Dampak Kampus Mengajar "Digital Marketing" terhadap Minat Pengembangan Bisnis Siswa

Authors

  • Grace Angelina Gunawan Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Maranatha
  • Julianti Kasih Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.24002/konstelasi.v4i1.9185

Keywords:

bisnis, motivasi intrinsik, pemasaran digital, pembelajaran, pemodelan persamaan struktural

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, pemasaran tradisional mengalami transformasi signifikan menuju digital marketing, yaitu strategi pemasaran yang mengoptimalkan penggunaan media digital. Melalui kegiatan Kampus Mengajar, pembelajaran digital marketing diberikan kepada siswa SMA guna menghadapi era bisnis digital. Masalah yang diteliti pada penelitian  ialah untuk mengetahui dampak pembelajaran digital marketing dan motivasi intrinsik siswa terhadap minat pengembangan bisnis. Selain itu, akan dianalisis juga persepsi siswa terhadap pembelajaran yang diberikan serta hasil yang diperoleh dari pembelajaran ini. Analisis dilakukan menggunakan structural equation modeling, dengan dua jenis pengukuran: measurement model untuk mengukur hubungan antara manifestasi dan konstruk, serta structural model untuk mengukur hubungan antar konstruk dengan menggunakan Software SPSS AMOS 26. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 siswa. Variabel konstruk yang digunakan melibatkan usefulness, ease of use, intrinsic motivation,  dan business interest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran dan motivasi intrinsik terhadap minat pengembangan bisnis siswa. Namun, terdapat pengaruh yang signifikan antar motivasi intrinsik terhadap persepsi pada pembelajaran digital marketing. Secara umum, kinerja siswa dalam mengikuti pembelajaran digital marketing dinilai baik.

In the rapidly evolving digital era, traditional marketing has undergone a significant transformation towards digital marketing, a strategy that optimizes the use of digital media. Through the Kampus Mengajar program, digital marketing education is provided to high school students to prepare them for the digital business era. The problem studied in this report is determining the impact of digital marketing education and students' intrinsic motivation on their interest in business development. In addition, students’ perceptions  of the education provided and program outcomes will be analyzed. The analysis was carried out using Structural Equation Modeling, a measurement model to measure the relationship between manifestations and constructs, and a structural model to measure the relationship between constructs. The data was processed using SPSS AMOS 26. Research data was obtained through questionnaires distributed to 100 students. Usefulness, Ease of Use, Intrinsic Motivation, and Business Interest were the construct variables. The research findings show no significant influence between education and intrinsic motivation on students' interest in business development. However, intrinsic motivation and perception significantly influence digital marketing education. Overall, student performance in Digital Marketing education is considered satisfactory.

References

J. Afifi, "Moving Now untuk Segera Memulai Bisnis," in Ogah Jadi Orang Gajian, Ah!, Yogyakarta, Penerbit Suka Buku, 2015, pp. 46-54.

N. Muna, "Trend Millenial Berbisnis," in Millenial & Bisnis : Strategi Meningkatkan Produktivitas Generasi Millenial dengan Berbisnis, Kabupaten Purbalingga, Eureka Media Aksara, 2021, pp. 18-20.

P.Kotler, H. Kartajaya and I. Setiawan, "Tren Fundamental yang Membentuk Pemasaran," in Bergerak dari Tradisional ke Digital, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 2019, pp. 6-8.

T. Rachmadi, "Pengertian Digital Marketing," in The Power of Digital Marketing, Bandar Lampung, Penerbit TIGA EBook, 2020, pp. 3-5.

A. P. Wati, J. A. Martha and A. Indrawati, "Digital Marketing," in DIGITAL MARKETING, Malang, PT. Literindo Berkah Karya, 2020, pp. 10-20.

A. Agung, "Pengertian Digital Marketing," in The Fundamental of Digital Marketing, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2021, pp. 7-9.

A. Rauf, "Pengertian Digital Marketing," in Digital Marketing: Konsep dan Strategi, Cirebon, Penerbit Insania, 2021, pp. 1-10.

R. S. Al-Mahiroh and S. Suyadi, "Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam," Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, vol. 12, no. 2, pp. 118-119, 2020.

M. S. Hanafy, "Konsep Belajar dan Pembelajaran," Jurnal Lentera Pendidikan, vol. 17, no. 1, pp. 66-79, 2014.

Saefiana, F. D. Sukmawati, Rahmawati, D. A. M. Rusnady, Sukatin and Syaifuddin, "Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar," Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , vol. 3, no. 1, pp. 150-158, 2022.

F. Mahadi, M. R. Husin and N. M. Hassan, "Learning Style: Visual, Auditory and Kinesthetic," Journal of Humanities and Social Sciences, vol. 4, no. 1, pp. 29-36, 2022.

A. Matondang, "Pengaruh Antara Minat dan Motivasi dengan Prestasi Belajar," Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 24-32, 2018.

S. P. Astuti, "Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika," Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 5, no. 1, pp. 68-75, 2015.

Y. L. Putri and A. Rifai, "Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C," Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, vol. 3, no. 2, pp. 173-184, 2019.

F. H. Nasution, "Peran Administrasi Perkantoran dalam Dunia Bisnis," Jurnal Ilmiah Warta Dharmawangsa, vol. 49, no. 1, pp. 4-8, 2016.

R. H. Arnesih, "Bisnis," in Pengantar Bisnis, Yogyakarta, Penerbit Absolute Media, 2023, pp. 4-7.

B. Butarbutar, "Peranan Etika Bisnis dalam Bisnis," Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 1, no. 2, pp. 187-195, 2019.

B. Dhevyanto, "Pengertian Bisnis," in Pengantar Bisnis Ilmu Manajemen, Indramayu, Penerbit Adab, 2020, pp. 6-7.

I. H. Santi and B. Erdani, "Pendahuluan TAM," in Technology Acceptance Model (TAM), Pekalongan, Penerbit NEM, 2021, pp. 2-4.

R. M. Ryan and E. L. Deci, "Self-Determination Theory," Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, pp. 1-7, 2022.

M. Conner, "Theory of Planned Behaviour," Handbook of Sport Psychology, pp. 1-18, 2020.

D. Prawita and A. D. Cahya, "Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Observasi UMKM dan Digital Marketing terhadap Intensi Mahasiswa Berwirausaha di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19," Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, vol. 9, no. 2, pp. 9-11, 2022.

I. L. Tobing and N. P. Rahmayanti, "Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Enterpreneur Melalui Praktik Bisnis Gila Marketing," Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, vol. 10, no. 1, pp. 7-10, 2020.

S. A. Martinez, L. A. Beebe, D. M. Thompson, T. L. Wagener, D. R. Terrell and J. E. Campbell, "A structural equation modeling approach to understanding pathways that connect socioeconomic status and smoking," PLOS ONE, vol. 13, no. 2, 2018.

Downloads

Published

27-06-2024

Issue

Section

Articles