Evaluasi Usabilitas Virtual Interface dan Virtual Experience Menggunakan Metode Heuristic Evaluation pada Aplikasi Gamelan Bonang Penerus

Indonesia

Authors

  • Lolita Chandra Budikusuma Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Julius Galih Prima Negara Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Clara Hetty Primasari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Elisabeth Marsella Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7201

Keywords:

virtual reality, virtual interface, virtual experience, heuristic, usability

Abstract

Abstrak. Perkembangan sebuah teknologi antarmuka baru dengan menggunakan teknologi virtual reality seperti pada aplikasi gamelan bonang penerus, telah membangkitkan peluang baru dalam melestarikan budaya alat musik daerah di Indonesia. Namun, pengembangan pada aplikasi ini masih perlu evaluasi dari perspektif Virtual Interface penggunaan. Metode evaluasi ini diperlukan untuk mengukur usability dari aplikasi virtual reality gamelan bonang penerus berdasarkan dari perspektif Virtual Experience pengguna dan menggunakan metode heuristic evaluation untuk mendeteksi masalah pada fungsionalitas produk. Selama dalam proses evaluasi VX pada desain dan sistem interaktif pada aplikasi, diperlukan saran dari evaluator yang mahir dibidangnya untuk menjadi dasar dari penilaian tampilan antar muka pada aplikasi gamelan bonang penerus. Hasil dari analisa ini secara umum masih memiliki gangguan kecil sampai gangguan sedang pada fitur yang tersedia sehingga hasil analisa dapat ditindaklanjuti untuk peninjauan perbaikan dari aplikasi gamelan bonang penerus dan dapat dipakai sebagai praktis keilmuan untuk pengembangan aplikasi sejenisnya.

 

Abstract. The development of a new interface technology using virtual reality technology such as in the gamelan bonang penerus application, has generated new opportunities in preserving the culture of regional musical instruments in Indonesia. However, the development of this application still needs evaluation from the perspective of Virtual Interface usage. This evaluation method is needed to measure the usability of the gamelan bonang penerus virtual reality application based on the user's Virtual Experience perspective and uses the heuristic evaluation method to detect problems in product functionality. During the VX evaluation process on the design and interactive system in the application, suggestions from evaluators proficient in their fields are needed to be the basis for evaluating the interface of the gamelan bonang penerus application. The results of this analysis generally still have minor to moderate disturbances in the features available so that the results of the analysis can be followed up for a review the improvement of the gamelan bonang penerus application and can be used as practical knowledge for the development of similar applications.

References

H. A. Prameswari, Y. T. Mursityo, and H. Muslimah Az-Zahra, “Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan User Interface pada Aplikasi Mobile Cinepolis Indonesia menggunakan Metode Usability Testing,” vol. 4, no. 12, pp. 4329–4338, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

M. . YULYANI ARIFIN, S.KOM., “Kenal Dekat dengan Usability Testing,” socs.binus.ac.id. https://socs.binus.ac.id/2018/08/09/kenal-dekat-dengan-usability-testing/#:~:text=Usability Testing merupakan salah satu,puas dengan aplikasi yang digunakan (accessed Nov. 03, 2022).

H. Aliya, “Usability Testing: Arti, Metode, Langkah-Langkah, dan Manfaatnya,” glints.com, 2022. https://glints.com/id/lowongan/usability-testing-adalah/#.Y4l6cHYza3B (accessed Nov. 03, 2022).

A. Saleh, R. Ismail, and N. Fabil, “Evaluating usability for mobile application: A MAUEM approach,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., pp. 71–77, 2017, doi: 10.1145/3178212.3178232.

D. Putri Puspitasari and rer nat Avinanta Tarigan, “Analysis of User Interface and User Experience Usability on Arsitag.com Mobile Version Using Heuristic Evaluation Method,” Int. J. Comput. Sci. Softw. Eng., vol. 8, no. 9, pp. 211–213, 2019, [Online]. Available: www.IJCSSE.org

A. Mohammad and L. Pedersen, “Analyzing the Use of Heuristics in a Virtual Reality Learning Context: A Literature Review,” Informatics, vol. 9, no. 3, pp. 2–17, Sep. 2022, doi: 10.3390/informatics9030051.

U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 65–74, 2019, doi: 10.24176/simet.v10i1.2725.

Ghina Ashila, “User Interface Heuristic Evaluation Pada Sistem Informasi Nasabah Koperasi Mitra Swadaya PT. Gajah Tunggal Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh,” Universitas Islam Negeri, 2019. [Online]. Available: https://docplayer.info/172988103-User-interface-heuristic-evaluation-pada-sistem-informasi-nasabah-koperasi-mitra-swadaya-pt-gajah-tunggal.html

S. Guay, L. Rudin, and S. Reynolds, “Testing, testing: a usability case study at University of Toronto Scarborough Library,” Libr. Manag., vol. 40, no. 1–2, pp. 88–97, 2019, doi: 10.1108/LM-10-2017-0107.

S. Fröjdman, User Experience Guidelines for Design of Virtual Reality Graphical User Interfaces Controlled by Head Orientation Input. Swedia, 2016. [Online]. Available: http://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:939381/FULLTEXT01.pdf

A. Rizal, D. Yusup, A. Voutama, and P. Korespondensi, “Evaluasi Faktor Manfaat Sistem Lingkungan Pembelajaran 3 Dimensi Berbasis Multi-User Virtual Reality (MuVR),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 5, pp. 895–904, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202072215.

A. Baladina, I. Aknuranda, and A. Kusyanti, “Analisis Hasil Perbandingan Penerapan Metode Heuristic Evaluation Menggunakan Persona dan Tanpa Persona ( Studi Kasus : Situs Web Female Daily ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 7050–7057, 2018.

H. Nadhirah, N. Hendrakusma Wardani, and K. C. Brata, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Website Dinas Pendidikan Kota Malang menggunakan Metode Heuristic Evaluation dengan Prinsip Usability G-Quality,” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 6115–6124, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

D. Kamińska, G. Zwoliński, and A. Laska-Leśniewicz, “Usability Testing of Virtual Reality Applications—The Pilot Study,” Sensors, vol. 22, no. 4, pp. 1–19, 2022, doi: 10.3390/s22041342.

R. Budiu, “Quantitative vs. Qualitative Usability Testing,” 2017. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/quant-vs-qual/

R. Murtza, S. Monroe, and R. J. Youmans, “Heuristic evaluation for virtual reality systems,” Proc. Hum. Factors Ergon. Soc., vol. 2017-October, pp. 2067–2071, 2017, doi: 10.1177/1541931213602000.

E. Paulus and M. Suryani, “Evaluasi Usabilitas pada Aplikasi Virtual Reality untuk Pendidikan: Studi Kasus BIOTALAUTVR Ancient Manuscript Digitization and Indexation View project A Web-Based Self-Monitoring Tool View project,” Semin. Ris. Teknol. Inf. (SRITI, pp. 107–113, 2016, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/307863358

Downloads

Published

22-12-2023