Ekuitas Merek dan Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada PT Nusantara Surya Sakti Kota Parepare

Authors

  • Rizal Heriansah Program Studi Manajemen, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada
  • Bakhtiar Tijjang Program Studi Manajemen, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada
  • Ulyana Muslimin Program Studi Manajemen, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i1.7017

Keywords:

Ekuitas Merek, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstrak. Tujuan riset ini tidak lain untuk menilik pengaruh ekuitas merek dan minat beli terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada PT Nusantara Surya Sakti Kota Parepare. Sistem analisis nang juru tulis terapkan di studi ini yaitu kuesioner yang terdistribusi, dan teknik penentuan sampel diperoleh 120 sampel dari 12 indikator. Cara kajian yang penulis gunakan yakni uji validitas, uji reliabilitas, serta analisis linier berganda yang diuji dengan cara menggunakan SPSS. Keputusan survei mengungkapkan bahwa ekuitas merek dan minat beli mempengaruhi keputusan pembelian untuk membeli sepeda motor Honda Beat pada PT Nusantara Surya Sakti Kota Parepare. Perhitungan statistik F membuktikan hal itu 40.715, Signifikansi adalah 0,000. Signifikansi sedikit dari 0,05 atau (0,00 <0,05). Akhirnya, penelitian ini dapat membuktikan hipotesis atau dugaan yang telah dijelaskan dan diduga bahwa lima indikator ekuitas merek dan empat indikator minat beli mempengaruhi keputusan pembelian untuk membeli unit motor Honda Beat pada PT Nusantara Surya Sakti Kota Parepare. Didalam studi ini, kami memutuskan untuk menguji determinan R2 dan memperoleh determinan R2 yakni 0,410. Artinya ekuitas merek dan minat beli mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 41%, dengan sisa 59% dijabarkan oleh peubah lain yang kemudian tak termasuk di riset ini.

Abstract. The purpose of this research is none other than to examine the effect of brand equity and purchase intention on purchasing decisions for Honda Beat motorbikes at PT Nusantara Surya Sakti Kota Parepare. The analytical system that the authors used in this study was a distributed questionnaire, and the sampling technique obtained 120 samples from 12 indicators. The study methods that the authors use are validity tests, reliability tests, and multiple linear analysis which are tested using SPSS. The survey decision revealed that brand equity and purchase intention influenced the purchasing decision to buy a Honda Beat motorcycle at PT Nusantara Surya Sakti Kota Parepare. Calculation of the F statistic proves that 40.715, Significance is 0.000. Significance less than 0.05 or (0.00 < 0.05). Finally, this study can prove the hypothesis or conjecture that has been explained and it is suspected that the five indicators of brand equity and four indicators of buying interest influence the purchasing decision to buy a Honda Beat motorbike unit at PT Nusantara Surya Sakti Kota Parepare. In this study, we decided to test the determinant of R2 and obtain an R2 determinant of 0.410. This means that brand equity and purchase intention affect purchasing decisions by 41%, with the remaining 59% being explained by other variables which are not included in this research.

References

M. Choirul Amin, W. Hamidi, and H. Ekwarso, “Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kendaraan Bermotor Roda Dua di Kota Pekanbaru Oleh,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 2013–2015, 2021.

L. Nardo and B. Prasetiyo, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Dealer CV. Supra Jaya Motor Cianjur,” vol. 2, no. 5, pp. 433–448, 2022.

Rian Amdhani, Eka Erma Wati, and Kelik Purwanto, “Analisis Promosi, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Beat Oleh Mahasiswa Undhari,” Manaj. Dewantara, vol. 6, no. 3, pp. 281–291, 2022, doi: 10.26460/md.v6i3.13191.

F. Y. Jansen, F. G. Worang, and F. V Arie, “Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat 2019-2020 the Effect of Brand Equity , Brand Image , and Product Quality on Consumer Purchase Decisions on Samsung Smartphone Products on Students of the Fac,” J. EMBA, vol. 10, no. 1, pp. 279–288, 2022.

M. D. Lukman, “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro Kemasan Kotak,” J. Adm. Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 64–81, 2014.

A. Febrian and L. Ahluwalia, “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E-Commerce,” J. Manaj. Teor. dan Ter. J. Theory Appl. Manag., vol. 13, no. 3, p. 254, 2020, doi: 10.20473/jmtt.v13i3.19967.

S. Sudomo, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Konsumen Pepsodent Di Kaupaten Bantul),” JBMA STIE “YKPN” Yogyakarta, vol. 1, no. 2, pp. 33–48, 2013.

A. Sriyanto, “Brand ambassador,” Ekon. dan Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 2–4, 2012.

D. Solihin, “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” J. Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 38–51, 2020, doi: 10.33753/mandiri.v4i1.99.

S. Kurniasari and A. Budiatmo, “Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada J.Co Donuts & Coffee Semarang,” no. 21, pp. 1–9, 2018.

R. Septifani, F. Achmadi, and I. Santoso, “Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli,” J. Manaj. Teknol., vol. 13, no. 2, pp. 201–218, 2014.

N. L. G. S. D. Astuti, I. G. D. S. A. Widhyadanta, and R. J. Sari, “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online,” E-Jurnal Ekon. dan Bisnis Univ. Udayana, vol. 4, p. 897, 2021, doi: 10.24843/eeb.2021.v10.i10.p07.

Fetrizen and N. Aziz, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia,” OSF Prepr., vol. 1, pp. 1–9, 2019.

Khoirunnisah & Wahyuni, “Pengaruh Kualitas, Citra Merek, Persepsi Harga Terhadap Pembelian Vespa Piaggio Di Sidoarjo,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 11, no. 9, 2022.

D. A. Aaker, Manajemen Ekuitas Merek, Cet. 1. Jakarta: Mitra Utama, 2018.

F. Ekonomi and U. K. Petra, “Pengaruh Tampilan Web dan Harga Terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan sebagai Intervening Variable pada E-Commerce Shopee,” 2020.

D. G. Anggoro, “Pengaruh Citra Merek, Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi,” UMM Institutional Repository, 2018. http://eprints.umm.ac.id/40376/ (accessed Apr. 04, 2023).

Downloads

Published

08-06-2023

Issue

Section

Articles