Sistem Pendukung Keputusan Sanksi Pelanggaran Siswa Menggunakan Metode SMART Berbasisw Web

Authors

  • Naila Adiba Husein Universitas Ibrahimy
  • Ahmad Lutfi Universitas Ibrahimy
  • Irma Yunita Universitas Ibrahimy

DOI:

https://doi.org/10.24002/prosidingkonstelasi.v2i1.11221

Keywords:

Sistem pendukung keputusan, peraturan, hukuman pelanggaran, Metode SMART

Abstract

Sekolah MTS Al-Hidayah memiliki berbagai aturan dan kode etik yang harus diikuti oleh siswa seluruh. Aturan tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang teratur dan kondusif. Namun seringkali ditemukan pelanggaran terhadap aturan yang ada, baik oleh siswa yang sengaja melanggar maupun yang tidak menyadari tindakannya melanggar. Hal ini menyebabkan perlunya tindakan dari pihak sekolah, khususnya Guru Bimbingan Konseling (BK), untuk memberikan hukuman yang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Namun, proses pemberian hukuman sering kali menjadi permasalahan, terutama jika hukuman yang diberikan dianggap subyektif atau tidak adil. Hal ini dapat memicu ketidaksepakatan antara guru BK dan pihak sekolah lainnya, karena setiap guru memiliki pandangan dan standar yang berbeda-beda dalam menentukan jenis sanksi yang diberikan. Untuk mengatasi permasalahan ini, metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound) diusulkan sebagai solusi dalam penentuan keputusan bagi siswa yang melanggar aturan. Metode SMART dapat memberikan pedoman yang lebih jelas dan obyektif dalam pemberian hukuman. Dalam sistem ini, Guru BK akan memiliki akses ke halaman dashboard admin yang memungkinkan mereka untuk mengelola berbagai data yang berkaitan dengan pelanggaran siswa, seperti data pribadi siswa, jenis pelanggaran yang dilakukan, jenis sanksi yang diterapkan, serta aturan yang relevan. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan Guru BK untuk membuat laporan yang memuat informasi terkait pelanggaran dan tindak lanjut yang dilakukan, sehingga memberikan transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik. Dengan adanya metode SMART, diharapkan setiap pelanggaran yang dilakukan siswa dapat ditanggapi secara objektif dan adil. Setiap keputusan yang diambil oleh Guru BK akan didasarkan pada data yang terukur dan jelas, mengurangi kemungkinan terjadinya keputusan yang bias atau tidak konsisten. Selain itu, sistem ini dapat mempermudah proses evaluasi dan monitoring terhadap tindakan disiplin yang diberikan, sehingga dapat tercipta lingkungan sekolah yang lebih tertib dan disiplin. Penerapan metode SMART juga diharapkan dapat membantu mengurangi ketidakpuasan di kalangan siswa dan orang tua, serta meningkatkan pemahaman bersama mengenai pentingnya mengikuti aturan di sekolah.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles