Optimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Engagment pada UMKM Cafe KopiOn Melalui Konten Digital
DOI:
https://doi.org/10.24002/prosidingkonstelasi.v2i1.11322Keywords:
Sistem Pendukung Keputusan, Cafe, Weighted Product, Website, Balckbox TestingAbstract
UMKM memiliki peran penting dalam ekonomi lokal, tetapi banyak yang masih menghadapi tantangan dalam pemasaran digital, termasuk Kopion, sebuah kafe yang menargetkan mahasiswa dan pekerja muda. Meskipun memiliki akun media sosial, engagement Kopion, terutama di TikTok, mengalami penurunan akibat ketidakkonsistenan dalam pembuatan konten dan periode inaktivitas. Padahal, TikTok memiliki potensi besar untuk meningkatkan visibilitas bisnis melalui konten yang menarik dan interaktif. Program pengabdian ini bertujuan untuk membantu Kopion mengoptimalkan strategi pemasaran digitalnya dengan metode optimalisasi media sosial, produksi konten kreatif, dan evaluasi performa engagement. Fokus utama pelatihan adalah strategi konten TikTok, mencakup teknik videografi, editing, storytelling yang menarik, serta pemanfaatan tren viral untuk meningkatkan interaksi pelanggan. Dengan kegiatan ini, diharapkan engagement media sosial Kopion meningkat, menarik pelanggan baru, serta mempertahankan pelanggan setia. Selain itu, tim Kopion akan memperoleh wawasan tentang strategi pemasaran digital yang berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan daya saing dan eksistensi bisnisnya dalam industri kuliner.
References
[1] R. Wahdiniwaty et al., “Transformasi Digital Marketing : Meningkatkan Interaksi dan Kunjungan Konsumen melalui Media Sosial,” vol. 6, no. 1, pp. 835–839, 2025.
[2] L. Digital, B. Guru, D. A. N. Calon, G. Sekolah, S. Penunjang, and P. Dan, “3 1,2,3,” vol. 2, no. 01, pp. 87–94, 2022.
[3] F. Chairunnisa, D. M. F. Aira, G. Y. Rosyid, S. Rosita, and H. Hasbullah, “Pelatihan Pembuatan Konten dan Digital Marketing Produk UMKM di Kecamatan Palayangan,” J. Inovasi, Teknol. dan Dharma Bagi Masy., vol. 5, no. 3, pp. 77–81, 2023.
[4] N. P. N. Anggraini, N. W. Rustiarini, and I. K. S. B. Satwam, “Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 6, p. 4888, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i6.11216.
[5] B. M. Purwaamijaya, O. Herdiana, A. Prehanto, S. S. Maesaroh, and R. G. Guntara, “Pelatihan Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Sosial Media Tiktok,” JILPI J. Ilm. Pengabdi. dan Inovasi, vol. 1, no. 2, pp. 133–140, 2022, [Online]. Available: https://journal.insankreasimedia.ac.id/index.php/JILPI
[6] A. Syafira and A. Rohman, “Penerapan Strategi Promosi Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen Di Mie Marlena, Banyu Sangkah Tanjung Bumi Bangkalan,” J. Media Akad., vol. 2, no. 6, pp. 1–21, 2024.
[7] A. R. Fatkhu et al., “Pelatihan Pembuatan Konten Digital untuk Mendukung Kegiatan Promosi pada UMKM Seblak di Kedung Waringin Digital Content Creation Training To Support Promotional Activities At Umkm Seblak In Kedung Waringin Universitas Pelita Bangsa , Indonesia insentif at,” 2024.
[8] D. Purnomo, E. Darlin, I. Hanarti, P. Tiktok, and P. Penjualan, “OPTIMALISASI PENGGUNAAN PLATFORM TIKTOK DALAM,” vol. 2, no. 3, pp. 115–121, doi: 10.58738/publica.v2i3.46.
[9] E. Rate, “Jurnal Smart Teknologi Analisa Engagement Rate Untuk Optimalisasi Pemasaran Di Instagram Pada UMKM Online Berbasis Website Jurnal Smart Teknologi,” vol. 4, no. 3, pp. 274–285, 2023.
[10] J. Jurnal and I. Mea, “BRANDING UMKM EYO SEBAGAI STRATEGI DIGITAL,” vol. 9, no. 1, pp. 1057–1069, 2025.
[11] T. Mardiana, I. Elyana, D. Nur Sulistyowati, Kanaya Salsabila Setiawan, Nur Khofifah, and Nakdin Satria Firmansya, “Pelatihan Konten Digital Marketing untuk Tingkatkan Customer Engagement UMKM Kopi Goenoeng Berjaya,” Maj. Ilm. UPI YPTK, vol. 30, no. 2, pp. 44–51, 2023, doi: 10.35134/jmi.v30i2.154.
[12] T. R. Amalia, “Analisis Perbedaan Tingkat Online Engagement Antara Tipe dan Waktu Post,” eJournal Adm. Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 12–19, 2022.
[13] M. Manic, “Short-Form Video Content and Consumer Engagement in Digital Landscapes,” Bull. Transilv. Univ. Brasov. Ser. V Econ. Sci., vol. 17, no. 1, pp. 45–52, 2024, doi: 10.31926/but.es.2024.17.66.1.4.
[14] R. Rosita and Evalina Darlin, “Pengaruh Kualitas Konten Tik Tok Terhadap Customer Engagement Pada Customer Queensha,” J. Lentera Bisnis, vol. 13, no. 2, pp. 1061–1071, 2024, doi: 10.34127/jrlab.v13i2.1129.
[15] I. P. Wilujeng, I. Zutiasari, T. S. Dhewi, A. Ratna, and A. L. Gandono, “Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Pengrajin Batik Tulis di Lingkungan Cungking , Kabupaten Banyuwangi , Provinsi Jawa Timur,” vol. 4, no. 5, pp. 1203–1212, 2024.