Pengaruh Sosial Media TikTok terhadap Impulsive Buying di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2023

Authors

  • Vania Bella Christina Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Stefhen Fernandio Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Efraim Emmanuel Ransa Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Steve Anggana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/prosidingkonstelasi.v2i1.11314

Keywords:

implusive buying, TikTok, TikTokShop, Mahasiswa

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku pembelian impulsif di kalangan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2023. Pembelian impulsif merupakan pembelian yang dilakukan tanpa rencana terlebih dahulu oleh konsumen, pembelian ini banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti promosi, diskon, dan sebagainya. TikTok memanfaatkan fitur livestreaming dan TikTok Shop yang termasuk fitur interactive serta memungkinkan konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui survei online dengan Google Form, melibatkan 96 responden yang dipilih menggunakan teknik probability sampling. Analisis data menggunakan bantuan statistik deskriptif untuk mengidentifikasi serta mengaitkan pola dan tren perilaku pembelian impulsif. 

References

[1] D. Kurnia and I. Jauhari, “FENOMENA IMPULSE BUYING: KEKUATAN LIVE STREAMING, PRICE DISCOUNT, DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER PADA PENGGUNA TIKTOK,” vol. 3, no. 4, 2024, doi: 10.56127/jukim.v3i04.

[2] S. Yulia Amanda and I. Agama Islam Tazkia Bogor Figo Alimbel Politeknik Caltex Riau Miftakhus Surur, “Pengaruh Social Media, Shopping Lifestyle, Dan Customer Experience Terhadap Perilaku Impulse Buying Gen Z Melalui E-Commerce,” vol. 1, pp. 171–180, doi: 10.61722/jrme.v1i2.1262.

[3] D. Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, A. Yulius, A. Aprillia, F. Bisnis, and U. Kristen Maranatha, “PENGARUH LIVE STREAMING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PLATFORM TIKTOK,” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj. TERAKREDITASI SINTA, vol. 4, no. 4, pp. 809–821, 2023, [Online]. Available: www.jim.usk.ac.id/ekm

[4] A. P. Wijaya, A. Nurcahyani, and Dewi Kurniaty, “The Impact Of Tiktok Live Information On Impulsive Buying Behavior,” Int. J. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 439–455, 2023, doi: 10.54209/ekonomi.v13i04.

[5] A. Adyantari, A. Yuan, C. Didalunanda, and V. Y. Dharomesz, “Impulsive Buying Behavior in Live Streaming Shopping Mechanism : Do Fear of Missing Out Matter ?,” vol. 9, no. 1, pp. 32–49, 2025.

[6] A. Susanti and Z. R. Wijaya, “PENGARUH DIGITAL CUSTOMER BEHAVIOR TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MAHASISWA SUKABUMI,” vol. 2, no. 2, 2022.

[7] M. A. Hasim, M. F. Shamsudin, A. M. Ali, and S. Shabi, “The relationship between sales promotions and online impulse buying in Malaysia,” Opcion, vol. 34, no. Special Issue 16, pp. 295–308, 2018.

[8] L. Riyani, C. Jerry Kusmiadi, and U. Widya Gama Mahakam Samarinda, “" FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU IMPULSE BUYING MELALUI MEDIA TIKTOK SHOP,” 2023.

[9] T. H. Minh Trinh and A. Tho To, “Exploring the Drivers of Impulsive Shopping on TikTok Shop: An SOR Model Perspective,” J. Inf. Syst. Eng. Manag., vol. 10, pp. 308–321, 2025, doi: 10.52783/jisem.v10i13s.2035.

[10] L. N. Ramadhani and D. A. Nugroho, “Pengaruh Live Streaming, Flash Sale, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulsive Buying,” J. Manaj. Pemasar. dan Perilaku Konsum., vol. 3, no. 1, pp. 207–215, 2024, doi: 10.21776/jmppk.2024.03.1.21.

[11] B. H. K. Dwitya and A. Hartono, “An Investigation of Live Stream Shopping Via TikTok: The Role of Perceived Enjoyment in Impulsive Buying,” J. Econ. Manag. Trade, vol. 29, no. 12, pp. 54–65, 2023, doi: 10.9734/jemt/2023/v29i121175.

[12] M. I. N. Susiang, D. A. Suryaningrum, A. Masliardi, E. Setiawan, and F. Abdillah, “Enhancing Customer Experience through Effective MarketingStrategies: The Context of Online Shopping,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 2, pp. 437–447, 2023.

[13] A. T. Wiranata and A. Hananto, “Do Website Quality, Fashion Consciousness, and Sales Promotion Increase Impulse Buying Behavior of E-Commerce Buyers?,” Indones. J. Bus. Entrep., vol. 6, no. 1, pp. 74–85, 2020, doi: 10.17358/ijbe.6.1.74.

[14] A. Helma, M. Putri, and A. D. Khoiryasdien, “Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian skincare wajah pada mahasiswi di Yogyakarta di tinjau dari tingkat pendapatan,” 2024.

[15] N. R. Febriandika, A. P. Utami, and A. N. Millatina, “Online impulse buying on TikTok platform: Evidence from Indonesia,” Innov. Mark., vol. 19, no. 3, pp. 197–210, 2023, doi: 10.21511/im.19(3).2023.17.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles