Peningkatan Kualitas Pendidikan Digital: Pelatihan Pembuatan Video untuk Para Guru di SD Duta Bakti Menggunakan Filmora

Authors

  • Vincent Universitas atma jaya yogyakarta
  • Evan Austin Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Yohanes Priadi Wibisono Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Keywords:

teknologi, video, filmora, pendidikan digital

Abstract

Abstrak. Guru memiliki peran penting dalam pendidikan tetapi Guru di Indonesia belum didukung dengan anggaran yang memadai, Gaji yang tidak memadai, kurangnya regulasi dan pelatihan digital dalam menghadapi era yang modern ini. Perkembangan teknologi telah memungkinkan penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Salah satu teknologi yang sering digunakan dalam menyebarkan informasi adalah website. Website menjadi pilihan utama karena langsung terhubung dengan sistem pencarian di internet seperti Google, Duckduckgo, Microsoft Edge, dan berbagai macam sistem lainnya. Website dapat berisi berbagai jenis konten, salah satunya adalah video. Sebelum video dipublikasikan, ada proses yang harus dilalui. Proses ini melibatkan pembuatan, pengeditan, dan manipulasi video sehingga dapat diterbitkan dengan tujuan untuk menyampaikan nilai atau pesan tertentu kepada khalayak umum, salah satunya adalah menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat materi pendidikan kepada anak-anak di sekolah. Salah satu software yang tepat untuk memproses video adalah ‘Filmora’. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang berguna untuk mengedit, menambahkan efek, manipulasi, dan akhirnya menyebarkan video tersebut ke khalayak umum. Dengan bantuan teknologi seperti ‘Filmora’, penyebaran informasi melalui video menjadi lebih efisien dan efektif.

Kata kunci: Teknologi, Edit, Video, Filmora, Pendidikan digital, Guru.

References

Amalia Yunia Rahmawati, “PENGARUH MEDIA VIRTUAL LABORATORY IPA BERPENDEKATAN INKUIRI pada MATERI GLOBAL WARMING untuk MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA SMP KELAS VII,” Skripsi, no. July, pp. 1–23, 2020, [Online]. Available: https://eprints.uny.ac.id/48182/2/BAB I.pdf

M. Muriani, D. Rahmatika, and D. F. Yeni, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Magisma J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 1–4, 2023, doi: 10.35829/magisma.v11i2.318.

N. Afif, “Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital,” IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 01, pp. 117–129, 1970, doi: 10.37542/iq.v2i01.28.

A. Yudianto, “PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU DI MI MUHAMMADIYAH KAMULAN,” Semin. Nas. Pendidik. 2017, pp. 234–237, 2017, [Online]. Available:

https://eprints.ummi.ac.id/354/3/33. PENERAPAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.pdf

Budy Satria, L. Tambunan, T. Radillah, and Y. Ratna Sari, “Pelatihan Pembuatan Konten Video Kreatif Menggunakan Filmora 10 di STAI Hubbulwathan Duri,” J-PEMAS - J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 26–33, 2022, doi: 10.33372/j-pemas.v3i1.822.

D. Cahyadi and U. N. Makassar, “EDITING,” no. October, 2023, doi:

13140/RG.2.2.13255.06563.

Bobie Hartanto, “WHAT IS EDITING,” Binus Univ., [Online]. Available:

https://binus.ac.id/malang/2017/09/what-is-editing/#:~:text=Editing adalah proses pemilihan%2C pemotongan,melakukan editing disebut sebagai editor.

Bakri, “Mengenal Aplikasi Editing Foto dan Video : Kreativitas Tanpa Batas dalam Menciptakan Konten Visual,” 2023, [Online]. Available:

https://bakri.uma.ac.id/mengenal-aplikasi-editing-foto-dan-video-kreativitas-tanpa-batasdalam-menciptakan-konten-visual/#:~:text=Pengenalan tentang Aplikasi Editing Foto,dan video dengan berbagai cara.

N. wijayanti Rachmadani, “STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DIGITAL, PENTINGKAH?,” 2023, [Online]. Available: https://web.perpuskita.id/strategiimplementasi-pendidikan-digital-pentingkah/#:~:text=Pendidikan digital adalah proses pembelajaran,Mengembangkan literasi digital

admindesa, “Pendidikan digital: Masa depan pendidikan yang menjanjikan”, [Online]. Available: https://www.bhuanajaya.desa.id/pendidikan-digital-masa-depan-pendidikanyang-menjanjikan/#:~:text=Apa itu Pendidikan Digital?,berpartisipasi dalam aktivitas pembelajaran kolaboratif.

S. C. Wibawa, “Fotografi dan Videografi,” Reseachgate, no. November, p. 52, 2020, [Online]. Available:

https://www.researchgate.net/publication/346445663_Fotografi_dan_Videografi

B. Lombu and S. Haryanto, “Manajemen Media Digital Dalam Upaya Peningkatan Mutu

Pendidikan di Sekolah SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta Pendahuluan,” vol. 4, no.

, pp. 487–495, 2022, [Online].

Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/8999/4908

W. W. W. P. Net, P. Marga, J. K. Ciliwung, and G. C. No, “Integration of Digital and Non-digital Learning Media to Advance Life Skills of Elementary Education Students Post Pandemic Covid-19,” vol. 13, no. 1, pp. 211–222, 2022, doi: 10.47750/pegegog.13.01.23.

N. Janattaka, P. B. Inggris, P. Guru, and S. Dasar, “PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU DI MI,” vol. 6, pp. 175–183, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/download/7619/2846/20583

S. Ternate, R. Hasim, and M. Kamisi, “Jurnal Geocivic PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DAN BELAJAR DI RUMAH BAGI GURU-GURU MGMP PPKn,” vol. 4, no. 3, pp. 26–36, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/geocivic/article/download/3956/2526

S. Fitriani, N. Kurniawan, U. Sayyid, and A. R. Tulungagung, “Fun Learning Metode Pembelajaran Baru Yang Menyenangkan Dalam Dunia Pendidikan,” Fun Learn. Metod., vol. 2, no. 1, pp. 2963–4709, 2023.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles