Identifikasi Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Sistem Informasi Angkatan 2021

Authors

  • Olivia Manurung Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Agatha Cindy Destiani Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Jessica Sugiarto Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Amanda Theresia Andi Lolo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Karen Chai Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7241

Keywords:

ChatGPT, artificial intelligence, thinking ability, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, students

Abstract

Para peneliti sudah mengamati berbagai macam bentuk, karakter, dan tren teknologi yang berkembang dalam masa waktu tertentu. Satu hal yang menonjol di akhir tahun 2022 ini adalah kehadiran salah satu chatbot keluaran OpenAI ini yaitu ChatGPT. Kehadiran ChatGPT ini menjadi pro dan kontra dalam berbagai pihak karena ada yang merasa dirugikan dan sebaliknya ada berbagai pihak yang merasa diuntungkan. Kecerdasan buatan ini menjadi terobosan baru khususnya di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi dan karena itu para peneliti tertarik akan topik ini mengenai dampak ChatGPT terhadap kemampuan berfikir mahasiswa Angkatan 2021 Prodi Sistem Informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan ChatGPT terhadap kapasitas calon mahasiswa khususnya pada Program Studi Informasi Angkatan 2021 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk menghasilkan Informasi . ChatGPT merupakan  salah satu chatbot yang menggunakan teknologi "pre-training" dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi dalam berbagai bidang, khususnya pendidikan. Penelitian ini menetapkan metodologi eksperimental dalam penelitian ini dengan jumlah sampel 57 mahasiswa yang berfungsi sebagai sampel dalam populasi Program Studi Sistem Informasi pada Angkatan 2021.

References

A. Setiawan and U. Luthfiyani, “Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis”, jurnalpetisi, vol. 4, no. 1, pp. 49-58, Feb. 2023.

R. Saputra, A. W. Widodo, dan A. H. Brata, “Pengembangan Sistem Rental Kamera Online”, J-PTIIK, vol. 2, no. 6, hlm. 2221–2226, Sep 2017.

M. Montenegro-Rueda, J. Fernández-Cerero, J. M. Fernández-Batanero, and E. López-Meneses, “Impact of the Implementation of ChatGPT in Education: A Systematic Review,” Computers, vol. 12, no. 8, p. 153, Jul. 2023, doi: 10.3390/computers12080153.

I. Jara and J. M. Ochoa, Usos y Efectos de la Inteligencia artificial en educación, 2020. doi:10.18235/0002380

A. Turing, A. Stephan, and S. Walter, Computing Machinery and Intelligence Englisch/Deutsch = Können Maschinen Denken? Ditzingen: Reclam, 2021.

J. Liang et al., “Adapting language-audio models as few-shot audio learners,” INTERSPEECH 2023, 2023. doi:10.21437/interspeech.2023-1082

X. Zhai, “CHATGPT user experience: Implications for education,” SSRN Electronic Journal, 2022. doi:10.2139/ssrn.4312418

L. Bishop, “A computer wrote this paper: What CHATGPT means for education, research, and writing,” SSRN Electronic Journal, 2023. doi:10.2139/ssrn.4338981

B. Lund and W. Ting, “Chatting about chatgpt: How may AI and GPT Impact Academia and libraries?,” SSRN Electronic Journal, 2023. doi:10.2139/ssrn.4333415

M. Ryznar, “Giving an online exam,” SSRN Electronic Journal, 2020. doi:10.2139/ssrn.3684958

A. Zentner, “Applied Innovation: Artificial Intelligence in higher education,” SSRN Electronic Journal, 2022. doi:10.2139/ssrn.4314180

M. R. Pabubung, “Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) Dan Pentingnya Ilmu Etika Dalam pendidikan interdisipliner,” Jurnal Filsafat Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 152–159, 2021. doi:10.23887/jfi.v4i2.34734

R. Pabubung, Michael, “‘human dignity’ dalam Pemikiran Yohanes Paulus II Dan relevansi untuk dunia masa kini,” Jurnal Teologi, vol. 10, no. 1, pp. 49–70, 2021. doi:10.24071/jt.v10i1.2905

A. M. Battro and S. Dehaene, The Proceedings of the Workshop on Power and Limits of Artificial Intelligence: 30 November-1 December 2016. In Civitate Vaticana: Pontificia Academia Scientiarum, 2017.

A. N. Khomarudin and L. Efriyanti, “Pengembangan Media pembelajaran mobile learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah kecerdasan buatan,” Journal Educative : Journal of Educational Studies, vol. 3, no. 1, p. 72, 2018. doi:10.30983/educative.v3i1.543

A. Tlili et al., “What if the devil is my guardian angel: Chatgpt as a case study of using Chatbots in education,” Smart Learning Environments, vol. 10, no. 1, 2023. doi:10.1186/s40561-023-00237-x

Ö. Aydın and E. Karaarslan, “OpenAI CHATGPT generated literature review: Digital Twin In Healthcare,” SSRN Electronic Journal, 2022. doi:10.2139/ssrn.4308687

A.Janssen et al., "Why do chatbots fail? A critical success factors analysis," Proceedings of the International Conference on Information Systems (ICIS), Forty-Second International Conference on Information Systems, 2021.

A. Shodikin, “Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Tenaga kependidikan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel intervening (Studi Pada universitas Islam Negeri walisongo Semarang),” Jurnal Penelitan Ekonomi dan Bisnis, vol. 3, no. 2, 2018. doi:10.33633/jpeb.v3i2.2297

Y. K. Dwivedi et al., “Opinion paper: ‘so what if chatgpt wrote it?’ multidisciplinary perspectives on opportunities, challenges and implications of Generative Conversational AI for Research, practice and policy,” International Journal of Information Management, vol. 71, p. 102642, 2023. doi:10.1016/j.ijinfomgt.2023.102642

G. Fulk, “Descriptive Statistics, an important first step,” Journal of Neurologic Physical Therapy, vol. 47, no. 2, pp. 63–63, 2023. doi:10.1097/npt.0000000000000434

M. Pradana and H. P. Elisa, “Metaverse in education: A systematic literature review,” Cogent Social Sciences, vol. 9, no. 2, 2023. doi:10.1080/23311886.2023.2252656

A. Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen, 2014.

Downloads

Published

22-12-2023