Pembuatan Video Edukasi Mengenai Cyberbullying pada SMK Negeri 1 Bojong

Authors

  • Hanna Tashya Portuna Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Felix sebastian Lie Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Frengky Lois Wongan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Elisabeth Marsella Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Keywords:

cyberbullying, SMK, video pembelajaran

Abstract

Cyberbullying telah menjadi masalah sosial yang semakin meningkat di era digital saat ini, termasuk di kalangan pelajar di SMK Negeri 1 Bojong. Tujuan dari proposal ini adalah untuk mengembangkan sebuah video edukasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa mengenai dampak negatif cyberbullying serta cara pencegahannya. Metodologi yang digunakan meliputi survei awal untuk menilai pengetahuan siswa, riset berdasarkan literatur, dan konsultasi dengan tenaga pendidik. Video ini akan dirancang dengan pendekatan menarik dan informatif sesuai dengan konteks siswa SMK. Diharapkan bahwa video edukasi ini akan memberikan informasi yang jelas dan strategi yang berguna dalam mengatasi cyberbullying, serta memotivasi siswa untuk bertindak lebih proaktif dalam mencegahnya di lingkungan sekolah dan masyarakat.

References

Unicef, “Cyberbullying: Apa itu dan bagaimana menghentikannya,” Unicef, 2020. https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/apa-itu-cyberbullying (accessed Jun. 08, 2024).

B.G. Permana, "Cyberbullying dan Dampaknya yang Mesti Diwaspadai", Hellosehat, 2023. https://hellosehat.com/mental/bahaya-cyber-bullying/ (accessed Jun. 08, 2024).

E. Chris Natalia, “Remaja, Media Sosial dan Cyberbullying,” J. Ilm. Komun., vol. 5, 2016.

F. Fahlevi, "Remaja Alami Perundungan Secara Siber", Tribunnews, 2023. https://www.tribunnews.com/nasional/2023/02/01/1895-remaja-alami-perundungan-secara-siber-pelakunya-1182-siswa

F. T. Yulieta, H. N. A. Syafira, M. H. Alkautsar, S. Maharani, and V. Audrey, “Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental,” Cive J. Penelit. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 8, pp. 257–263, 2021, doi: 10.56393/decive.v1i8.298.

T. Noboru et al., “School-based education to prevent bullying in high schools in Indonesia,” Pediatr. Int., vol. 63, no. 4, pp. 459–468, 2021, doi: 10.1111/ped.14475.

M. Kuswanti, “5 Tips Bijak Berkomentar, Gak Semua Isu Perlu Ditanggapi,” IDN TIMES, 2023. https://www.idntimes.com/life/inspiration/marliana-kuswanti/tips-bijak-berkomentar-c1c2 (accessed Jun. 08, 2024).

KEMENDIKBUD, “Wujudkan Kelas yang Menyenangkan Melalui Video Pembelajaran,” KEMENDIKBUD, 2021. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/wujudkan-kelas-yang-menyenangkan-melalui-video-pembelajaran (accessed Jun. 08, 2024).

R. S. Ridwan, I. Al-Aqsha, and G. Rahmadini, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran,” Inov. Kurikulum, vol. 18, no. 1, pp. 38–53, 2020, doi: 10.17509/jik.v18i1.37653.

F. A. Imani, A. Kusmawati, and H. M. T. Amin, “Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media,” Khidm. Sos. J. Soc. Work Soc. Serv., vol. 2, no. 1, pp. 74–83, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/10433

S. A. Azzahra, E. Soesanto, and Z. D. Febrianti, “Strategi pencegahan dan intervensi cyberbullying untuk meningkatkan kesehatan mental mahasiswa,” J. Pendidik. dan Kegur., vol. 1, no. 10, pp. 928–933, 2023.

Eduard Peter, “Sering Dilupakan, Ini 5 Etika Berkomentar di Media Sosial,” IDN TIMES, 2021. https://www.idntimes.com/life/inspiration/peter-eduard/etika-berkomentar-di-media-sosial-c1c2 (accessed Jun. 08, 2024).

S. D. Alika, A. P. Dewi, I. R. Anggara, R. H. Shabrany, and S. Y. Madhasatya, “Urgensi Penggunaan Tata Bahasa yang Baik dalam Berkomentar di Aplikasi Media Sosial Tiktok Terhadap Kesehatan Mental dan Pembentukan Karakter pada Siswa SMP dan SMA,” J. Paedagogy, vol. 9, no. 3, p. 400, 2022, doi: 10.33394/jp.v9i3.5312.

C. Febryani, “5 Cara Mengatasi CyberBullying,” Industrycoid, 2021. https://www.industry.co.id/read/97494/5-cara-mengatasi-cyberbullying (accessed Jun. 08, 2024).

A. F. Karimah, J. Julia, P. D. Iswara, A. Ismail, D. Gusrayani, and I. Isrokatun, “Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Perundungan,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 9, no. 1, pp. 416–424, 2024, doi: 10.51169/ideguru.v9i1.841.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles