Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis PT Pos Indonesia

Authors

  • Hermin Hermin Program Studi Manajemen, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada Parepare
  • Mulyana Machmud Program Studi Manajemen, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada Parepare
  • Hamida Hasan Program Studi Manajemen, Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada Parepare

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i1.7027

Keywords:

teknologi informasi, bisnis pos, layanan online, trace dan tracking

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang penerapan teknologi informasi terhadap pertumbuhan bisnis pos cabang Parepare. Menggunakan metode penelitian kualitatif dan data kuantitatif, penelitian ini. Objek pada penellitian terduri atas pimpinan PT. Pos Indonesia Cabang Parepare dan 240 masyarakat. Jumlah tersebut ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Serta teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif. Temuan studi ini menunjukkan bahwa PT mengoperasikan industri pos. Pos Indonesia Bagian dari organisasi administrasi angkutan dan Parepare, organisasi ini telah menggunakan inovasi data dalam kemajuan bisnis pos, seperti PT. Pos Indonesia Cabang Parepare telah memanfaatkan layanan lacak dan lacak serta layanan pengiriman uang secara online yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Selain itu, layanan online berbasis SMS untuk pengecekan perjalanan surat telah dikembangkan oleh penyedia layanan penitipan. Mahalnya biaya pemasangan jaringan online dan pembelian peralatan menjadi kendala utama dalam menggunakan teknologi informasi. Masyarakat sudah menggunakan layanan pos yang berbasis teknologi informasi, menurut pengguna jasa pos.

 

Abstract. This study aims to obtain a more in-depth description of the application of information technology to the growth of the Parepare branch postal business. Using qualitative research methods and quantitative data, this research. The object of this research is the leadership of PT. Pos Indonesia Parepare Branch and 240 communities. The amount is determined by using purposive sampling. Data collection techniques used are interviews and observation. As well as data analysis techniques used are descriptive qualitative and quantitative analysis techniques. The findings of this study indicate that the PT operates an industrial post. Pos Indonesia Part of the freight forwarding and Parepare organizations, this organization has used data innovation in advancing the postal business, such as PT. Pos Indonesia Parepare Branch has utilized a track and trace service as well as an online remittance service which only takes a few minutes. In addition, an SMS-based online service for checking travel documents has been developed by repair service providers. The high cost of setting up an online network and purchasing equipment are the main obstacles to using   information technology. According to postal service users, the community has already used information technology-based postal services

References

Aziz, "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis POS," Jurnal Buletin Pos dan Telekomunikasi , vol. 10, 2012.

Saryoko, "Tata Kelola Teknologi Informasi pada JNE Cabang Bekasi Menggunakan Framework Cobit 4.1," Jurnal Informatika, 2022.

T. Kadir, "Pengenalan Teknologi Informasi," Yogyakarta Andi Offset, 2003.

L. A. Prabawa, "Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Inovasi, Kepemimpinan dan Kinerja Perusahaan : Studi Transformasi PT. POS Indonesia," Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis vol. 3, 2015.

M. A. Syamsuddien, "Inovasi Layanan PT Pos Indonesia Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Menjadi Eksistensi di Era Persaingan Global," 2016.

L. A. Prabawa, "Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Inovasi, Kepemimpinan dan Kinerja Perusahaan : Studio Transformasi PT. Pos Indonesia.," Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, vol. 3, 2015.

S. Lia Asmini, "Pengaruh Penggunaan Teknologi Komunikasi Terhadap Tingkat Kinerja Karyawan di Kantor POS Madiun," 2022.

H. D. Putranta, "Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi," AMUS, 2004.

A. Supriyanto, "Pengantar Teknologi Informasi," Salemba Infotek, 2005.

W. J. a. J. W. T. J. Severin, "Mass Comunication Theorises and Research," Columbus Ohio, 1981.

S. Tan, "Teori Komunikasi, Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa," 2008.

L. &. L. A. Ellitan, "Strategi Berasing Dalam Service Driven Economy," Yogyakarta Andi Offset, 2007.

Andi Saryoko, "Tata kelola teknologi informasi pada JNE cabang Bekasi Mengguankan frameword cobit 4.1," Jurnal Informatika, 2022.

M. A. Syamsuddien, "Inovasi layanan PT POS Indonesia dalam peningkatan kualitas pelayanan sebagai upaya menjaga eksistensi di era persainagan global," 2016.

M. S. S. W. Y. P. Putri Ismie Mayangsari, "Inovasi PT. POS indonesia dalam menjaga eksistensi dan daya saing pelayanan publik," Jurnal Administrasi Publik (JAP), vol. 1, p. 2, 2020.

Downloads

Published

27-06-2023

Issue

Section

Articles