Analisis Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Sumber Informasi Pembelajaran Bagi Mahasiswa

Authors

  • Annastasya Sekar Ayu Lestari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Ian Mikhael Pratama Barus
  • Generosa Lukhayu Pritalia

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kepuasan mahasiswa terkait penggunaan aplikasi TikTok sebagai sumber informasi pembelajaran. Dengan menggunakan metode campuran yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, data dikumpulkan dari 31 mahasiswa Program Studi Sistem Informasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta melalui survei online dan analisis data dilakukan secara tematik untuk data kualitatif serta dengan teknik statistik deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan TikTok lebih sebagai sarana hiburan daripada sebagai sumber pembelajaran utama, meskipun ada sebagian kecil yang masih percaya pada efektivitasnya sebagai alat pembelajaran. Temuan ini menyoroti perbedaan antara persepsi dan penggunaan aktual TikTok oleh mahasiswa, menunjukkan perlunya penyesuaian dalam pendekatan penggunaannya dalam konteks pendidikan untuk memaksimalkan potensinya sebagai alat pembelajaran yang efektif.

Kata kunci: TikTok; mahasiswa; kepuasan; sumber informasi; pembelajaran.

Abstract:This study aims to investigate the satisfaction of students regarding the use of the TikTok application as a source of learning information. Using a mixed-method approach that combines quantitative and qualitative methods, data were collected from 31 students of the Information Systems Study Program at Atma Jaya Yogyakarta University through online surveys. Thematic analysis was employed for qualitative data, while descriptive statistical techniques were used for quantitative data. The findings indicate that the majority of students use TikTok more as an entertainment tool rather than a primary source of learning, although there is a small percentage that still believes in its effectiveness as a learning tool. These findings highlight the disparity between students' perceptions and actual use of TikTok, underscoring the need for adaptation in its educational context to maximize its potential as an effective learning tool.

Keywords: TikTok; students; satisfaction; information source; learning.

References

A. Rafiq, “DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU MASYARAKAT,” Global Komunika, vol. 1, pp. 18–29, 2020.

A. Aldila Safitri, A. Rahmadhany, and I. Irwansyah, “Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 1–9, Jan. 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i1.180.

D. A. Sulistia and I. Y. Simamora, “PERILAKU KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN MAHASISWA KPI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA STAMBUK 2019,” Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi, vol. 4, no. 3, pp. 1189–1200, Sep. 2023, doi: 10.35870/jimik.v4i3.365.

L. Azizah, J. Gunawan, and P. Sinansari, “Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia,” JURNAL TEKNIK ITS , vol. 10, no. 2, pp. A438–A443, 2021.

Y. N. Bulele and T. Wibowo, “ANALISIS FENOMENA SOSIAL MEDIA DAN KAUM MILENIAL: STUDI KASUS TIKTOK,” vol. 1, pp. 565–572, 2020, [Online]. Available: http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

A. K. Rahardaya and I. Irwansyah, “Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 308–319, Jul. 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i2.248.

M. Deninda Mahris and C. Umam, “PENGARUH KONTEN KREATOR @VMULIANA TERHADAP KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING FOLLOWERS DI TIKTOK,” BroadComm, vol. 5, no. 1, pp. 39–47, 2023.

“Pengguna TikTok Indonesia Gempar, Potensi Cuan Menggelegar! - Ginee.” Accessed: Mar. 18, 2024. [Online]. Available: https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/

A. Pebrianti1, “Tren Penggunaan TikTok Pada Kalangan Remaja Mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2021 FISIP UPR,” 2021. [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/14020037/

Y. Fitriani, “Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN KONTEN EDUKASI ATAU PEMBELAJARAN DIGITAL,” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, vol. 5, no. 4, pp. 1006–1013, 2021, doi: 10.52362/jisamar.v5i4.609.

A. zhazarettaz and L. Djuhardi, “Fenomenologi Konten Kreator Dalam Mengedukasi Masyarakat Melalui Media Sosial Tiktok,” IKRAITH-HUMANIORA, vol. 7, no. 3, pp. 23–30, 2023, doi: 10.37817/ikraith-humaniora.v7i3.

W. S. Risnawati, I. Purbasari, and L. Kironoratri, “Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus,” JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) , vol. 5, no. 8, pp. 3029–3035, 2022, [Online]. Available: http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

A. N. Vidyana and N. Atnan, “Pengaruh Konten Edukasi Tiktok Terhadap Pengetahuan Mahasiswa: Sebuah Kajian Sosiologi Pendidikan,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7131–7144, Jun. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3453.

A. Pujiono, “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z,” Didache: Journal of Christian Education, vol. 2, no. 1, p. 1, Jun. 2021, doi: 10.46445/djce.v2i1.396.

J. Manurung, E. Anom, and Iswadi, “Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Musik Di Dotodo Music Edutainment,” Technomedia Journal, vol. 8, no. 2, pp. 248–260, Aug. 2023, doi: 10.33050/tmj.v8i2.2086.

R. Setiawati and G. L. Pritalia, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Sektor Pariwisata,” KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 278–285, 2023.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles