Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Produktivitas Belajar Mahasiswa di Yogyakarta

Authors

  • Milfian Haryanto Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Agnes Citra Sidauruk Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Yohani Baptista Hendy Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Januarti Anjela Sabailaket Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Dihan Rahul Purba Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Emanuel Ristian Handoyo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7213

Keywords:

Tiktok, productivity, students, learning, influence

Abstract

Abstrak. TikTok adalah aplikasi yang berisi konten video yang berasal dari Tiongkok dan dirilis sejak bulan September pada 2016. Menurut Bussines of Apps pengguna TikTok di Indonesia mencapai 109,9 juta pengguna dan menduduki posisi kedua pengguna aplikasi TikTok terbanyak di dunia. Pengguna TikTok terbesar merupakan Generasi Z pada jarak umur 18 hingga 24 tahun. Penelitian ini mempunyai maksud agar menemukan pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap produktivitas belajar mahasiswa di Yogyakarta. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif dengan model analisis data yaitu Path Analysis. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh secara tidak langsung dari penggunaan aplikasi TikTok dalam efektivitas belajar dan percepatan laju belajar para mahasiswa. Selain itu, kemudahan dalam penggunaan aplikasi TikTok yang memiliki pengaruh secara tidak langsung dari efektivitas dan percepatan laju belajar para mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi TikTok secara tidak langsung mempengaruhi efektivitas serta percepatan laju belajar para mahasiswa di Yogyakarta. 

Abstract. TikTok is an application that contains video content originating from China and was released since September 2016. According to the Business of Apps, TikTok users in Indonesia have reached 109.9 million users and occupy the second position with the most TikTok application users in the world. The biggest TikTok users are Generation Z at the age range of 18 to 24 years. This study has the intention of finding the effect of using the TikTok application on student learning productivity in Yogyakarta. The research method used is a quantitative method with a data analysis model, namely Path Analysis. The results of the study prove that there is an indirect effect of using the TikTok application on learning effectiveness and accelerating student learning rates. In addition, the ease of using the TikTok application has an indirect effect on the effectiveness and acceleration of students' learning rates. So, it can be concluded that the use of the TikTok application indirectly affects the effectiveness and acceleration of the learning rate of students in Yogyakarta. 

References

K. F. Faradis, "Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (Iiq) Jakarta," Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, Jakarta, 2021.

W. N. Aji, "Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia," Proceeding of Pekalongan University, pp. 431-440, 2018.

D. P. R. Adawiyah, "Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang," Jurnal Komunikasi, vol. 14 No.2, pp. 135-148, 2020.

C. M. Annur, "Pengguna TikTok Naik 20% Selama Pandemi, Terbanyak Konten Edukasi," KataData.co.id, 18 May 2020. [Online]. Available: https://katadata.co.id/ekarina/digital/5ec2245aa8bc7/pengguna-TikTok-naik-20-selama-pandemi-terbanyak-konten-edukasi. [Accessed 22 March 2023].

"Kompas.com," Kompas, 19 April 2021. [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/14020037/jumlah-pengguna-aktif-bulanan-TikTok-terungkap?page=all. [Accessed 9 April 2023].

E. Pramana, "Jawapos," Jawa Pos, 7 Maret 2023. [Online]. Available: https://www.jawapos.com/aplikasi/01440654/waktu-untuk-menonton-TikTok-sangat-tinggi-hampir-menyamai-netflix. [Accessed 9 April 2023].

H. Midun, "Penggunaan Media Pembelajaran Menuju Produktivitas Belajar Peserta Didik," Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, vol. 8, pp. 83-92, 2016.

M. Zaputri, "Dampak Kecanduan Media Sosial Tik Tok terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Iain Batusangkar," Publikasi IAIN Batusangkar, Batusangkar, 2021.

"Dampak Penggunaan Aplikasi Online TikTok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi," vol. I, no. 1, pp. 1-10, 2021.

A. A. Dev, "Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran," Jurnal Teknologi Pendidikan, pp. 1-8, 2021.

D. N. Viranti, Pengaruh Pemasaran Konten Hiburan TikTok Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi TikTok: Studi Muslim Generasi Z, Yogyakarta: Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia, 2021.

F. Nurdiansyah and T. Suhartini, "Nilai Edukasi pada Aplikasi TikTok di Kalangan Remaja Kota Bandung," KOMUNIKASIANA Journal of Communication Studies, vol. 3, pp. 138-146, 2021.

M. S. Hanafy, "Konsep Belajar dan Pembelajaran," Lentera Pendidikan, vol. 17, pp. 66-79, 2014.

P. Setyosari, "Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas," Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, vol. 1, pp. 20-30, 2014.

I. Junaedi, "Proses Pembelajaran yang Efektif," Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, vol. 3, pp. 19-25, 2019.

E. T. Hutamy, A. N. Q. A. Alisyahbana, N. Arisah and M. Hasan, "Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik," Jurnal Pendidikan Dompet Dhufa, vol. 11, pp. 21-26, 2021.

N. Khalisah, "Hubungan Produktivitas Mahasiswa dengan Pandemi," Psyarxiv, pp. 1-8, 2021.

N. P. S. E. Y. d. L. F. P. Ayu Kammawati, “Perubahan Produktivitas Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19,” Journal of Technopreneurship on Economics and Business Riview, p. 12, 2020.

E.A.S.D.S.N.H.Rahayu Mardikaningsih, “Hubungan Perilaku Produktif dan Minat Mahasiswa Berwirausaha,” Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Kewirausahaan, pp.Vol. 1,No.2, hal.121-130,2021.

H. Midun, "Penggunaan Media Pembelajaran Menuju Produktivitas Belajar Peserta Didik," vol. VIII, no. 1, pp. 83-92, 2016. H. Midun, "Penggunaan Media Pembelajaran Menuju Produktivitas Belajar Peserta Didik," vol. VIII, no. 1, pp. 83-92, 2016.

M. Azahra, "IDN Times Sulsel," IDN Times, 4 July 2022. [Online]. Available: https://sulsel.idntimes.com/life/education/mutiara-azahra-3/akun-TikTok-yang-memberi-konten-edukasi-c1c2?page=all. [Accessed 9 April 2023].

A. Zubaidi, Junanah and M. J. Shodiq, "Pengembangan Media Pembelajaran Mahârah Al-Kalâmberbasis Media Sosial Menggunakan Aplikasi TikTok," Arabi: Journal of Arabic Studies, vol. VI, pp. 119-134, 2021.

M. U. Batoebara, "Aplikasi Tik-Tok Seru-Seruan Atau Kebodohan," JurnalNetwork Media, vol. III, pp. 59-65, 2020.

N. S. Ramdani, A. Hadiapurwa and H. Nugraha, "Potensi Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Daring," Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. X, pp. 425-435, 2021.

M. Toha and E. Umisara, "Respon Mahasiswa terhadap Aplikasi TikTok Sebagai Salah Satu Media Pengembangan Media Pembelajaran di Universitas Kabupaten Brebes," EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. IV, pp. 5607-5616, 2022.

S, Jonathan, “Mengenal Path Analysis: Sejarah, Pengertian dan Aplikasi,” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, pp.289-294, 2011.

Nurjalia, "Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry," UIN Ar-Raniry, Aceh, 2018.

B. C. Ujah-Ogbuagu, "Social Media Addiction and Academic Productivity Amongst Nigerian Students: Implications," International Journal of Knowledge, Innovation and Entrepreneurship , vol. 9 No. 3, pp. 21-40, 2021.

Downloads

Published

22-12-2023