Rancang Bangun Sistem Informasi Gemilang Salon Berbasis Website dengan Metode Waterfall

Authors

  • Nadya Caroline Butar-butar Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Rachel Graceya Emanuella Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Generosa Lukhayu Pritalia Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v4i1.9148

Keywords:

sistem informasi, website, metode waterfall, black box testing, layanan treatment

Abstract

Perkembangan teknologi semakin maju dan menggiring transformasi perubahan, khususnya dalam sektor bisnis. Gemilang Salon merupakan sebuah salon yang bergerak dalam bidang jasa untuk melayani berbagai perawatan sesuai kebutuhan pelanggan. Gemilang Salon baru saja beroperasi menjelang satu tahun dan masih menggunakan metode yang manual yakni melakukan pencatatan secara pembukuan setiap harinya. Gemilang Salon mengalami kesulitan dalam pengelolaan transaksi penjualan layanan perawatan. Hal ini menyebabkan informasi dalam data tidak sesuai dikarenakan kehilangan pencatatan sehingga ketidaksinkronan uang pemasukan dengan pembukuan. Tujuan penelitian ini adalah mengotomatisasikan proses bisnis yang manual menjadi sistem terkomputerisasi dalam sistem informasi berbasis website. Penelitian ini menggunakan metode Waterfalldikarenakan metode ini memiliki langkah secara berurutan dan sistematis sehingga perancangan sistem lebih terstruktur. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengujian terhadap fungsionalitas perangkat lunak yang dikembangkan menggunakan black box testing. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menghasilkan proses kelola transaksi penjualan layanan perawatan. Data hasil pengujian black box testing terhadap 4 fungsi; entry, cari, hapus, ubah tersebut dinyatakan sistem berjalan dengan baik dan bisa digunakan untuk keperluan proses transaksi layanan perawatan Gemilang Salon.

The development of technology is increasingly advanced and leads to the transformation of change, especially in the business sector. Gemilang Salon is a salon engaged in services to serve various treatments according to customer needs. Gemilang Salon has only been operating for about a year and still uses a manual method, namely keeping records in bookkeeping every day. Gemilang Salon has difficulty managing treatment service sales transactions. This causes the information in the data to be inaccurate due to loss of records resulting in unsynchronized income with bookkeeping. The purpose of this research is to automate manual business processes into a computerized system in a website-based information system. This research uses the Waterfall method because this method has sequential and systematic steps so that the system design is more structured. In this study also tested the functionality of the software developed using black box testing. The result of this research is a website that produces a process of managing treatment service sales transactions. Data from black box testing results on 4 functions: entry, search, delete, and change, it is stated that the system runs well and can be used for the Gemilang Salon treatment service transaction process.

References

Y. Farlina, J. M. Hudin, and E. Wati, “Perancangan Sistem Informasi E-Business Berbasis Customer Relationship Management (CRM),” Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST), 2017.

A. Mulyawan, D. Rosadi, and S. Mardira Indonesia, “Sistem Informasi Customer Relationship Management CV. Junindo Pratama,” Jurnal Computech & Bisnis, vol. 13, 2019.

R. Sutjiadi and M. S. Kurniawan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Presensi dan Penggajian Karyawan Berbasis Client/Server: Studi Kasus PT. Medex Prima,” KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, 2023.

PSPPR UGM, “Road Map Kota YOGYAKARTA Menuju Smart City,” Yogyakarta, 2016.

G. Sekarini and S. Susanti, “Rancang Bangun Aplikasi Kasir PADA CV. Jois Salon,” eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), vol. 2, 2021.

M. A. Candra and I. A. Wulandari, “Sistem Informasi Berprestasi Berbasis Web Pada SMP NEGERI 7 Kota Metro,” Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer (JMIK), vol. 01, Mar. 2021.

I. N. Hendi, “Rancang Bangun SIstem Informasi Desa Binaan Universitas Pembangunan Panca Budi Berbasis Web,” Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan, 2020.

E. Listiyan and E. R. Subhiyakto, “Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Di CV. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah),” KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi.

N. Hidayati, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” Generation Journal, vol. 3, no. 1, 2019.

W. Erawati, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dengan Pendekatan Metode Waterfall,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 3, Mar. 2019.

M. Q. Khairuzzaman, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Electronic Customer Relationship Management(E-CRM) PT. Delta Jaya Motor Singkawang,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 4, 2016.

L. F. B. Dewi and Anharudin, “Aplikasi E-Booking Salon Berbasis Web Pada Dhiva Zahra Salon Dan Spa Cilegon-Banten,” Jurnal PROSISKO, vol. 6, 2019.

E. Pabianan and C. Dewi, “Perancangan Global Positioning System (GPS) Pada Sistem Presensi Online Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 6, 2023.

R. Manis, W. Setiyaningsih, and W. Kuswinardi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Laptop Berbasis Web Dengan Metode Waterfall,” Jurnal Terapan Sains & Teknologi, vol. 3, 2021.

Kurniawati and M. Badrul, “Penerapan Metode Waterfall Untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang,” Jurnal PROSISKO, vol. 8, 2021.

I. H. Al Amin and K. A, “Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) di CV. Matahari Digital Printing Semarang,” Jurnal Dinamika Teknik, vol. 8, 2014.

F. K. S. Dewi, S. P. Adithama, and A. T. Suhardi, “Pengujian Aplikasi Doctor to Doctor Menggunakan Metode Black Box Testing,” KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, 2023.

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions Blackbox Testing of PT Inka (Persero) Employee Performance Assessment Information System Based on Equivalence Partitions,” Jurnal Digital Teknologi Informasi, vol. 4, 2021.

F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 4, 2019.

Downloads

Published

27-06-2024

Issue

Section

Articles