode N-Gram (Studi Kasus Dokumen Teks Berbahasa Indonesia). Bandung : TELKOM University

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering. 9th Edition. America : Pearson. Education, Inc.

Fadillah, Muhamad Rafly. 2011. Pencocokan untai dengan menggunakan ukuran jarak hamming. Jakarta : Universitas Indonesia

Han, J., Kamber, M., & Pei, J. 2011. Data Mining Concepts and Techniques Third Edition. Waltham: Elsevier Inc.

Suzamkonyden & Wijaya, Mikye. 2012. Evaluasi sistem informasi perpustakaan UIN Suska berdasarkan Organisasi, Manajemen dan Teknologi. Pekanbaru: Fakultas Sains danTeknologi Riau. Yogyakarta : Andi.

Downloads

Published

21-04-2022

Issue

Section

Articles