Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mie Jakarta Bowo dalam Pertumbuhan Minat Konsumen

Authors

  • Marcelino Felix Yussanto Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Christopher Stanley Yan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Misericordias Domini Harefa Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Alex Anograhno Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Emanuel Ristian Handoyo Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Keywords:

QRIS, Canva, Instagram, minat konsumen

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal kepada pemilik UMKM “Mie Jakarta Bowo” ditemukan bahwa pemilik UMKM masih belum memahami serta belum bisa meningkatkan sistem transaksi secara digital pada UMKM. Pada era kemajuan teknologi informasi ini muncul sebuah inovasi yang baru, yang menghadirkan sebuah mekanisme yang lebih efisien, dengan menciptakan inovasi baru yaitu uang elektronik. Quick Response Indonesian Standard atau disingkat QRIS bisa menjadi solusi pembayaran yang lebih inovatif, dengan kemajuan teknologi mungkin akan mengarahkan para konsumen untuk melakukan sebuah transaksi secara digital. Untuk memajukan sebuah usaha agar dapat bertahan dan berkembang, sehingga diperlukan suatu pengetahuan yang cukup dari pengelola usaha. Diperlukan upaya pelatihan dan pendampingan yang komprehensif dalam penggunaan teknologi Informasi, Fokus dari pelatihan dan pendampingan ini adalah untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan berbagai informasi teknologi seperti QRIS, Canva, atau informasi teknologi lainnya, seperti pembuatan akun media sosial instagram yang di mana dapat membantu mempromosikan usaha tersebut. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, diharapkan angkringan dapat memperoleh manfaat yang signifikan, antara lain memiliki daftar menu yang menarik, sistem pembayaran digital.

References

A. Basry and E. M. Sari, “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” IKRA-ITH Inform. J. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 3, pp. 53–60, 2018, [Online]. Available: http://journals.upiyai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266

T. A. Lubis and J. Junaidi, “Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi,” J. Perspekt. Pembiayaan dan Pembang. Drh., vol. 3, no. 3, pp. 163–174, 2016, doi: 10.22437/ppd.v3i3.3535.

V. Indiarma, “Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Usaha Mikro Kecil Menengah Pedesaan (Adopsi Inovasi dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada UMKM di Desa Sukasari, Seluma),” Tuturlogi, vol. 4, no. 3, p. 90, 2023, doi:

21776/ub.tuturlogi.2023.004.03.4.

C. S. de Almeida et al., “Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Bisnis UMKM,” Rev. Bras. Linguística Apl., vol. 5, no. 1, pp. 1689–1699, 2016, [Online]. Available:

https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com

/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.10

/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

K. A. Akhmad and S. Purnomo, “Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta,” Sebatik, vol. 25, no. 1, pp. 234–240, 2021, doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1293.

BPS Yogya, “Profil Industri Mikro dan Kecil Daerah Istimewa Yogyakarta 2022,” 2023, [Online]. Available:

https://yogyakarta.beta.bps.go.id/id/publication/2023/12/29/775fb319909382e16d8d24f2/profil-industri-mikro-dan-kecil-daerah-istimewa-yogyakarta-2022.html

E. Aswandy and T. Mariyanti, “Analisa Pengaruh Teknologi Informasi & Komunikasi

terhadap Kewirausahaan dan Kinerja UMKM,” J. STEI Ekon., vol. 31, no. 01, pp. 76–89, 2022, doi: 10.36406/jemi.v31i01.624.

J. E. Sihaloho, A. Ramadani, and S. Rahmayanti, “Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara (1)(2)(3),” Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 2, pp. 287–297, 2020, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

P. Ramadani Silalahi, K. Tambunan, and T. Ramadhany Batubara, “Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi,” ULIL ALBAB J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 2, pp. 122–128, 2022.

Zakaria Priyo Utomo et al., “Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Pada Kedai Joglo Bolo Seno,” GIAT Teknol. untuk Masy., vol. 2, no. 1, pp. 47–56, 2023, doi: 10.24002/giat.v2i1.7187.

G. Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie, and A. W. Hadiyatullah, “Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran,” J. Pengabdi. Masy. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 88–92, 2020, doi: 10.32528/jpmm.v1i2.3981.

Avandia Yovan Ari Krisma, F. A. Arnold Eron, I Made Wellya Supratistha Kardika, Rachel Graceya Emanuella, Yohanes Christiawan Atmaja, and Citra Yayu Palangan, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Pada Usaha Pecel Lele Pak Marno,” GIAT Teknol. untuk Masy., vol. 2, no. 1, pp. 57–68, 2023, doi: 10.24002/giat.v2i1.7198.

Iswanto et al., “Manfaat Manajemen Teknologi Informasi Di UMKM Benefits of Information Technology Management in SMEs,” vol. 5, pp. 1–6, 2023, [Online]. Available: https://www.semanticscholar.org/paper/b0d69ac3b43ad1297ba1b6d5d5522d0696de9246

A. Mustapa, R. Machmud, and D. L. Radji, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jiksau Food,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, p. 2022, 2022, [Online]. Available: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

H. Nurcahya and S. A. Majapahit, “Kajian Penerapan Teknologi Informasi Pada UMKM

Sebagai Upaya Memperluas Pasar Produk Lokal,” Konf. Nas. Sist. Inf., pp. 1365–1369, 2018

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles