https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/issue/feed Prosiding Seminar Nasional KONSTELASI 2024-06-20T09:13:42+07:00 Emanuel Ristian Handoyo emanuel.handoyo@uajy.ac.id Open Journal Systems <p>Prosiding Seminar Nasional Konstelasi dipublikasi oleh Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Konstelasi terbit 1kali pertahun setiap bulan Juni. Prosiding Seminar Nasional Konstelasi mengajak para peneliti dan akademika untuk mempublikasikan karya di Prosiding ini.</p> https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8967 Analisis User Experience pada Game Valorant dengan menggunakan Metode Game Design Factors Questionnaire 2024-04-21T11:31:44+07:00 Wahyu Kelvin Sihite 221711953@students.uajy.ac.id Alexander Ryan Santoso 221711964@students.uajy.ac.id Elvin Maresandrio Setiady 221712009@students.uajy.ac.id Timotius Dana Sutanto 221711940@students.uajy.ac.id Pradipto Aryo Wicaksono 221711917@students.uajy.ac.id Putri Nastiti putri.nastiti@uajy.ac.id <p>Valorant adalah permainan First Person Shooting gratis yang dibuat oleh Riot Games dan dapat dimainkan oleh Masyarakat luas sejak Juni 2020 untuk perangkat PC (Personal Computer) baik sistem operasi Windows maupun sistem operasi MacOS. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif untuk mengukur dan menganalisis User Experience para pemain gim Valorant dengan pendekatan metode Game Design Factors Questionnaire (GDFQ). Peneliti tidak mengetahui total populasi pemain aktif di Indonesia, maka teknik pengambilan menggunakan Simple Random Sampling untuk menentukan sampel dan populasi, dan juga rumus Lemeshow dengan total responden yang didapat sebanyak 102 responden. Hasil dan pengolahan data terdapat 12 faktor pada permainan Valorant, dengan 7 Faktor yang mendapatkan rata-rata nilai diatas 3 atau kategori cukup baik seperti Freedom, Game Fantasy, Narrative, Game Value, Challenges, Mystery, dan Flow. Sehingga perlu adanya perbaikan lebih lanjut oleh developer, untuk gim Valorant dapat bertahan dipasaran.</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Wahyu Kelvin Sihite https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/9063 Analisis Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Sumber Informasi Pembelajaran Bagi Mahasiswa 2024-04-26T11:06:11+07:00 Annastasya Sekar Ayu Lestari annastasyasekarayu@gmail.com Ian Mikhael Pratama Barus ianbarus14@gmail.com Generosa Lukhayu Pritalia generosa.pritalia@uajy.ac.id <p><strong>Abstrak. </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kepuasan mahasiswa terkait penggunaan aplikasi TikTok sebagai sumber informasi pembelajaran. Dengan menggunakan metode campuran yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, data dikumpulkan dari 31 mahasiswa Program Studi Sistem Informasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta melalui survei online dan analisis data dilakukan secara tematik untuk data kualitatif serta dengan teknik statistik deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan TikTok lebih sebagai sarana hiburan daripada sebagai sumber pembelajaran utama, meskipun ada sebagian kecil yang masih percaya pada efektivitasnya sebagai alat pembelajaran. Temuan ini menyoroti perbedaan antara persepsi dan penggunaan aktual TikTok oleh mahasiswa, menunjukkan perlunya penyesuaian dalam pendekatan penggunaannya dalam konteks pendidikan untuk memaksimalkan potensinya sebagai alat pembelajaran yang efektif.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: TikTok; mahasiswa; kepuasan; sumber informasi; pembelajaran.</p> <p><strong><em>Abstract:</em></strong><em>This study aims to investigate the satisfaction of students regarding the use of the TikTok application as a source of learning information. Using a mixed-method approach that combines quantitative and qualitative methods, data were collected from 31 students of the Information Systems Study Program at Atma Jaya Yogyakarta University through online surveys. Thematic analysis was employed for qualitative data, while descriptive statistical techniques were used for quantitative data. The findings indicate that the majority of students use TikTok more as an entertainment tool rather than a primary source of learning, although there is a small percentage that still believes in its effectiveness as a learning tool. These findings highlight the disparity between students' perceptions and actual use of TikTok, underscoring the need for adaptation in its educational context to maximize its potential as an effective learning tool.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>TikTok; students; satisfaction; information source; learning.</em></p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Annastasya Sekar Ayu Lestari, Ian Mikhael Pratama Barus, Generosa Lukhayu Pritalia S.T. M.Eng. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/9002 “Sebagus Itu Sampe Mo Nangis”: Pengalaman Estetik Kant dalam Komentar Warganet di Media Sosial X 2024-04-21T23:17:44+07:00 Clara Victoria Padmasari clara@ikado.ac.id <p>Frase “sebagus itu” dan ekspresi “mo nangis” sering muncul di sosial media memberikan komentar mengenai film, musik, pakaian atau produk kecantikan yang sedang tren. Frase ini merupakan bentuk ekspresi umum bagi waganet hingga menyebabkan perdebatan mengenai apa yang dimaksud sebagai “sebagus itu” sehingga “mo nangis”. Pada artikel ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan estetika Kantian untuk menjawab pertanyaan tersebut. <em>Post </em>yang digunakan untuk menganalisis ekspresi tersebut menggunakan tiga cuitan dari media sosial X dari warganet umum yang memiliki pengikut di bawah dua ribu. Hasil analisis teks ini menunjukkan bahwa frase “sebagus itu” ingin menunjukkan pengalaman pribadi dari masing-masing akun tanpa berusaha mengajak warganet lain untuk melakukan ekspresi yang sama. Hal ini senada dengan teori Kant. <em>purposiveness without purpose’, </em>yang berarti bahwa ekspresi “sebagus itu” dilakukan tanpa tujuan spesifik dan spontan. Frase “sebagus itu” juga mengindikasikan adanya validitas universal dari sebuah penilaian estetika yang relevan dengan estetika pada umumnya. Hal ini juga menunjukkan adanya ‘<em>common sense’ </em>dalam penilaian estetik pada masyarakat.</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Clara Padmasari https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8984 Pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Seblak Ngajeletot Bojonegoro 2024-04-21T18:53:35+07:00 Ardiyan Pamungkas ardipamungkas589@gmail.com Rahma Catur Rahayuningsih rahmacatur004@gmail.com Dina Mariana mdina2734@gmail.com Siti Nurfaiza Az-Zahra nurfaizahzahra7@gmail.com Amanda Badi’atul Musyfiroh badiatulmusyfiroh29@gmail.com Ainuzzuhro Ainuzzuhro ainuzzuhro7@gmail.com <p><strong>Abstrak. </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap keputusan pembelian produk (studi kasus pada konsumen seblak Ngajeletot Bojonegoro). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif, yaitu: mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 orang responden. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat kolerasi yang kuat antara pelayanan dan kualitas produk. Secara parsial terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Dan terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Seblak; Pelayanan; Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstract. </em></strong><em>This research aims to test and analyze the influence of quality and price on product purchases (case study of Seblak Ngajeletot Bojonegoro consumers). This research was carried out using descriptive verification methods, namely: collecting, presenting, analyzing and testing hypotheses, as well as making conclusions and suggestions. The sample in this study consisted of 33 respondents. The results of this research are that there is a strong relationship between service and product quality. Partially there is an influence of service quality on purchasing decisions. And there is an influence of product quality on purchasing decisions. Meanwhile, simultaneously there is an influence of service and product quality on consumer purchasing decisions.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Seblak; Service; Service Quality; Product Quality; Purchasing Decisions</em></p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ardiyan Pamungkas, Rahma Catur Rahayuningsih, Dina Mariana, Siti Nurfaiza Az-Zahra, Amanda Badi’atul Musyfiroh, Ainuzzuhro Ainuzzuhro https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8933 Pengaruh Hedonisme, Marketing Influencer, dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Baju Lebaran pada Remaja Desa Drenges 2024-04-17T05:53:59+07:00 Chucuk Dwi Alfiyanto chucukid@gmail Achmad Khoirul Roziqin achmadkhoirulroziqin86@gmail.com Fatma Alifah fatmaalifah12@gmail.com Isnaini Anisnawati isnaini060901@gmail.com Sisilia Agustina sisiliaagustina15@gmail.com Nela Saadia Fadhilah nelasaadia2201@gmail.com AWM Amrulloh aam0852593@gmail.com <p><em>Hedonism is often defined as a person's lifestyle which can be influenced by internal and external factors, including experience, personality, social class, etc. Teenagers today try to follow various fashion trends. The widespread spread of Fashion Trends is driven by technological advances. Therefore, many in the fashion industry are successful in the marketing process through social media using influencer marketing. The aim of this research is to determine whether or not there is an influence between Hedonistic behavior, Fashion Trends and Marketing Influencers on the decision to purchase Eid clothes among teenagers in Drenges Village. The research method used is a quantitative method, and data collection techniques through closed questionnaires using a Likert scale. The results obtained from the validity test are that each statement has a positive calculated r &gt; r table 0.275. It can be concluded that these four variables are declared valid. The results of the reliability test are also said to be reliable, because each variable has a Cronbach's Alpha value &gt; 0.6. The results of the partial test state that variables X1 and X2 has a partial effect whileX3 does not have a Partial effect on the Y &nbsp;variable. And in the Simultaneous Test Results Fcount&gt; Ftable, meaning that there is a simultaneous influence between variables X1, X2, X3 on variable Y</em></p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Chucuk Dwi Alfiyanto, Achmad Khoirul Roziqin, Fatma Alifah, Isnaini Anisnawati, Sisilia Agustina, Nela Saadia Fadhilah, AWM Amrulloh https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8949 Pengembangan Pembelajaran Boarding School Berbasis Teknologi Modern 2024-04-19T13:56:39+07:00 Nakhma’Ussolikhah nakhmaali071115@gmail.com Lina Marliani linamarliani@bungabangsacirebon.ac.id Hara Permana harapermana25@gmail.com Ficky Adi Kurniawan ficky@pujionocentre.org <p>Sekolah informal di Indonesia berbasis islam di kenal dengan pesantren. Pada abad 21 perkembangan dunia pesantren cukup memicu konflik publik. Sebagian besar pesantren memilih untuk meminimalisir peran dan hadirnya teknologi sebagai pembaharu system Pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman perkembangan pesantren di abad modern. Metodologi desain penelitian konseptual kualitatif dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik Pengumpulan data dengan Teknik observasi, wawancara. Tempat penelitian di pesantren Bina Insan Mulia 2 VIP Cirebon, subjek penelitian terdiri dari 1 Ustadz dan 1 ustadzah atau pengajar. Subjek sekunder terdiri dari 1 santri dan 1 wali santri.&nbsp; Analisis data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kegiatan pesantren di Bina Insan Mulia 2 VIP memiliki fasilitas modern dan berbasis teknologi. Nampak jelas perbedaan pesantren salaf dengan modern. Prinsip dari kegiatan belajar dan mengaji di Bina Insan lebih mengedepankan integrasi sains modern. Para santri di beri pembiasaan untuk mengakses teknologi secara bijak. Berdasarkan hasil reduksi wawancara dan pengamatan ditemukan bahwa santri lulusan pesantren Bina Insan mulia VIP dapat melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi skala Internasional seperti kuliah di Turki, Singapura, Malaysia, Jerman dan negara bagian Eropa lainnya. Profil santri di Indonesia dapat bersaing secara global dan mendunia dengan menerima kehadiran teknologi secara bijak dan terarah.</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Nakhma’Ussolikhah, Marliani, Permana , Adi Kurniawan, Ficky Adi Kurniawan https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8969 Pencegahan Resiko Penyebaran Phising dan Hoaks dengan Pembuatan Video Edukasi untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama 2024-04-21T13:04:57+07:00 Vincensius Dewanta Arya Pradipta 221711712@students.uajy.ac.id Valentinus Ferdian Filan Gunawan Eka Putra 221711713@students.uajy.ac.id Richardo Eagan Nugroho 221711716@students.uajy.ac.id Daniel Christianjap 221711731@students.uajy.ac.id David Djwa 221711820@students.uajy.ac.id Bekty Tandaningtyas Sundoro bekty.tandaningtyas@uajy.ac.id <p>Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas video edukasi sebagai alat pencegahan terhadap risiko penyebaran <em>phising</em> dan hoaks di kalangan siswa SMP. Dengan menggunakan metode pengabdian kuantitatif, pengabdian ini mengumpulkan data dari respons siswa terhadap serangkaian video edukasi yang dibuat dan disebarkan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa video edukasi dapat menjadi sarana yang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang bahaya <em>phising</em> dan hoaks. Analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa untuk mengidentifikasi konten berbahaya dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Artikel ini menyimpulkan bahwa penggunaan media visual seperti video edukasi dapat memainkan peran penting dalam strategi pencegahan di era informasi ini, dan merekomendasikan pengembangan lebih lanjut dari materi edukatif serupa untuk memperkuat keamanan digital siswa.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> pencegahan ; resiko ; <em>phising</em> ; hoaks</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 David Djwa https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8963 Peningkatan Kualitas Pendidikan Digital: Pelatihan Pembuatan Video untuk Para Guru di SD Duta Bakti Menggunakan Filmora 2024-04-20T23:17:39+07:00 Vincent 221711711@students.uajy.ac.id Evan Austin 221712040@students.uajy.ac.id Yohanes Priadi Wibisono priadi.wibisono@uajy.ac.id <p><strong>Abstrak</strong>. Guru memiliki peran penting dalam pendidikan tetapi Guru di Indonesia belum didukung dengan anggaran yang memadai, Gaji yang tidak memadai, kurangnya regulasi dan pelatihan digital dalam menghadapi era yang modern ini<strong>. </strong>Perkembangan teknologi telah memungkinkan penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Salah satu teknologi yang sering digunakan dalam menyebarkan informasi adalah website. Website menjadi pilihan utama karena langsung terhubung dengan sistem pencarian di internet seperti Google, Duckduckgo, Microsoft Edge, dan berbagai macam sistem lainnya. Website dapat berisi berbagai jenis konten, salah satunya adalah video. Sebelum video dipublikasikan, ada proses yang harus dilalui. Proses ini melibatkan pembuatan, pengeditan, dan manipulasi video sehingga dapat diterbitkan dengan tujuan untuk menyampaikan nilai atau pesan tertentu kepada khalayak umum, salah satunya adalah menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat materi pendidikan kepada anak-anak di sekolah. Salah satu software yang tepat untuk memproses video adalah ‘<em>Filmora</em>’. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang berguna untuk mengedit, menambahkan efek, manipulasi, dan akhirnya menyebarkan video tersebut ke khalayak umum. Dengan bantuan teknologi seperti ‘<em>Filmora</em>’, penyebaran informasi melalui video menjadi lebih efisien dan efektif.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Teknologi, Edit, Video, <em>Filmora</em>, Pendidikan digital, Guru.</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Vincent, Evan Austin, Yohanes Priadi Wibisono https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8973 Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mie Jakarta Bowo dalam Pertumbuhan Minat Konsumen 2024-04-21T14:55:21+07:00 Marcelino Felix Yussanto 221711821@students.uajy.ac.id Christopher Stanley Yan 221711845@students.uajy.ac.id Misericordias Domini Harefa 221711847@students.uajy.ac.id Alex Anograhno 221711733@students.uajy.ac.id Emanuel Ristian Handoyo emanuel.handoyo@uajy.ac.id <p>Berdasarkan hasil observasi awal kepada pemilik UMKM “Mie Jakarta Bowo” ditemukan bahwa pemilik UMKM masih belum memahami serta belum bisa meningkatkan sistem transaksi secara digital pada UMKM. Pada era kemajuan teknologi informasi ini muncul sebuah inovasi yang baru, yang menghadirkan sebuah mekanisme yang lebih efisien, dengan menciptakan inovasi baru yaitu uang elektronik. Quick Response Indonesian Standard atau disingkat QRIS bisa menjadi solusi pembayaran yang lebih inovatif, dengan kemajuan teknologi mungkin akan mengarahkan para konsumen untuk melakukan sebuah transaksi secara digital. Untuk memajukan sebuah usaha agar dapat bertahan dan berkembang, sehingga diperlukan suatu pengetahuan yang cukup dari pengelola usaha. Diperlukan upaya pelatihan dan pendampingan yang komprehensif dalam penggunaan teknologi Informasi, Fokus dari pelatihan dan pendampingan ini adalah untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan berbagai informasi teknologi seperti QRIS, Canva, atau informasi teknologi lainnya, seperti pembuatan akun media sosial instagram yang di mana dapat membantu mempromosikan usaha tersebut. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, diharapkan angkringan dapat memperoleh manfaat yang signifikan, antara lain memiliki daftar menu yang menarik, sistem pembayaran digital.</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Marcelino Felix Yussanto, Christopher Stanley Yan, Misericordias Domini Harefa, Alex Anograhno, Emanuel Ristian Handoyo https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8962 Pelatihan Microsoft Excel untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Kelas 7 di SMP Karitas Ngaglik 2024-04-20T21:17:56+07:00 Yolanda Sihombing 221712004@students.uajy.ac.id Legio Novelni Pramita Sidabutar 221711918@students.uajy.ac.id Davin Restu Reyhan Dianto 221712134@students.uajy.ac.id Joy Eunike Lumbantobing 221712146@students.uajy.ac.id Sisila Erlayasna Freshilia Sembiring 221712153@students.uajy.ac.id Dr. Fl. Sapty Rahayu, S.T., M.Kom. sapty@mail.uajy.ac.id <p>Microsoft Excel merupakan perangkat lunak pengolah data yang bersifat numerik. Adanya pelatihan dasar Microsoft Excel ini bertujuan untuk mengeksplorasi Microsoft Excel sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas 7 di SMP Karitas Ngaglik. Metode pelatihan yang digunakan adalah gabungan antara penyampaian materi, pendampingan praktik secara langsung,&nbsp; diskusi dan tanya jawab serta evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa sudah sejauh mana. Siswa yang mengikuti pelatihan menunjukkan peningkatan dalam pemahaman konsep dasar Microsoft Excel, kemampuan menggunakan fungsi-fungsi dasar, kemampuan dalam membuat dan mengelola spreadsheet sederhana dan juga kemampuan dalam membuat tabel dan grafik. Survei kepuasan siswa juga menunjukkan respons yang positif terhadap pelatihan, dengan sebagian besar siswa menyatakan keinginan untuk lebih eksplorasi dalam penggunaan Microsoft Excel. Pelatihan ini menunjukkan bahwa Microsoft Excel efektif sebagai wujud keterampilan belajar bagi siswa kelas 7 di SMP Karitas Ngaglik. Implikasi dari pelatihan ini adalah pentingnya integrasi teknologi informasi seperti Microsoft Excel dalam kurikulum pendidikan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan dunia yang semakin digital. Pelatihan Microsoft Excel dapat mengeksplorasi strategi pembelajaran yang lebih spesifik dan efektif untuk mengoptimalkan pemanfaatan Microsoft Excel dalam konteks pendidikan.</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Yolanda Sihombing, Legio Novelni Pramita Sidabutar, Davin Restu Reyhan Dianto, Joy Eunike Lumbantobing, Sisila Erlayasna Freshilia Sembiring, Dr. Fl. Sapty Rahayu, S.T., M.Kom. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8968 Pelatihan Canva Dasar sebagai Materi Pembelajaran untuk Murid Kelas 4 Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan 2024-04-21T12:09:19+07:00 Andes Agnestio 221711728@students.uajy.ac.id Liberata Nusti Chandra 221711726@students.uajy.ac.id Michael Sebhu Sedu Nusanumba 221711602@students.uajy.ac.id Patrick Everest Bhuwana Putra Somba 221711723@students.uajy.ac.id Citra Yayu' Palangan citra.yayu@uajy.ac.id <p><strong>Abstrak.</strong> Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran menjadi suatu kebutuhan. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan adalah Canva, yaitu aplikasi desain grafis yang memudahkan pembuatan gambar dan visual yang menarik untuk digunakan dalam pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi, khususnya aplikasi Canva, kepada siswa kelas 4 SD Kanisius Notoyudan. Melalui serangkaian sesi yang meliputi penjelasan materi, praktik, kuis, dan tanya jawab, peserta didik dibekali pemahaman tentang fitur-fitur dasar Canva serta konsep dasar desain grafis. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa mengikuti kegiatan dengan antusias yang tinggi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan bagi siswa dalam memanfaatkan Canva untuk membuat desain visual yang menarik dan mendukung proses pembelajaran. Kedepannya, kegiatan serupa dapat dikembangkan dengan materi lainnya agar siswa memiliki penguasaan yang lebih baik dalam menggunakan aplikasi Canva.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Canva; desain grafis; teknologi pendidikan; keterampilan siswa</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Andes Agnestio, Liberata Nusti Chandra, Michael Sebhu Sedu Nusanumba, Patrick Everest Bhuwana Putra Somba, Citra Yayu' Palangan https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/9024 Pelatihan Canva Untuk Desain Jadwal Pelajaran 5 pada Siswa Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan 2024-04-22T22:07:50+07:00 Robertus Bellarmino Jalung Dalip 221712147@students.uajy.ac.id Ambrosius Christna Rahadyan 221711740@students.uajy.ac.id Davin Anggrino 221711857@students.uajy.ac.id Raphael Samudra Dewa Raya 221712093@students.uajy.ac.id Alexander Christian A 221711850@students.uajy.ac.id Citra Yayu' Palangan, S.T., M.Sc citra.yayu@uajy.ac.id Desi Maryani, S.T., M.Eng desi.maryani@uajy.ac.id <p>Canva is an online-based graphic design application used to create social media graphics, presentations, posters, documents and other visual content. Its use helps train students to design various types of graphics effectively. Training activity was conducted at SD Kanisius Notoyudan to introduce 5th grade students to Canva, as they were not yet familiar with its features. Therefore, efforts to increase understanding to students are carried out by making class schedule designs using Canva media. The purpose of this service is to organize the training, by presenting material about Canva features through learning modules and direct teaching. The methods included a preliminary survey at SD Kanisius Notoyudan, preparation with learning modules and resources, training implementation, and evaluation for improvement. As a result, it is expected that 5th grade students of SD Kanisius Notoyudan can understand Canva features in doing school assignments and personal use.</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Robertus Bellarmino Jalung Dalip, Ambrosius Christna Rahadyan, Davin Anggrino, Raphael Samudra Dewa Raya, Alexander Christian A, Citra Yayu' Palangan, S.T., M.Sc, Desi Maryani, S.T., M.Eng https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/8966 Pembuatan Video Edukasi Mengenai Cyberbullying pada SMK Negeri 1 Bojong 2024-04-21T14:17:01+07:00 Hanna Tashya Portuna 221712143@students.uajy.ac.id Felix sebastian Lie 221712098@students.uajy.ac.id Frengky Lois Wongan 221712051@students.uajy.ac.id Elisabeth Marsella elisabeth.marsella@uajy.ac.id <p><em>Cyberbullying</em> telah menjadi masalah sosial yang semakin meningkat di era digital saat ini, termasuk di kalangan pelajar di SMK Negeri 1 Bojong. Tujuan dari proposal ini adalah untuk mengembangkan sebuah video edukasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa mengenai dampak negatif <em>cyberbullyin</em>g serta cara pencegahannya. Metodologi yang digunakan meliputi survei awal untuk menilai pengetahuan siswa, riset berdasarkan literatur, dan konsultasi dengan tenaga pendidik. Video ini akan dirancang dengan pendekatan menarik dan informatif sesuai dengan konteks siswa SMK. Diharapkan bahwa video edukasi ini akan memberikan informasi yang jelas dan strategi yang berguna dalam mengatasi cyberbullying, serta memotivasi siswa untuk bertindak lebih proaktif dalam mencegahnya di lingkungan sekolah dan masyarakat.</p> 2024-06-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Hanna Tashya Portuna, Felix sebastian Lie, Frengky Lois Wongan, Elisabeth Marsella