Pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Seblak Ngajeletot Bojonegoro

Authors

  • Ardiyan Pamungkas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro
  • Rahma Catur Rahayuningsih STIE Cendekia Bojonegoro
  • Dina Mariana STIE Cendekia Bojonegoro
  • Siti Nurfaiza Az-Zahra STIE Cendekia Bojonegoro
  • Amanda Badi’atul Musyfiroh STIE Cendekia Bojonegoro
  • Ainuzzuhro Ainuzzuhro STIE Cendekia Bojonegoro

Keywords:

Seblak; Service; Service Quality; Product Quality; Purchasing Decisions, Seblak; Pelayanan; Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap keputusan pembelian produk (studi kasus pada konsumen seblak Ngajeletot Bojonegoro). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif, yaitu: mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 orang responden. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat kolerasi yang kuat antara pelayanan dan kualitas produk. Secara parsial terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Dan terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen.

Kata kunci: Seblak; Pelayanan; Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

 

Abstract. This research aims to test and analyze the influence of quality and price on product purchases (case study of Seblak Ngajeletot Bojonegoro consumers). This research was carried out using descriptive verification methods, namely: collecting, presenting, analyzing and testing hypotheses, as well as making conclusions and suggestions. The sample in this study consisted of 33 respondents. The results of this research are that there is a strong relationship between service and product quality. Partially there is an influence of service quality on purchasing decisions. And there is an influence of product quality on purchasing decisions. Meanwhile, simultaneously there is an influence of service and product quality on consumer purchasing decisions.

Keywords: Seblak; Service; Service Quality; Product Quality; Purchasing Decisions

References

P. S. Fujiyanti A et al., “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk dan Pelayanan Seblak Rorongkong Teh Memey Kota Bogor,” Jurnal Sains Indonesia, vol. 4, pp. 163–175, Jun. 2023.

H. Jumaedi, “Hubungan Karakteristik Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus pada Pengusaha Kecil di Pekalongan),” Manajerial, vol. 11, pp. 13–19, Jul. 2012.

N. Islamia and H. Purnomo, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Seblak Duar Bangkalan,” Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, vol. 2, pp. 333–341, Sep. 2022.

D. Hendayani, N. Indriasari, and A. Rahman, “Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Seblak Mama Tuti Kota Bengkulu,” Journal of Indonesian Management, vol. 3, pp. 809–816, Dec. 2023.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles