Strategi Pemasaran Digital pada Ayam Panggang Sunmor menggunakan Model SOSTAC

Authors

  • Victoria Angela Sugianto Program Magister Inforamtika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Wildan Kristian Mahardika Program Magister Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Yuli Wijayanti Progam Magister Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i1.7219

Keywords:

UMKM, SOSTAC, Ayam Panggang Sunmor, digital marketing, media sosial

Abstract

Abstrak. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha atau bisnis di mana usaha tersebut dilakukan oleh individu maupun kelom,pok yang memiliki badan usaha maupun tidak. Adanya pandemi Covid-19 membuat perekonomian negara Indonesia menurun drastis. Banyak pelaku UMKM yang terpaksa menjalankan usahanya dari rumah sehingga mengakibatkan terhambatnya kegiatan operasional penjualan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan strategi digital marketing. Digital marketing merupakan salah satu cara pemasaran atau promosi produk dan jasa yang dilakukan secara digital melalui jaringan internet. Ayam Panggang Sunmor (APS) merupakan UMKM yang bergerak di bidang kuliner. APS berdiri sejak tahun 2014 dengan perintisan utamanya dengan cara menitipkan produk dagangannya di warung-warung. Untuk meningkatkan pemasaran produk APS maka peneliti melakukan analisis menggunakan SOSTAC. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemasaran APS sangat dipengaruhi dari konten-konten pemasaran yang telah diunggah melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok. Selain itu, faktor dari mulut ke mulut atau word of mouth (WoM) juga mempengaruhi pemasaran APS.

 

Abstract. MSME is a business where the business is carried out by individuals or groups that have a business entity or not. The existence of the Covid-19 pandemic has made Indonesia's economy decline drastically. Many MSMEs are forced to run their businesses from home, resulting in delays in sales operations. One way to overcome this problem is to utilize a digital marketing strategy. Digital marketing is a way of marketing or promoting products and services that are carried out digitally through the internet network. Ayam Panggang Sunmor (APS) is an MSME engaged in the culinary field. APS was founded in 2014 with its main pioneering way of leaving its wares in stalls. To improve the marketing of APS products, the researchers conducted an analysis using SOSTAC. The results of the study prove that APS marketing is heavily influenced by marketing content that has been uploaded via social media such as Instagram and TikTok. In addition, the Word-of-Mouth factor (WoM) also influences APS marketing.

References

M. Farhan Rizky, E. Permana, P. Studi Administrasi Bisnis Terapan, J. Administrasi Niaga, and P. Negeri Jakarta, “Analisis Strategi Bisnis Menggunakan Digital Marketing Pada UMKM Pasca Pandemi Covid-19,” Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, vol. 7, no. 2, pp. 142–150, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.unikama.ac.idHal|142

R. L. Hasanah, D. N. Kholifah, and D. P. Alamsyah, “Pengaruh modal, tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan umkm di kabupaten purbalingga,” Kinerja, vol. 17, no. 2, pp. 305–313, 2020, [Online]. Available: http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

F. Hidranto, “KUR UMKM Didongkrak Naik,” indonesia.go.id, Apr. 12, 2021. https://www.indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2682/kur-umkm-didongkrak-naik#:~:text=Menurut%20data%20Kementerian%20Koperasi%2C%20Usaha%20Kecil%2C%20dan%20Menengah,itu%20terhadap%20penyerapan%20tenaga%20kerja%20pun%20cukup%20signifikan (accessed Apr. 05, 2023).

A. N. Aini, D. I. Fauziah, G. Pramudita, K. Wati, T. Kusumawati, and A. P. A. Santosa, “Strategi Penjualan Online Pasca Pandemi Covid-19,” Review Of Accounting And Business, vol. 2, no. 1, pp. 182–188, Jun. 2021.

F. Khan and K. Siddiqui, “The importance of digital marketing. An exploratory study to find the perception and effectiveness of digital marketing amongst the marketing professionals in Pakistan,” Journal of information systems & operations management, vol. 7, no. 2, pp. 221–228, 2014, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/260424967

J. Sulaksono and N. Zakaria, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri,” Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41–48, Jan. 2020, [Online]. Available: https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2019-indonesia-january-2019-

K. K. Rafiah and D. H. Kirana, “Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor,” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, vol. 2, no. 1, pp. 188–198, Jan. 2019.

P. K. Wijaya and A. Hermawan, “E-Marketing Applications Based On Virtual Reality Using Sostac Planning Method On Sales Property,” Tech-E, vol. 1, no. 2, pp. 16–25, Feb. 2018, [Online]. Available: http://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/te

Prabowo and Damayanti, “E-Marketing Jasa Laundry dengan Metode SOSTAC,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 4, pp. 1–6, Dec. 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

I. Nazulfa and R. Santoso, “SOSTAC sebagai Strategi Pemasaran Digital pada Start-Up Picnicker untuk Meningkatkan Merchant,” JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), vol. 8, no. 1, pp. 1–17, Jan. 2023, doi: 10.32503/jmk.v8i1.3053.

V. A. Gogali, D. Andriana, and M. Tsabit, “Penggunaan KOLs Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Kanzler Di TikTok,” Jurnal Media Penyiaran, vol. 2, no. 2, pp. 110–120, Dec. 2022.

N. Auliya Iqlima, S. R. Tine, and Y. Winoto, “Strategi Komunikasi Pemasan Melalui Media Sosial Instagram (Studi Action Research pada Bisnis The Local Space),” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 2, no. 1, pp. 90–99, Jan. 2023.

R. Fitriani, “Penerapan SOSTAC Model Untuk Perencanaan Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Keripik Khas Lampung,” Jurnal Teknologi Pintar, vol. 2, no. 6, pp. 1–10, 2022.

N. Hidayah et al., “Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC: Studi Kasus Pada Akun Media Sosial Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Lebak, Banten,” Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, vol. 5, no. 2, pp. 57–75, Dec. 2021, doi: 10.34013/jk.v5i2.408.

R. Maulid, “Contoh Teknik Analisis Data SOSTAC dalam Digital Marketing,” DqLab, Sep. 16, 2022. https://dqlab.id/contoh-teknik-analisis-data-sostac-dalam-digital-marketing (accessed Mar. 05, 2023).

Downloads

Published

27-06-2023

Issue

Section

Articles