Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Layanan Kerusakan Mesin EDC Menggunakan Metode Incremental

Authors

  • Rizky Basatha Program Studi Manajemen Informatika, Institut Informatika Indonesia
  • Titasari Rahmawati Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia
  • Wahyu Ardianto Program Studi Sistem Informasi, Institut Informatika Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7145

Keywords:

EDC, layanan pengaduan, metode incremental

Abstract

Abstrak. Respons pelanggan terhadap suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Semakin baik dan cepat pelayanan yang diberikan kepada pelanggan maka semakin positif respons yang akan diterima perusahaan. Mesin Elektronic Data Capture (EDC) adalah salah satu alat pembayaran elektronik yang dimiliki toko untuk melakukan transaksi, Penelitian ini bertujuan membuat sistem informasi dengan tujuan untuk membantu mempersingkat kinerja teknisi dalam menyelesaikan suatu pengaduan yang dibuat pihak toko. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode incremental. Metode ini mencari kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh sistem layanan pengaduan kerusakan mesin Elektronic Data Capture (EDC).

 

Abstract. Customer response to a company is very important. The better and faster the service provided to customers, the more positive the company's response will be. The Electronic Data Capture (EDC) machine is one of the electronic payment tools owned by the store to make transactions. This research aims to make an information system with the aim of helping shorten the performance of technicians in resolving a complaint made by the store. The research method used was the incremental method that looks for what needs are needed by the Electronic Data Capture (EDC) machine damage complaint service system.

References

Kuswibowo, C., & Andhina Putri, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Menggunakan Mesin EDC terhadap Kepuasan Merchant pada PT Bank Rakyat Indonesia Jakarta Pusat-The Effect Of Service Quality Using EDC Machine on Merchant Satisfaction at PT Bank Rakyat Indonesia Central Jakarta. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri dan Rantai Pasok (Vol. 1).

K. L. Musu, C. Suryawati, and H. Warsono, "Analisis Sistem Penanganan Komplain di Rumah Sakit Permata Medika Semarang," Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, vol. 8, no. 1, pp. 7-15, Apr. 2020. https://doi.org/10.14710/jmki.8.1.2020.7-15

Anggraeni E.Y. & Irciani, R. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Kurnia, E., & Tus Sadiah Fatra, H. (2021). Pemetaan Lokasi Sebaran SMK Bidang TIK sebagai Sasaran dalam Pelaksanaan Teaching Factory di Kota Bogor Menggunakan Metode Incremental. In Multitek Indonesia: Jurnal Ilmiah (Issue 1). Online. http://journal.umpo.ac.id/index.php/multitek

K. Schwalbe, Information Technology Project Management: Cengage Learning, 2015.

Andarsyah, R. (2021). Sistem Informasi Planning Alat Produksi Berbasis Web (Simpro) Di PT. Lingga Maju Jaya (Sub Modul: Kaubis Dan Optima). In Jurnal Teknik Informatika (Vol. 13, Issue 3).

Kristanto, Andri. (2018). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Amiruddin, Fajriyanto,; Lazim, F. (2022). Sistem Informasi Akademik Pada MTs Salafiyah Syafi’iyah Menggunakan Framework Codeigniter Dan MYSQL. JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 1(1), 51–57. https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.2103a

Rokoyah, K., Chandra, Y. I., Lukman, S. (2022). Penerapan Model Incremental dalam Merancang Aplikasi Pengenalan Bentuk dan Fungsi Gigi pada Manusia Berbasis Web.

Allan, G. D. S. S. (2021). Analisa Kebutuhan Kebutuhan Sistem Informasi Manajemen Perusahaan Dagang. In KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri (Vol. 4). https://jurnal.machung.ac.id/index.php/kurawal

Murdani, M. H., Widhiyanta, N., Priyambudi, S., & Asrori, M. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi menggunakan Metode Incremental – Studi Kasus di Koperasi Karyawan Coca Cola SIER. SMATIKA JURNAL, 12(01), 67–74. https://doi.org/10.32664/smatika.v12i01.663

Basatha, Rizky and Keraf, Boniface Boliona Badilangoe (2022). Analisis dan Desain Sistem Informasi Berbasis Website Gereja Katolik Santo Yusup Jember. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 2(1), pp. 80-91. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5633

Rahmawati, Titasari and Sena, I Gede Wiarta and Albert, Nicholas Manuel (2022) Perancangan dan Pembuatan Sistem Monitoring Aktifitas Karyawan Berbasis Web pada PT. HRL Internasional. J-Intech: Journal of Information and Technology, 10 (2). pp. 152-163. ISSN 2303-1425. https://doi.org/10.32664/j-intech.v10i2.803

al Kaafi, A., Widiastuti, L., Arsiadi, F. (2022). Penerapan Incremental Model Pada Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Uswatun Hasanah Jakarta. Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 3(1). http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/reputasi

Wahyudin, Y., Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26–40. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74

Downloads

Published

22-12-2023