Pengaruh Bauran Pemasaran Digital sebagai Pengembangan Strategi Pemasaran Menggunakan Model SOSTAC untuk Mendukung Keputusan Pemilihan Kampus
DOI:
https://doi.org/10.24002/konstelasi.v4i1.8855Keywords:
strategi pemasaran, bauran pemasaran, perguruan tinggi, model SOSTACAbstract
Persaingan organisasi tidak hanya terjadi pada perusahaan bisnis saja namun hingga pada tingkat perguruan tinggi. Semakin banyaknya ekspansi dari kampus negeri maupun swasta menyebabkan setiap kampus perlu melakukan pendekatan yang kreatif dan inovatif. Kampus X sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur juga terdorong untuk segera bertindak menyesuaikan dengan kondisi iklim persaingan yang semakin ketat. Pada penelitian ini akan diteliti mengenai pengaruh dari bauran pemasaran dengan menggunakan model Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action dan Control (SOSTAC) sebagai upaya untuk mendukung pengambilan keputusan penentuan strategi digital yang tepat. Penelitian ini menggunakan model kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada informan. nforman yang digunakan adalah staf penerimaan mahasiswa baru pada kampus X. Hasil yang didapatkan adalah dengan model SOSTAC kampus X dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki dan dapat melakukan peningkatan terhadap strategi yang saat ini telah berjalan agar menjadi lebih baik lagi dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Organizational competition occurs not only in business companies but also at the university level. The increasing number of expansions from public and private campuses means that each campus needs to take a creative and innovative approach. Campus X, one of private universities in East Java, is also encouraged to act immediately to adapt to increasingly tight competitive conditions. In this research, the influence of the marketing mix was examined using the SOSTAC model as an effort to support decision-making in determining the right digital strategy. This research uses a descriptive qualitative model by conducting interviews with informants, where the informants used were new student admissions staff at campus X. The results are, with the SOSTAC model, Campus X can find the strengths and weaknesses they have and improve the current strategy so that it becomes even better and in line with the goals to be achieved.
References
IBM, “Digital Experience,” IBM.com, 2024. https://www.ibm.com/topics/digital-experience (accessed Apr. 01, 2024).
A. Ziaie, M. ShamiZanjani, and A. Manian, “Systematic Review of Digital Value Propositions in The Retail Sector: New approach for digital experience study,” Electron. Commer. Res. Appl., vol. 47, no. March 2020, p. 101053, 2021, doi: 10.1016/j.elerap.2021.101053.
We Are Social, “Digital 2023 Indonesia : Platfrom Social Media yang Sering Digunakan di Indonesia 2023,” Wearesocial, p. 56, 2023, [Online]. Available: https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/.
Kompas, “90 Persen Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia Kurang Sehat,” Kompas.com, 2022. https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/21/142744471/90-persen-perguruan-tinggi-swasta-di-indonesia-kurang-sehat (accessed Apr. 21, 2024).
B. G. Ferdira, A. P. N. Gulo, Y. I. D. Nugroho, and J. F. Andry, “Analisis Perilaku Pengguna Aplikasi Mobile Mataharimall.com Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” J. Sist. Inf. Dan Tenologi, vol. 1, no. 2, pp. 107–116, 2018.
H. Sofyan and I. Toriq, “Peran Media Digital dalam Perkembangan Industry Kreatif,” in Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 2018, pp. 676–681.
T. Sulistyowati and N. E. Husda, “Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Digital dengan Pendekatan Model SOSTAC di Universitas Putera Batam,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Sos. dan Teknol., vol. 5, no. September, pp. 45–50, 2023, doi: 10.33884/psnistek.v5i.8062.
A. Wirapraja, N. T. Hariyanti, and H. Aribowo, “Kajian Literatur Dampak dan Pengaruh Digital Influencer Marketing terhadap Perkembangan Strategi Bisnis,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 37–47, 2023, doi: 10.24002/konstelasi.v3i1.7098.
S. Hasan, S. Awalia, N. S. Sihombing, I. Hakim, and Juliana, Pemasaran Jasa, 1st ed. Purwokerto: CV. Pena Persada, 2022.
J. E. Tarihoran, M. I. Mardiani, N. D. Putri, R. S. Novareila, A. Sofia, and I. F. A. Prawira, “Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-Up di Indonesia,” J. Ilm. Kreat., vol. 9, no. 1, pp. 72–78, 2021.
H. Malarangan, M. Salim, and A. Haekal, “Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu,” J. Ilmu Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 2, no. 2, pp. 75–88, 2020, doi: 10.24239/jiebi.v2i2.33.75-88.
R. Pawestri and U. Suji’ah, “Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Viva Di Daerah Istimewa Yogyakarta,” Joaen J. Acad. Entrep., vol. 1, no. 01, pp. 1–23, 2023.
F. T. Nuryani, N. Nurkesuma, and B. Hadibrata, “Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 4, pp. 452–462, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.
C. R. T. Simanjuntak, Nazaruddin, and R. P. Wibowo, “Strategi Pengembangan Digital Marketing pada PT. X Dengan Menggunakan Metode SOSTAC,” JIMEA J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. dan Akuntansi), vol. 8, no. 1, pp. 1372–1387, 2024.
L. D. Sanga, “Strategi Komunikasi Pemasaran Stie Bentara Persada dengan Metode Sostac Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa,” TRACTARE J. Ekon. Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 237–246, 2023.
I. Kelvianto and R. H. Mustamu, “Implementasi Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance untuk Keberlanjutan Usaha pada Perusahaan yang Bergerak di Bidang Manufaktur Pengolahan Kayu,” Agora, vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2018.
N. P. Raharjo and M. Rofiuddin, “Strategi Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Bringin Kecamatan Montong Kabupaten Tuban,” Widya Cipta J. Sekr. dan Manaj., vol. 6, no. 2, pp. 168–175, 2022, doi: 10.31294/widyacipta.v6i2.12754.
N. W. Widhiasthini and N. S. Subawa, “Sisi Lain Praktek Transportasi Online Sebagai Transformasi Ekonomi Politik Di Era Revolusi Industri 4.0,” Public Adm. J., vol. 1, no. 4, 2019.
S. R. Khoirunnisa, W. Wiyani, and E. A. Susilo, “Relationship Between Customer, Cost, Convenience, and Communication on Consumer Buying Decisions,” J. Penelit., vol. 19, no. 2, pp. 106–117, 2023, doi: 10.26905/jp.v19i2.9246.
M. Z. Almursyid, “Analisis Strategi Pemasaran Kampus Swasta di Kota Samarinda (Studi pada Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda),” BULLET J. Multidisiplin Ilmu, vol. 2, no. 1, pp. 109–116, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/2174.