Pemanfaatan dan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Proses Pembelajaran

Authors

  • Bradley Setiyadi Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i1.6948

Keywords:

konsep dan cakupan teknologi pendidikan, pemanfaatan TIK, pengelolaan TIK, teknologi pembelajaran

Abstract

Abstrak. Keberadaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi hal yang lumrah digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan, sehingga muncul bidang ilmu yang disebut sebagai teknologi pendidikan. Konsep teknologi pendidikan sudah dirumuskan sejak tahun 1963 dan terakhir tahun 2004 berikut cakupan-cakupannya. Sementara cakupan teknologi pendidikan terdiri dari lima kawasan yaitu desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian. Konsep yang dirumuskan berikut cakupannya berfokus pada memfasilitasi belajar peserta didik. Tulisan ini akan lebih rinci membahas dua dari lima cakupan teknologi pendidikan, yaitu pemanfaatan dan pengelolaan. Pemanfaatan teknologi pendidikan terdiri dari pemanfaatan media, difusi inovasi, implementasi dan pelembagaan serta kebijakan dan regulasi, sementara pengelolaan teknologi pendidikan terdiri dari pengelolaan proyek, pengelolaan sumber, pengelolaan sistem penyampaian dan pengelolaan informasi. Pemanfaatan dan pengelolaan teknologi pendidikan merupakan upaya dalam menunjang proses pembelajaran.

 

Abstract. The existence of Information and Communication Technology (ICT) has become commonly used in various aspects of human life, including in the field of education so that a field of knowledge called educational technology appears. The concept of educational technology has been formulated since 1963 and finally in 2004 along with its scopes. While the scope of educational technology consists of five areas, namely design, development, utilization, management and assessment. The concept formulated along with its scope focuses on facilitating student learning. This paper will discuss in more detail two of the five scopes of educational technology, namely utilization and management. Utilization of educational technology consists of media utilization, innovation diffusion, implementation and institutionalization as well as policies and regulations, while the management of educational technology consists of project management, resource management, delivery system management and information management. Utilization and management of educational technology is an effort to support the learning process.

References

R. Situmorang & D.S. Prawiradilaga. “Cakupan, Konsep, Kawasan Teknologi Pendidikan dan Perkembangan Kekinian (2004).” Kawasan Teknologi Pendidikan Modul 1 hal. 1.1-1.9. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka, 2019.

A.A. Ibrahim. “Evolutionary Nature of the Definition of Educational Technology.” International Journal of Social Sciences & Education 5(2) pp. 233-239, 2015.

A. Januszweski & K.A.Persichitte. “A History of AECT’s Definition of Educational Technology.” Bloomington: AECT Publisher, 2008.

P.S. Mustafa & M. Suryadi. “Landasan Teknologis sebagai Peningkatan Mutu dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Kajian Pustaka.” Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3) pp. 767-793, September 2022.

D.S. Prawiradilaga. “Wawasan Teknologi Pendidikan.” Jakarta: Kencana, 2012.

R. Situmorang & Suprayekti. “Cakupan Definisi Teknologi Pendidikan Tahun 1977.” Kawasan Teknologi Pendidikan Modul 7 hal. 7.1-7.5. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka, 2019.

B. Seels & R. Richey. “Intructional Technology: The Definition and Domains of the Field. 1st edition.” Washington DC: AECT Publisher, 1994.

M. Yaumi. “Terminologi Teknologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Historis.” Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1) pp. 191-208, 2016.

R. Situmorang & U.A. Chaeruman. “Definifi AECT Tahun 1994: Teknologi Pembelajaran.” Kawasan Teknologi Pendidikan Modul 8 hal. 8.1-8.4. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka, 2019.

A. Januszweski & M. Molenda. “Educational Technology: A Definition with Commentary.” Bloomington: AECT Publisher, 2008.

D. Surani. “Studi Literatur: Peran Teknolog Pendidikan dalam Pendidikan 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), pp. 456-469, 2019.

D. Ariani. “Aktualisasi Profesi Teknologi Pendidikan di Indonesia.” IJCETS: Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1) pp. 1-9, 2017.

A. Widyastuti., A.T. Mawati., I. Yuniwati., J. Simarmata., A.F. Pakpahan., D.P.Y. Ardiana., D. Gandasari & A.N. Hidayah. “Pengantar Teknologi Pendidikan.” Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

S. Achyanadia. “Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningatkan Kualitas SDM.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1) pp. 11-21, 2016.

R. Situmorang & S. Maudiarti. “Makna Belajar dalam Konteks Teknologi Pendidikan.” Kawasan Teknologi Pendidikan Modul 2 hal. 2.1-2.5. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka, 2019.

Y. Miarso. “Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.” Jakarta: Kencana, 2005.

A. Arsyad. “Media Pembelajaran.” Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

C. Kustandi & B. Sutjipto. “Media Pembelajaran: Manual dan Digital.” Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

E.M. Rogers. “Diffution of Innovations. 5th edition.” New York: Free Press, 2003.

J.A.F. Stoner & R.E. Freeman. “Manajemen. Edisi V Cetakan ke-1. Terjemahan: W.W. Bakowatun & B. Molan.” Jakarta: Intermedia, 1994.

T.H. Handoko. “Manajemen. Edisi II Cetakan ke-20.” Yogyakarta: BPFE, 2022.

N. Syafriadi. “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran.” Jurnal Al Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-ilmu Keislaman, 6(1), pp. 1-8, Januari-Juni 2020.

R. Situmorang & U.A. Chaerumam. “Definisi AECT 1994: Teknologi Pembelajaran.” Kawasan Teknologi Pendidikan Modul 8hal. 8.1-8.48. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka, 2019.

Suprayekti & F.F. Hanum. “Penerapan Teknologi Pendidikan di Lembaga Persekolahan. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), pp. 165-179, Oktober 2019.

B.A. Pribadi. “Inovasi dalam Teknologi Pendidikan.” Kawasan Teknologi Pendidikan Modul 10.1-10.35. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka, 2019.

K. Schwab. “Revolusi Industri Keempat. Terjemahan: F. Diena & A. Tarigan.” Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

R. Setiawan., D. Mardapi., A. Pratama & S. Ramadan. “Efektivitas Blended Learning dalam Inovasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), pp. 148-157, Oktober 2019.

D. Turnbull., R. Chugh & J. Luck. “Learning Management System: A Review of the Receach Methodology Literatute in Australia & China.” International Journal of Reseach & Method in Education, 44(2), pp. 164-178, 2021.

I.I. Supianti. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika.” Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), pp. 63-70, April 2018.

Q. Liu., S. Geertshuis & R. Grainger. “Understanding Academics’ Adoption of Learning Technologies: A Systematic Review.” Computer & Education, 151, pp. 1-68, February 2020.

R.W.P. Putra. “Improving the Students’ Motivation in Learning English through Google Meet during the Online Learning.” Englie: English Learning Innovation, 2(1), pp. 35-43, February 2021.

Lalima & K. Dangwal. “Blended Learning: An Innovative Approach.” Universal Journal of Educational Research, 5(1), pp. 129-136, 2017.

T. Kahan., T. Soffer & R. Nachmias. “Types of Participant Behavior in a Massive Open Online Course.” International Review of Reseach in Open and Distributed Learning, 18(6), pp. 1-18, September 2017.

S. Mishra. “Open Educational Resources: Removing Barriers from Within.” Distance Education, 38(3), pp. 369-380, August 2017.

D. Ariani. “Gamifikasi untuk Pembelajaran.” Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), pp. 144-149, 2020.

K. Roach., E. Tilley & J. Mitchell. “How Authentic does Authentic Learning Have to be?” Higher Education Academy, 3(1), pp. 495-509, October 2018.

Downloads

Published

12-06-2023

Issue

Section

Articles