Pengaruh YouTube Fiki Naki Terhadap Minat Belajar Bahasa Asing Mahasiswa UIN Suska Riau
DOI:
https://doi.org/10.24002/prosidingkonstelasi.v2i1.10933Keywords:
Pengaruh YouTube, Minat Belajar, BahasaAbstract
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi atas maraknya penggunaan media sosial terutama YouTube yang mana pada saat ini digunakan sebagai sarana informasi dan hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh YouTube Fiki Naki terhadap minat belajar bahasa asing mahasiswa UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 150 dan jumlah sampel 110 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner (google form) dengan 5 opsi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh YouTube Fiki Naki memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar Bahasa asing mahasiswa UIN Suska Riau. Hasil kontribusi secara parsial bahwa variabel X terhadap 4 indikator, terdapat kontribusi paling tinggi terdapat pada indikator Perasaan Senang (Y1) dengan nilai 0,519 dan kontribusi paling rendah terdapat pada indikator Perhatian (Y4) dengan nilai 0,37. Secara general, variabel Pengaruh YouTube Fiki Naki (∑X) terhadap (∑Y) dengan nilai 0,537 > 0,05 berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Belajar Bahasa.Dan variabel X memiliki pengaruh sebesar 28,8% sedangkan sisanya sebesar 71,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Pengaruh YouTube; Minat Belajar; Bahasa
Abstract. This research is motivated by the widespread use of social media, especially YouTube, which is currently used as a means of information and entertainment. This research aims to analyze the influence of YouTube Fiki Naki on students' interest in learning foreign languages at UIN Suska Riau. This research used quantitative methods with a population of 150 and a sample size of 110 people. The data collection technique uses a questionnaire (google form) with 5 options. The data analysis technique uses simple linear regression analysis and hypothesis testing. The research results show that the influence of YouTube Fiki Naki has a significant influence on the interest in learning foreign languages of UIN Suska Riau students. The partial contribution results show that variable in general, the variable Influence of YouTube Fiki Naki (∑X) on (∑Y) with a value of 0.537 > 0.05 has a significant effect on the variable Interest in Learning Languages. And the variable by other factors not examined in this study.
Keywords: Influence of Youtube; Interest in Learning; Languages
References
[1] F. A. Lubis, “Pengaruh Tayangan 2gether: The Series Terhadap Minat Belajar Bahasa Thailand,” 2022.
[2] A. S. N. Afifah, and Luluatu Nayiroh. “Pengaruh Tayangan YouTube Channel GMMTV OFFICIAL Terhadap Minat Belajar Bahasa Thailand,” no. 3, 2023.
[3] J. Juitania, and I. G. A. Indrawan, “Dampak Penggunaan Konten Youtube terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Pamulang,”. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), no. 1, 2020.
[4] A. Eriyawati, M. Mayasari, and M. Ramdhani, “Pengaruh YouTube Atta Halilintar Terhadap Motivasi Bagi Mahasiswa,” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 5, no. 2, p. 139, 2020.
[5] Apriansyah, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel,” Jurnal Digital Teknologi Informasi 1, no. 2, p. 64, 2020.
[6] A. Nasher, and N.N. Amani “Pengaruh Vlog Youtube Jerome Polin Terhadap Minat Siswa Smanu M.H. Thamrin Melanjutkan Studi Ke Jepang. Mediakom,” Jurnal Ilmu Komunikasi 4, no. 2, pp. 167-177, 2020.
[7] H. Fransisca, “Analisis minat masyarakat pengguna platform YouTube sebagai media komunikasi digital masa kini,” 2022.
[8] R. Aulia and S. Delliana, “Pengaruh Konten Youtube Ria Ricis Terhadap Agresi Verbal Netizen,” no. 1, p. 11, 2022.
[9] F. Addinda, “Pengaruh Tontonan Berbahasa Inggris Dalam Media Sosial Youtube Pada Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Umur Tujuh Tahun” no. 1, p. 6, 2020.
[10] H.K. Ulya, “Hubungan Tayangan Channel Youtube Kimbab Family dengan Minat Belajar Bahasa Korea pada Subscribers. Communication Management,” no. 2, p. 2, 2022.
[11] Dailyasia, “Biodata, Profil dan Fakata Fiki Naki,” Dailyasia. 2022.
[12] N. Eny, M. M. Sri, and D.I. Wy, “Fiki Naki’s Subtitling Strategies in YouTube Channel,” 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership:Atlantis Press, pp. 605-607, 2021
[13] C. D Vreese, “Measuring Media Exposure in a Changing Communications Environtment,” Communication Methods and Measures. vol. 10, 2016.
[14] S. Endang. “Audience Research Sari, Pengantar Studi Penelitian, Pendengar, dan Pemirsa,” Yogyakarta: Andi Offset, 1993.
[15] E. Ardianto, “Metodologi Penelitian Untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif,” Bandung: Simbiosa Rekatama, 2007.
[16] D. Bugiardo, “Berkomunikasi ala Next-Generation. Elek Media Komputindo,: 2015.
[17] A. Tamburaka, “Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media,” Jakarta: PT. Rajagrafindo, 2013.
[18] A. Abraham, “Sukses Menjadi Artis dengan YouTube,” Surabaya: Reform Media, 2011.
[19] Priansyah, R. Prayoga, I. Satriani and M. Muslim, “Pengaruh Terpaan Tayangan Youtube Dehakims Terhadap Sikap Orangtua Mengenai Anak Menonton Satwa. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi 6, no. 1, pp. 19-28, 2022.
[20] A. Sudjanto, “Psikologi Umum,” Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
[21] A. Sabri, “Psikologi Pendidikan,” Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.
[22] M. Syah, “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.” 2001.