Analisis Kepuasan Penggunaan SIAKAD Dengan Metode End User Computing Satisfaction pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Authors

  • Evi Novita Gultom Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Felix Christian Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Grace Carolina Sarumpaet Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Mikael Bramantyo Febrian Wibowo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Putri Nastiti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/prosidingkonstelasi.v2i1.11301

Keywords:

kepuasan pengguna, sistem KRS, SIAKAD, EUCS

Abstract

Saat ini, teknologi memiliki perkembangan yang pesat. Tentunya akan berdampak bagi lingkungan sekitar, salah satunya bagi sektor pendidikan. Dalam sektor pendidikan telah memanfaatkan teknologi dalam menyusun Kartu Rencana Studi (KRS) yang dilakukan secara daring. Meskipun telah dimanfaatkan dengan baik, masih terdapat celah yang dapat memengaruhi kepuasan pengguna. Kepuasan pengguna berpengaruh terhadap intensitas penggunaan sebuah produk. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan pengguna terhadap SIAKAD sebagai sarana sistem KRS pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan End User Computing Satisfaction (EUCS). Data didapatkan melalui survei berupa kuesioner dengan melibatkan mahasiswa aktif Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebagai responden.

References

[1] R. A. Purwati, E. Nuraina, and E. E. Yusdita, “Studi Fenomenologi Perilaku Mahasiswa Pengguna Krs Online,” Jurnal Akuntansi Kontemporer, vol. 13, no. 1, pp. 51–64, 2021, doi: 10.33508/jako.v13i1.2699.

[2] I. N. Astutik, Y. Amrozi, and F. Muslihul Amin, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Di UIN Sunan Ampel Surabaya Menggunakan End User Computing Satisfaction,” Jurnal Syntax Admiration, vol. 2, no. 11, pp. 2096–2104, Nov. 2021, doi: 10.46799/jsa.v2i11.333.

[3] N. Shofa and E. L. Tri Lestari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, “Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Aplikasi KRS Online terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya,” 2021. [Online]. Available: http://journal.febubhara-sby.org/uaj

[4] J. N. Tunliu and T. A. Kurniawan, “Pengembangan Sistem Manajemen Kartu Rencana Studi (KRS) berbasis Web (Studi Kasus: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu),” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[5] J. N. Tunliu and T. A. Kurniawan, “Pengembangan Sistem Manajemen Kartu Rencana Studi (KRS) berbasis Web (Studi Kasus: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu),” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[6] M. Nufus, N. Adhalia, I. Airanda, M. Akbar, S. Maulana, and J. Salat, “Analisis Antarmuka Pengguna Pada KRS Online Dengan Pendekatan Human Computer Interaction (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Jabal Ghafur),” 2024.

[7] L. U. Hasanah, U. Inayatun, T. Amelia, and I. Setiawan, “Analisis Pengukuran Layanan Website Student Amikom Purwokerto dengan Menggunakan Framework ITIL V4,” Jurnal Sistem Informasi (TEKNOFILE), vol. 2, pp. 913–920, 2024.

[8] P. Hari Adi, “Partisipasi Pengguna dalam Pengembangan Sistem Informasi (Telaah Literatur),” 2006. [Online]. Available: http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php?DepartmentID=AKU

[9] N. Adha Oktarini Saputri, “Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna pada Portal Program Studi Sistem Informasi Bina Darma Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 2, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://journal-isi.org/index.php/isi

[10] Prof. Dr. Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,”, Bandung: CV.Alfabeta, 2013.

[11] S. H. Rosyida, R. Priantilianingtiasari, M. Bisnis, S. Uin, and A. R. Tulungagung, “Pengaruh kualitas layanan, nilai pelanggan dan letak geografis terhadap loyalitas pelanggan pada via salon Trenggalek,” Jurnal Maneksi, vol. 12, no. 3, 2023.

[12] A. Budi Pratomo, M. A. Kurnia Harahap, T. Oswari, P. M. Akhirianto, and A. Widarman, “The Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) to Analyze the Satisfaction of MyPertamina User,” Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, pp. 78–83, Apr. 2023, doi: 10.37034/jsisfotek.v5i1.205.

[13] R. Akbar, A. Salam, P. Studi Manajemen Informatika, S. Indonesia Banda Aceh, K. Banda Aceh, and P. Aceh, “Jurnal Sistem Komputer (SISKOM) Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Institut Seni Budaya Indonesia Aceh,” 2024. [Online]. Available: https://journal.stmiki.ac.id

[14] N. Shofa and E. L. Tri Lestari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, “Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Aplikasi KRS Online terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya,” 2021. [Online]. Available: http://journal.febubhara-sby.org/uaj

[15] J. Khatib Sulaiman, A. Salsabila Ariska, M. Rudi Sanjaya, and U. Sriwijaya, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Berbasis Website Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Indonesian Journal of Computer Science Attribution, vol. 12, no. 6, pp. 2023–4038.

[16] J. Khatib Sulaiman, A. Salsabila Ariska, M. Rudi Sanjaya, and U. Sriwijaya, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Berbasis Website Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Indonesian Journal of Computer Science Attribution, vol. 12, no. 6, pp. 2023–4038.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles