Pengembangan alat peraga dan modul Internet of Things dengan pendekatan define-measure-analyze-design-verify untuk mendukung aktivitas pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.24002/jtimr.v3i1.10067Kata Kunci:
internet of things, alat peraga pembelajaran, otomasi industri, PLC, SCADAAbstrak
Era Industri 4.0 menuntut mahasiswa memiliki kompetensi yang relevan dengan teknologi digitalisasi, termasuk Internet of Things (IoT), sebagai pilar utama dalam mendukung otomatisasi industri. Untuk membekali mahasiswa menghadapi tantangan ini, program pendidikan teknik industri menawarkan mata kuliah Otomasi Industri yang salah satu materinya adalah IoT. Namun, keterbatasan alat peraga dan modul yang sesuai menghambat optimalisasi pembelajaran IoT. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga dan modul praktikum IoT menggunakan pendekatan DMADV (define, measure, analyze, design, verify). DMADV berfokus pada kebutuhan pelanggan yang didapatkan melalui wawancara dan survei Kano, kemudian digunakan sebagai dasar untuk merancang desain dengan peta morfologi. Metode tersebut dinilai efektif untuk mengembangkan modul dan alat peraga yang memenuhi kebutuhan penggunanya. Modul dan alat peraga yang dihasilkan adalah Smart Warehouse, sebuah miniatur gudang yang dapat melakukan aktivitas warehousing sederhana secara otomatis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa dalam teknologi IoT, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan Industri 4.0, sekaligus memberikan landasan metodologis untuk pengembangan alat peraga pendidikan yang lebih terstruktur dan terukur.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Gregorios Ferrari Pramudika, Brilianta Budi Nugraha

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.